Home Penyakit dan KelainanCantengan 12 Cara Menyembuhkan Cantengan secara Alami

12 Cara Menyembuhkan Cantengan secara Alami

by Erlita

Cantengan atau kuku bernanah merupakan sebuah sebuah kondisi infeksi kulit yang pada umumnya bakal dialami di bagian kuku jari kaki atau kuku jari tangan. Kebiasaan menggigiti kuku atau juga gigitan serangga dapat menjadi penyebab cantengan pada kuku. Dengan menggigit kuku, kulit kuku yang terluka dapat kemudian terinfeksi oleh bakteri atau jamur.

Pada kuku yang cantengan, penderita akan mengalami yang namanya rasa nyeri hingga bengkak, bahkan permukaan kuku pun terancam memerah. Gejala pun dapat berlanjut dengan keluarnya nanah ditambah pula badan yang bisa menghangat. Jangan anggap enteng dan segera cari cara menyembuhkan cantengan atau rasa nyeri bakal mengganggu tidur malam Anda.

(Baca juga: cara mengobati jamur kuku)

1. Memakai Air Lemon

Air jeruk lemon yang mungkin biasanya Anda pakai untuk memutihkan kulit karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi ternyata bisa juga mengatasi masalah cantengan pada kuku. Selain vitamin C, ingat juga bahwa buah lemon sendiri mengandung antioksidan super tinggi berikut sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang bisa berguna untuk beberapa masalah kulit.

Untuk yang sudah merasakan nyeri cukup lama, ditambah pula dengan munculnya pembengkakan pada area jari akibat timbulnya nanah, segera atasi dengan air lemon ini. Oleskan ke bagian yang terinfeksi karena dengan cara inilah nanah dapat keluar dengan mudah. Anda hanya cukup menekannya sedikit untuk bisa membuat nanah keluar.

2. Menggunakan Air Hangat dan Garam

Untuk cara yang lebih sederhana, cobalah mengombinasikan air hangat yang sudah disiapkan pada baskom, lalu tambahkan dengan garam sedikit. Garam inilah yang akan membantu mengusir bakteri yang memicu cantengan. Kuku yang terinfeksi sebaiknya direndam 10-15 menit lamanya dan lakukan teratur hingga rasa nyeri hilang dan pembengkakan mengempis.

(Baca juga: kuku sering patah)

3. Minyak Pohon Teh

Jenis minyak ini sangat baik untuk pengobatan masalah kulit karena diketahui mengandung sifat antioksidan aktif berikut juga desinfektan yang bakal membasmi bakteri. Risiko semakin seriusnya cantengan selalu ada dan ini bisa jadi disebabkan oleh mikroorganisme seperti halnya kuman, jadi Anda membutuhkan minyak pohon teh ini.

Sebagai salah satu cara mengobati kuku cantengan, minyak pohon teh dapat digunakan dengan mengaplikasikan langsung ke area kuku yang bermasalah tersebut. Anda bisa menggunakan kapas untuk mengoleskannya. Atau, teteskan lebih dulu ke sebuah kain kasa yang kemudian dibalutkan ke kuku yang terinfeksi tersebut. Penggunaan rutin akan membantu penyembuhan jauh lebih cepat.

4. Memanfaatkan Minyak Kelapa dan Jahe

Jahe yang sudah dihaluskan dapat Anda campur bersama dengan minyak kelapa secukupnya dan ramuan pun jadi. Tak perlu takut atau khawatir akan efek samping jahe karena selama penggunaannya tepat maka tak akan membahayakan kesehatan tubuh maupun kulit Anda.

Ramuan yang sudah jadi dapat langsung Anda oles ke kuku yang mengalami cantengan beberapa kali saja. Jika dipakai secara teratur, Anda bakal merasakan efektivitasnya yang tinggi di mana rasa nyeri akibat cantengan pun menjadi jauh lebih reda. Bengkak pun menjadi berkurang, bahkan nanah juga lebih gampang dikeluarkan sehingga cantengan menjadi cepat sembuh.

(Baca juga: cara menjaga kesehatan kuku)

5. Memakai Cuka Sari Apel

Ada banyak sekali kegunaan dari cuka sari apel, dan rupanya tak terkecuali sebagai penyembuh cantengan pada kuku. Selain baik untuk penderita darah tinggi maupun kondisi kesehatan kronis lainnya, cuka sari apel juga bisa digunakan sebagai obat luar. Jadikan cuka sari apel sebagai obat oles di bagian kuku yang terinfeksi.

Gunakanlah kapas untuk mengoleskan cuka apel secara merata dan beberapa kali. Tunggulah sampai khasiatnya meresap ke dalam kulit. Lakukan metode penyembuhan ini secara rutin setiap hari supaya Anda bisa melihat perubahannya. Bahan ini sangat alami dalam mencegah penyebaran infeksi serta mampu secara efektif mengurangi rasa sakitnya.

6. Mengombinasikan Bawang Merah dan Minyak Kelapa

Sama dengan jahe, efek samping bawang merah mungkin cukup mengkhawatirkan beberapa orang yang hendak memakainya untuk alasan kesehatan. Namun sebenarnya bawang merah sangat ampuh dan baik jika digunakan dengan takaran yang benar. Untuk cantengan, silakan lumatkan bawang merah secukupnya lalu tuang minyak kelapa sedikit sebagai campurannya.

Setelah ramuan buatan Anda jadi, oleskan ke kuku yang mengalami cantengan karena ramuan herbal ini akan secara ampuh menyembuhkannya. Bahkan untuk balita pun, bahan ini sangat aman untuk mengurangi atau menghentikan rasa nyeri yang mengganggu. Anda tak usah khawatir akan susah tidur lagi gara-gara nyeri cantengan kalau sudah memakai obat ini.

(Baca juga: obat kuku berjamur)

7. Menggunakan Air Kunyit dan Daun Gandarusa

Siapkanlah daun gandarusa secukupnya yang kemudian bisa direbus setelah Anda cuci; air rebusan tersebut bisa Anda diamkan dulu hingga dingin. Saringlah airnyalebih dulu sebelum memasukkan air kunyit yang ukurannya 1:1. Air campuran kunyit dan daun gandarusa ini bisa Anda tempatkan pada sebuah baskom.

Cara menggunakannya bukan untuk diminum, melainkan untuk obat luar di mana kuku yang cantengan (entah itu di bagian kaki atau tangan) direndam pada air rebusan tersebut. Asalkan penggunaan metode pengobatan ini dilakukan secara rutin sehari 2 kali, cantengan pasti akan cepat sembuh.

8. Memanfaatkan Kunyit dan Bawang Putih

Selain bawang merah, bawang putih juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat penyembuh cantengan yang mujarab. Untuk menggunakannya, awali dengan menghancurkan kunyit bersama dengan bawang putih lebih dulu dan pastikan sampai teksturnya halus. Sesudah halus, barulah Anda bisa aplikasikan ke area kuku yang terinfeksi.

Bahan-bahan ini cukup cocok dikombinasikan untuk menjadi pembasmi bakteri pemicu cantengan. Selain mencegah penyebaran infeksi, kedua bahan ini siap pula untuk meredakan peradangan pada kulit dan mengurangi bengkaknya. Karena tidak dikonsumsi, maka Anda bisa lebih tenang dan tak perlu khawatir akan efek samping bawang putih ataupun bahaya bawang putih mentah bagi kesehatan Anda.

(Baca juga: cara mengobati kaki cantengan)

9. Memakai Daun Tempuh Wiyah

Bagi Anda yang sudah tak asing dengan bahan ini, silakan untuk memperolehnya lalu meramunya dengan cara menghaluskan daunnya lebih dulu. Tumbuklah agar lebih mudah, lalu setelah itu tempelkan langsung ke kuku yang cantengan dan gunakan kain kasa untuk membalutnya supaya manfaat kandungan daun bisa terserap ke dalam kulit.

Karena di dalam daun tempuh wiyah ini sangat kaya akan sifat anti-inflamasinya, maka jelas bahwa bahan ini bakal menyembuhkan cantengan secara efektif. Untuk kuku yang mengalami cantengan, baik itu di tangan maupun kaki, gunakan daun ini karena tak akan ada efek samping yang perlu Anda khawatirkan.

10. Menggunakan Daun Pacar Kuku

Cantengan juga bisa diobati menggunakan daun pacar kuku di mana cara penggunaannya pun termasuk mudah. Bila Anda bisa dengan mudah memperolehnya, tak salah untuk menggunakannya dengan mencampurkan daun ini secukupnya bersama dengan sesendok teh air perasan jeruk nipis dan gula merah.

Setelah bahan-bahan yang dibutuhkan tersedia dan siap, Anda dapat menghaluskannya semuanya. Sesudha halus, kompreskan atau aplikasikan ke bagian kuku yang cantengan tersebut. Jangan lupa untuk menyediakan kain kasa juga karena Anda perlu membalut bagian yang diobati supaya khasiatnya bisa meresap. Biarkan saja demikian hingga sekitar 3 minggu sebelum Anda bisa mengganti dengan obat yang baru.

(Baca juga: kuku bergelombang)

11. Daun Dewa

Satu lagi bahan yang alami dan tradisional untuk kesembuhan cantengan Anda, yaitu dengan meramu daun dewa. Tumbuk sampai setengah halus daun dewa ini yang kemudian dapat dioles ke area kuku yang meradang. Untuk membuat khasiatnya terserap dengan sempurna, gunakan kain kasa sebagai perban. Tanpa adanya efek samping berbahaya, Anda bisa memercayai bahan ini untuk secara efektif menyembuhkan cantengan Anda.

12. Mengenakan Alas Kaki Terbuka

Demi menyembuhkan cantengan secara total, selain mencoba obat-obat alami di atas, Anda perlu juga memerhatikan alas kaki yang dikenakan sehari-hari. Pastikan bahwa alas kaki yang Anda pilih adalah yang terbuka, seperti sandal. Keadaan cantengan bisa lebih buruk ketika selama masa pengobatan Anda justru menutupinya dengan mengenakan sepatu.

(Baca juga: penyebab cantengan dan pengobatannya)

Itulah sederet cara menyembuhkan cantengan secara alami nan ampuh untuk Anda coba. Jadi, tak usah panik lagi kalau cantengan mulai menyerang karena Anda sudah memiliki solusinya.

You may also like