Home ReviewKesehatan 9 Cara Mengobati Kaki Cantengan dan Cara Mencegahnya

9 Cara Mengobati Kaki Cantengan dan Cara Mencegahnya

by Lia Yuliana

Cantengan, banyak sekali penyebab cantengan dan pengobatan cantengan. Termasuk pada penyebab cantengan pada kuku bagi orang yang sering bermain dilapangan tidak asing lagi dengan yang namanya cantengan. Cantengan merupakan penyakit yang berada didaerah kuku kaki. Cantengan ini biasanya terjadi karena adanya bakteri yang menempel pada kuku, sehingga kuku menjadi cantengan.

Kuku cantengan itu seperti di pinggir kuku (biasanya bagian jempol kaki) itu berwarna agak kuning dan seperti ada isinya (ini jika sudah matang) jika belum, bentuknya seperti ada benjolan di pinggir kuku jempol itu. Cantengan ini disebabkan oleh bakteri atau kuman yang terus-terusan menumpuk sehingga infeksi dan menjadi cantengan itu. Cara mengatasi cantengan pun tidak terllau sulit, cara mengatasi cantengan ada beberapa yang dapat dilakukan

  1. Merendam kaki dengan air hangat dan garam

Air garam mampu untuk membasmi bakteri yang ada pada kaki, garam memiliki fungsi menetralkan. Seperti halnya air garam juga dapat digunakan untuk mengobati segala macam penyakit dalam dengan cara merendam kaki.

Cara merendam kaki untuk pengobatan cantengan ini juga tidak sulit. Ini merupakan cara alami yang paling mudah untuk mengobati cantengan, hanya memerlukan baskom atau ember, kemudian air hangat dan juga garam. Campur menjadi satu, ketika air masih hangat masukan kaki (terutama jari-jari kaki) kedalam air hangat itu, perlahan saja, karena rasanya akan perih, tetapi lama kelamaan akan terasa enak dan nyaman. Lakukan hal itu dengan rutin. Jika sudah lama kelamaan cantengan akan berubah menjadi warna kekuningan atau matang. Jika cairan itu sudah keluar maka cantengan akan sembuh.

  1. Memaksa nanah untuk keluar

Nanah merupakan infeksi kulit karena bakteri Jika kondisi sudah tidak memungkinkan, atau dalam artian nanah sudah timbul pada kaki, maka nanah itu harus segera dikeluarkan agar tidak terjadi hal yang lebih buruk atau infeksi yang lebih buruk lagi. dengan demikian jika nanah sudah keluar maka proses penyembuhan cantengan akan lebih mudah, tetapi ketika proses pengeluaran nanah dengan cara dipaksa ini lebih baikdilakukan oleh orang-orang yang sudah ahli, seperti dokter, agar tidak terjadi hal yang tidka diinginkan dan juga menggunakan bahan yang lebih steril. Karena bila ada kesalahan dalam pengobatan, sakit itu bukannya malah sembuh tetapi malah semakin menyebar dan kondisinya semakin parah.

  1. Bawa ke dokter

Agar lebih aman, ketika ada kuku yang temancap maka lebih baik dibawa kedokter, karena hal ini akan lebih berbahaya jika mencabut kuku itu sendiri. Jika dengan doter akan lebih aman, karena dokter tau apa yang harus dilakukan.

  1. Gunakan krim

Rasa sakit itu sebenarnya bisa mengunakan krim obat cantengan, karena ketika cantengan akan merasakan rasa nyeri, selain itu kuku akan teranga nyut-nyutan yang akan mengaggu aktivitas. Oleh karena itu pengolesan krim ini akan membantu untuk menghilangkan rasa nyeri dan juga mempercepat proses penyembuhan.

  1. Mengunakan jahe

Pada dasarnya jahe ini biasa digunakan untuk cara menghilangkan amandel dan cara mengobati asam lambung tetapi pada kenyataannya, Jahe murapakan bahan alami yang dapat digunakan untuk pengobatan cantengan. Dengan menggunakan jahae secara alami akan membuat cantengan menjadi lebih mudah disembuhkan

cara menggunakan jaheCara memanfaatkan jahe

  • Siapkan jahe yang sudah dikupas dan sudah dicuci bersih
  • Siapkan minyak kelapa
  • Campuran keduanya sampai rata dengan parutan jahe
  • Panggang ramuan selama beberapa menit
  • Gunakan panggangan itu untuk balutan pada cantengan

Lakukan hal itu selama 3 hari berturut-turut, jika sudah sering dilakukan dan perlakuaannya rutin makaa akan membantu kaki cantengan itu. Tidak hanya itu, campuran dari minyak kelapa mampu dimanfaatkan untuk cara menghilangkan kurap pada tubuh seseroang, sehingga kurap tidak akan mengaggu di tubuh secara terus menerus, namun jika tidak juga hilang mungkin memerlukan tips dan cara mengobati kurap secara alami.

  1. Jeruk nipis, gula merah dan juga daun pacar

Bahan-bahan diatas memang sangat efektif untuk mengatasi cantengan. Cara menggunakan dan memanfaatkan bahan-bahan diatas sangatlah mudah. Hanya perlu campur menyampur saja, namun yang perlu diperhatikan adalah dalam proses menyampurnya, jangan sampai campuran yang seharusnya dimasukan keliru dengan campuran lain.

cara memanfaaatkan jeruk nipis

Cara memanfaatkan

  • Siapkan semua bahan
  • Cuci daun kuku pacar dan juga jeruk nipis
  • Peras jeruk nipis, ambil airnya Haluskan gula merah dengna ditumbuk
  • Tempelkan semua obat yang sudah dicampur menjadi satu itu kulit yang terkena cantengan.

Meskipun pada dasarnya jeruk nipis ini merupakan buah untuk obat batuk kering dan berdahak dan juga obat tradisional untuk batuk dan pilek. Namun ternyata kandungan yang dimiliki oleh jeruk nipis dan kawan-kawan yang sudah disebutkan diatas tadi mampu untuk mengatasi cantengan pada kuku kaki ataupun tangan.

  1. Daun dewa

Obat tradisional mata ikan biasanya menggunakan daun dewa, bahkan juga merupakan obat tradisional telingga berdengung. Namun ternyata tidak hanya khasiat itu saja yang didapatkan dari daun dewa, Daun dewa ini juga mampu digunakan untuk menyebuhkan cantengan dibagian tangan ataupun kaki. Meskipun daun dewa bisa dibilang sedikit agak sulit untuk pencariaanya, namun jika memiliki apotek hidup pasti akan lebih mudah mendapatkan daun dewa ini.

cara mengobati dengan daun dewaCara memanfaatkan daun dewa

  • Siapkan daun dewa secukupnya
  • cuci hingga bersih Tumbuk daun dewa hingga halus, sampai dapat dilumatkan.
  • Bila sudah gunakan tumbukan daun dewa itu untuk di oleskan pada bagian yang cantengan
  • kemudian perban. Agar dapat berfungsi dengan maksimal

   8. Menggunakan daun tempuh wiyang

Daun tempuh wiyang ini sama halnya dengan daun dewa. Ia memiliki manfaat untuk mengobati cantengan

manfaat daun tempuh wiyangCara memanfaatkannya

  • Siapkan daun tempuh wiyang secukupnya
  • Siapkan gula pasir
  • Tumbuk daun beserta batangnya itu sampai halus
  • Campurkan dengan gula pasir
  • Jika sudah halus gunakan sebagai isi perban Gantilah perban itu setelah 3 jam pemakaian.

    9. Gunakan bawang merah

Meskipun bawang merah memiliki efek samping bawang merah bagi tubuh. Namun Cara yang lain untuk mengobati cantengan adalah dengan memanfaatkan bawang merah, pada dasarnya bawang merah dapat dijadikan bahan untuk menghilangkan berbagai macam bakteri yang ada pada kuku yang cantengan itu.

cantengan dengan bawang merahCara memanfaatkan bawang merah Tumbuk bawang merah sampai halus, campurkan dengan sedikit garam. Kemudian oleskan secara merata kebagian yang cantengan. Meskipun rasanya sedikit agak nyut-nyutan tetapi hal ini dapat mengurangi cantengan ini. Itulah cara untuk mengobati cantengan dengan cepat, ketika hal-hal diatas dilakukan dengan benar maka cantengan akan lebih mudah untuk sembuh. Sebenarnya selain untuk mengobati ada baiknya untuk mencegah. Jadi perlu diketahui pula cara mencegah cantengan.

Cara mencegah cantengan dengan mudah

  1. Usahakan kuku selalu bersih

Ketika setelah pergi dari berpergian atau dari bermain, terutama ketika bermain yang kotor-kotoran maka segeralah cuci tangan dan kaki sebelum istirahat. Agar kotoran tidak menumpuk disela-sela kuku dan tidak menyebabkan cantengan. Karena pada dasarnya cantengan terjadi akibat kotoran yang terlalu menumpuk

  1. Hindari penyebab infeksi

Banyak sekali penyebab infeksi yang menyebabkan cantengan, entah itu faktor bakteri ataupun kuman yang berkembang biak di dalam sela kuku itu, sehingga menimblkan cantengan

  1. Hindari mengigit kuku

Jangan sering menggigit kuku, karena nantinya bila kuku selalu digigit dan terus-terusan digigit maka kuku akan terluka. Sehingga menjadi cantengan kukunya.

  1. Jangan korek-korek kuku

Jika ingin membersihkan kuku, segeralah bersihkan kuku, jangan hanya mengorek-orek kuku saja, karena jika kebablasan akan menyebabkan infeksi pada kuku itu. Bila memang ingin membersihkan kuku langsung saja bersihkan kuku dengan cara menggunting kuku. Agar lebih aman dan tidak mengakibatkan banyak infeksi.

  1. Gunakan pelindung

Ketika sedang berpergian atau melakukan hal-hal yang sekiranya membahayakan maka gunakanlah pelindung seperti sarung tangan atau plastik, sehingga ketika ada kotoran atau bahan kimia yang hendak mengenai kulit dan kuku tidak akan bisa mengenai kulit dan kuku itu karena kulit dan kuku sudah terlindungi dengan sarung tangan atau plastik.

  1. Rawatlah kuku

Sebisa mungkin rawatlah kuku dengan baik. Bila memiliki biaya yang cukup maka dapat kesalon untu merawatnya agar dapat lebih tampak indah, namun jika tidak memiliki banyak biaya dapat dilakukan sendri. Yang terpenting sering-sering lah membersihakn dan memperhatikan kebersihan kuku. Potonglah kuku jika sudah terasa panjang, agar tidak mengaggu aktivitas.

Banyak sekali cara menjaga kesehatan kuku yang dapat dilakukan dan dipraktikan dirumah dengan muadah sehinga kuku akan terawat, tidak mudah patah, tidak merawat kuku merupakan penyebab kuku sering patah. Dan bahkan tidak merawat kuku bukan hanya kuku patah dan cantengan yang didiapatkan namun juga menjadi penyebab kutu air.

Itulah beberapa cara pencegahan kuku. Sebelumnya sudah dibahas mengenai cara mengobati cantengan. Jadi dengan memperhatikan hal-hal yang sudah dibahas diatas akan lebih mudah untuk mendapatkan kesehatan pada kuku dan juga kaki agar  tidak cantengan.  sehingga kuku akan tetap tampak sehat bersih dan bagus untuk dipandang. jadi ketika menggunakan sendal terbuka pun tidak memalukan.

You may also like