Home Featured Miliki Kuku Bersih dan Cantik dengan 5 Trik Ini

Miliki Kuku Bersih dan Cantik dengan 5 Trik Ini

by Ayu Firdausi

Sebelumnya, kita sudah membahas apa saja yang dapat membuat kuku tampak kotor dan jelek. Pada artikel ini, Anda akan mendapatkan trik untuk memiliki kuku bersih dan sehat. Walau kuku hanya bagian kecil dalam tubuh, namun kebersihan dan kecantikan kuku bisa jadi nilai plus bagi penampilan Anda, lho! Yuk simak trik menjadikan kuku lebih bersih dan cantik dibawah ini!

  • Potong Kuku Secara Rutin dan Seperlunya

Bermacam penyakit bisa muncul seperti sakit perut, cantengan, flu, cacingan dan gangguan pencernaan berasal dari kebersihan kuku yang tidak dijaga. Terlihat sepele bukan? Kotoran yang menempel di kuku dapat menjadi sarang empuk bagi bakteri untuk berkembang biak. Oleh karena itu kebutuhan memotong kuku sangat penting. Selain menjaga kerapihan, memotong kuku juga membersihkan segala kotoran yang menempel.

Sebagai catatan, pastikan Anda memotong kuku seperlunya saja. Memotong kuku terlalu pendek dapat mengakibatkan kulit ujung cari mudah terluka. Selain itu, bila terdapat kotoran yang terjebak, kuku terlalu pendek akan menyulitkan kita membersihkan. Pastikan pula Anda tidak memotong kuku setelah mandi atau berendam karena kondisi tangan yang basah mengakibatkan kuku lebih lunak dan lebih mudah robek.

  • Jangan Suka Menggigit Kuku

Pada beberapa kondisi, seseorang cenderung menggigit kuku ketika mearsa cemas, gelisah, dan bosan. Rupanya, kebiasaan ini akan membuat tekstur kuku menjadi rusak. Bagian tepian kuku menjadi tidak rata sehingga kuku akan mudah robek.

  • Diperbolehkan Memiliki Kuku Panjang ataupun Pendek

Kuku panjang leibih diminati akrena terlihat cantik dengan warna beragam dan hiasan yang lucu. Kuku panjang maupun pendek itu merupakan pilihan Anda asal Anda dapat merawatnya denga baik. Jika Anda merasa kurang nyaman dengan kuku panjang, sebaiknya pilih kuku pendek. Anda tentu tidak mau terluka akibat kuku terlalu panjang bukan?

  • Gunakan Pelembab Kuku

Selain kulit, kuku pun memiliki kebutuhan nutrisi yang harus dipenuho. Gel pelembabb kuku mengandung vitamin #, biolin, dan emlien yang baik bagi pertumbuhan kuku. Anda bisa mengoleskan pelembab kuku saat sebelum tidur setelah mencuci tangan.

  • Jangan Terlalu Sering Menggunakan Pewarna Kuku

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan pewarna kuku. Namun penggunaan yang terlalu sering dapat mengganggu kesehatan kuku. Kuku akan tampak lebih kuning, kering, dan mudah terkelupas. Jika Anda termasuk orang yang senang menggunakan kutek, berikan waktu kuku untuk berisitirahat sejenak dari pemakaian kutek. Pastikan pula kutek yang Anda gunakan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya. Jangan meniup kutek saat menunggunya kering, secara tidak langsung hal ini akan menyebabkan bahan kimia terhirup dan masuk ke tubuh Anda.

Dari sini, apakah Anda termasuk orang yang sudah merawat kuku dengan baik? Share di kolom komentar ya!

You may also like