Apakah Penderita Cacar Air Boleh Mandi, Bolehkan? Ketahui Sebelum Anda Menyesal

Penderita  cacar air atau sering disebut sebagai varisela merupakan salah satu jenis penyakit yang umum bagi kita semua. Panykit ini sering diderita anak-anak yang usinya masih dibawah 10 tahun. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga menderita penyakit yang demikian. Cacar air ini sering ditandai dengan adanya bintik-bintik merah pada kulit. Bintik yang semakin lama akan semakin banyak dan menganggu penampilan Anda. Selain itu, pederita juga akan mengalami gatal-gatal, kelahan, demam, dan tubuh menjadi lemas.

Penyakit ini meskipun  bukan tergolong pada penyakit yang sangat berbhaya, tetapi penyakit ini juga dapat membuat penderita mengalami gagal sistem tubuh atau kematin. Jika dalam kondisi tertentu dan tidak segara di obati dalam jangan waktu yang begitu lama. Bagi penderita juga penting untuk menjaga asupan gizi pada tubuh. Sebab melalui asupan inilah yang akan membuat sistem imun tubuh kuat. Secara perlahan akan menangkal virus  cacar air. Bagi penderita juga penting untuk memerhatikan berbagai kegiatan yang intinya akan menambah semakin parah  cacar air. Adapun salah satu aktivitas yang dilarang adalah mandi. Sebab mandi inilah yang akan membuat rum atau luka yang disebabkan oleh penyakit cacar air membutuhkan waktu yang lama untuk proses penyembuhan. Sebab rum atau luka akan sulit mengering dan menimbulkan efek seperti flek hitam yang cukup banyak. Untuk itulah bagi penderira cacar air tidak boleh mandi secara sering agar tidak terjadi hal demikian yang menghambat proses penyembuhan. Selain tidak diperbolehkan mandi secara sering bagi penderita cacar air juga ada beberapa pantangan yang harus dihindari.

  1. Tidak Boleh Keluar Rumah

Bagi perderita cacar air  pantangan yang kedua berupa tidak boleh keluar rumah. Ketika hal itu terjadi akan menimbulkan alergi pada penderita dan menimbulkan bintik-bintik yang semakin banyak dan menganggu proses penyembuhan. Jika Anda ingin keluar rumah penting untuk memakai pakain yang panjang dan memakai payung, yang dapat menutupi bagianseluruh tubuh. Dengan cara itu akan membuat tubuh tidak terpapar berbagai hal lain diluar rumah.

  1. Hindari Hawa Dingin

Hawa dingin bagi penderita cacar air sangat berpengaruh pada proses penyembuhan. Sebab virus akan mudah berkembang dan menyebar ketika terkena hawa dingin. Selain itu, juga akan membuat bintik pada kulit semakin banyak bertambah. Sehingga, bagi perderita cacar air penting untuk menghindari akan hawa dingin. Lebih-lebih harus bisa menghangatkan tubuh ketika memang iklim yang tidak bersahabat (dingin). Terlebih yang memiliki alergi dingin perlu cara mencegah alergi dingin.

  1. Jangan Berdekatan dengan Orang lain

Penderita cacar air juga tidak diperkenankan untuk dekat dengan orang lain. Virus dari cacar air ini akan mudah menyebar baik melalui udara dan kontak langsung. Pantangan ini penting untuk Anda perhatikan untuk menghindari orang terdekat terpapar virus cacar air.

  1. Jangan Berganti Pakaian

Pantangan selanjutnya bagi pernderita cacar air berupa berganti pakaian. Ketika sering berganti pakaian, terlebih handuk yang dipakai secara bersamaan. Pantangan ini untuk menghindarkan virus cacar air yang hinggap di orang lain. Virus cacar air ini sangat mudah mennular dan mudah berkembang biak.

Selain pantangan yang wajib untuk diperhatikan. Bagi penderita cacar wajib untuk mengetahui perawatan cacar air. Sehingga, penyakit menular ini segara hilang dari tubuh Anda. Adapaun cara perawatan itu sebagai berkut.


  1. Menggunakan Pelembab Kulit

Pelambab pada penderita cacar air sangat diperlukan. Sebab kulit pada penderita tidak terlalu kering. Kulit yang kering akan membuat bintik semakin parah dan mudah untuk meletus. Ketika meletus akan mengelurakan air atau semacam lendir yang sangat menganggu. Pelembab ini bisa Anda temukan di apotek atau bisa langsung ke dokter.

  1. Makanan yang Lembut dan Hangat

Penderi cacar air memang akan mengalami kondisi di mana tubuh menjadi lemas dan kurang energi. Makanan yang lembut dan hangat ini akan menjadikan tubuh rileks dan nyaman. Sehingga akan membantu dalam proses penyembuhan.

  1. Makan Buah Mengkudu

Penderita cacar air sangat dianjurkan untuk makan buah mengkudu. Buah ini sangat ampuh untuk mengobati cacar air pada tubuh Anda karena mengandung banyak vitamin. Terlebih dapat menikmati setiap hari secara rutin akan membatu dalam proses penyembuhan.

  1. Makan Kacang Hijau

Kacang hijau selain memamg enak untuk dibuat bubur ternyata bermanfaat untuk penderita cacar air. kacang hijau ini mengandung gizi yang penting untuk merawat Anda yang terkan cacar air. Selain itu, juga dapat menyembuhkan bekas hitam dari bintik yang disebabkan oleh penyakit cacar air.

  1. Pakaian yang Ringan

Pakaian yang ringan ini akan membuat kulit tidak mudah tegores. Bintik pada kulit tidak akan terkelupas atau pacah. Ketika bintik pecah sebelum pada waktunya akan membuat proses peyembuhan terhambat.

 

 

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Cacar Air