9 Ciri-Ciri Penyakit Atresia Bilier Yang Wajib Diketahui

1332

Atresia biller merupakan salah satu kondisi langka dimana kondisi tersebt dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan yang terjadi pada saluran empedu. Cairan empedu ini sangat diperlukan untuk tubuh sebab didalam cairan empedu ini memiliki fungsi membawa racun, membantu pencernaan terhadap lemak dan juga membantu dalam penyerapan berbagai macam vitamin diantaranya adalah vitamin A,  vitamin D, vitamin E dan juga Vitamin K. Tetsumbatnya duktus empedu menyebabkan kerusakan hati sebab cairan empedu me jadi eningkat. Atresia biller dapat terjadi pada anak anak, saat Atresia biller terjadi pada anak anak atau bayi biasanya akan menimbulkan ciri-ciri tertentu pada anak atau bayi tersebut. Adapaun ciri ciri dari Atresia biller adalah sebagai berikut.

Ciri-ciri Atresia Biller pada Anak atau bayi

1. Perubahan warna pada fases

Salah satu gejala yang biasa terjadi pada bayi yang mengalami penyakit ini adalah adanya perubahan pada warna vases. Ketika anak anda mengalami perubahan pada warna vases dalam beberapa hari dan sama seperti itu terus segera periksakanlah kedokter anda. Salah satu perubahan warna fases adalah fases berubah warna menjadi hitam, dimana penyebab feses berwarna hitam ini cukup beragam salah stunya karena terserang  atresia biller. Selain itu BAb juga dapat menjadi berdarah, karena atresia biller dapat menjadi penyebab BAB berdarah merah segar.

2. Urin berwarna gelap

Selain memiliki perubahan pada warna vases ternyata warna urin yang menjadi gelap juga merupakan salah satu ciri ciri bayi yang terkena penyakit atrasia biller ini. Warna urin yang baik adalah berwarna bening. Biasanya seseorang atau bayinyang menderita penyakit ini akan memiliki urin yang berwarna gelap. Urin yang berwarna gelap dan kuning atau tidak berwarna ini bisa dilihat langsung dengan kasat mata, tetapi penyakit atau bakteri apa yang ada di dalam urin tersebut tidak dapat dilihat dengan kasat mata maka perlu memanfaatkan fungsi tes urin untuk mengatahui hal apa yang terjadi di dalam tubuh.

3. Pertumbuhan lambat

Selain dapat dilihat dari urin dan vases ternyata bayi yang memiliki penyakit atrasia biller akan mengalami penghambatan dalam proses pertumbuhannya. Hal ini harus segera diatasi sebab masa bayi merupakan masa pertumbuhan serta masa perkembangan yang baik bagi anak.

4. BAB berwarna abu abu atau putih

Selain berbagai macam ciri ciri diatas bayinyang memiliki warna BAB seperti warna abu abu atau putih dempul merupakan salah satu ciri ciri dari bayi yang mengalami penyakit Atresia biller.

5. Bayi tampak kuning

Ketika anda menemui kulit dari anak anda atau bayi anda berubah warna menjadi agak kekuningan atau seperti bayi kuning anda perlu waspada. Sebab pada kasus tertentu warna kulit yang berubah menjadi kuning hingga bayi tampak kuning merupakan salah satu ciri dari atrasia biller.

6. pembengkakan pada perut

Pembengkakan pada perut yang terjadi pada bayi juga merupakan salahh satu ciri ciri dari bayi yang terkena penyakit atrasia biller. Pembengkakana pada perut tentu akan membawa dampak buruk bagi bayi, terutama pula bagi kesehatan pencernaan bayi, maka dari itu ketika bayi mengaami hal yang demikian itu harus segera di atasi dengan benar.

7. pembesaran organ hati dan limpa

Selain terjadi pembengkakan pada perut salah satu ciri dari bayi yang mengalami penyakit ini adalah terjadinya pembesaran pada organ hati dan juga terjadinya pembesaran pada limpa. Pembesaran pada limpa ini pun dapat menjadi salah satu penyebab gejala limpa bengkak yang akan mengaggu proses limpa dalam bekerja terutama dalam tubuh untuk menjaga kesehatan. 

8. Penurunan berat badan

Pada kasus tertentu bayi yang mengalami penyakit ini akan mengalami penurunan berat badan. Hal ini desebabkan karena adanya gangguan tertentu pada tubuh sehingga mengangu proses pertumbuhan bayi. Maka dari itu bagi bayi yang menderita penyakit seperti ini harus segera di atasi dan ditangani dengan cepat agar dapat segera disembuhkan dan tidak menyebabkan penyakit yang membawa komplikasi.

9. Bayi menjadi rewel

Pada kasus yang umum bagi bayi yang memiliki atau menderita penyakit ini biasanya bayi tersebut akan lebih rewel dari biasanya. Jika anda memiliki bayi yang rewel secaravterus menerus dan disertai dengan beberapa gejala diatas anda dapatbdengan segera me gobati atau memeriksakannya ke dokter.

Itulah beberapa ciri ciri dari anak yang mengalami Atresia biller. Jika anak anda mengalami berbagai macam ciri ciri seperti yang diafas alangkah lebih baiknya jika anda segera mengobati anak anda atau segera bawalah kedokter agara anak anda mendapatkan penanganan dengan Biak dan segera sembuh. Semoga dengan adanya artikel ciri ciri Atresia biller pada anak dapat menambah pengetahuan serta wawasan anda tentang Atresia biller, terlebih pada ciri ciri Atresia biller pada anak atau ciri ciri Atresia biller pada bayi.