Home Penyakit dan KelainanAtresia Bilier 5 Pengobatan Atresia Bilier Yang Perlu Diketahui

5 Pengobatan Atresia Bilier Yang Perlu Diketahui

by Lia Yuliana

Atresia biller merupakan salah satu penyakit yang langka yang dapat terjadi pada bayi anda. Penyakit ini terjadi pada saluran saluran hati dan empedu. Bagi bayi yang memiliki penyakit Atresia biller ini maka aliran empedu dari hati yang menuju ke kandungan empedu akan diblokir. Dengan adanya hal tersebut membuat empedubtrtperangkap didalam hati sehingga menyebabkan terjadinya kerusakan pada jaringan  parut dari sel sel hati. Biasanya bayi yang mengalami penyakit ini akan memiliki gajala gejala tertentu. Namun gejala tersebut biasanya akan muncul ketika dua sampai delapan minggu setelah bayi itu lahir. Jika anda memiliki anak yang mengalami atrasia biller segera lakukanlah berbagai pengobatan atau penanganan tertentu. Adapun pengobatan dari atrasia biller adalah sebagai berikut.

Pengobatan atrasia biller

1. Melakukan tindakan kasai

Dengan melakukan tindakan kasai merupakan salah satu tindakan untuk pengobatan yang paling utama bagi penderita atrasia biller ini. Tindakan kasai ini merupakan tindakan yang mengganti atau mengangkat saluran empedu yang telah rusak dengan bagian kecil dari usus. Hal ini dilakukan untuk menermalkan cairan empedu yang mengalir.

Tindakan kasai ini bukanlah merupakan tindakan yang kuratif hanya saja tindakan kasai ini digunakan untuk membantu cairan empedu mengalir ke usus. Dengan adanya tindakan ini akan mengurangi beberapa gejala gejala yang dapat muncul karena bayi mengalami penyakit atrasia biller ini. Meskipun tindakan ini dapat dilakukan namun tindakan ini memiliki beberapa kemungkinan komplikasi diantaranya hipertensi portal atau pruritus.

2. Melakukan transpalasi hati

Melakukan transpalasi hati ini biasanya akan dilakukan untuk pengobatan dari penyakit atrasia biller jika bayi sudah tidak dapat melakukan tindakan kasaii atau bayi sudah terlambat untuk melakukan tindakan kasai ini. Dengan adanya kecanggihan alat teknologi saat ini sangat membantu dalam transpalasi ini sebab anak atau bayi dapat menerima donor hati yang berukuran kecil dari orang dewasa.

Dalam kasus tertentu bagi pasien yang menjalankan transpalasi hati ini akan memiliki salah satu resiko kecil yaitu sistem kekebalan tubuh yang menolak. Namun meskipun demikian hal ini dapat diatasi dengan memberikan obat obatan tertentu dan meresepkan pola makanan khusus untuk seseorang yang telah melakukan transpalasi hati ini.

Dalam hal ini ketika hendak melakukan traspalasi hati perlu pula diketahui apakah yang akan mentransplasikan hati itu memiliki kesehatan hati yang baik atau memiiki penyakit akibat gangguan fungsi hati.

3. Melakukan diet khusus

Salah satu penyebab yang dapat menyebabkan bayi mengalami penyakit atrasia biller ini adalah bayi kekurangan nutrisi sehingga anak membutuhkan diet khusus dalam makanannya. Dengan bertambahnya usia pada anak maka anak akan membutuhkan kalorinyang lebih dalam diet hariannya. Sehingga dengan demikian agar anak dapat segera terobati dari penyakit biller maka aturlah diet khusu pada anak.

Banyak sekali hal-hal yang perlu dikethaui mengenai diet, termasuk cara diet air putih yang baik dan benar dan apa saja yang menjadi tips diet sehat agar diet yang dilakukan tetap sehat dan tidak akan membuat penderitanya mengalami penyakit asam lambung.

4. Mengkonsumsi vitamin tambahan

Selain melakukan diet khusus pada anak biasanya anak yang mengalami penyakit Atresia biller ini akan kesulitan dalam proses pencernaan lemak sehingga bayi yang mengalami atrasia biller ini perlu mengkonsumsi beberapa bmvitamin tambahan untuk membantu dalam proses penyerapan tersebut.

Vitamin tambahan sangat dibutuhkan bagim mereka yang menderita penyakit atresia biller, karena dengan mengkonsumsi vitamin tambahan, terutama vitamin yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit atresia biller akan membantu mengatasi penyakit tersebut. Meskipun memberikan vitamin saja tidak cukup untuk mengatasi atresia biller, tetapi setidaknya dengan pemberian vitamin tambahan dapat membantu mengurangi rasa sakit pada penderita penyakit atresia biller.

5. Penambahan minyak trigeselia rantai sedang

Selain menambah konsumsi vitamin tambahan dengan menambah konsumsi minyak trigeselia Rantai sedang juga dapat membantu dalam proses pengobatan penyakit Atresia biller ini. Penambahan minyak ini dapat anda campurkan dalam makanan bayi anda.

Karena minyak  trigeselia rantai sedang ini dapat membantu menjaga kesehatan bayi, terutama kesehatan untuk mencegah bayi dari terserangnya penyakit atresia biller ini. Pemberian atau pengkonsumsian minyak trigesilia rantai sedang ini pun tidak perlu terlalu banyak, memang dapat dicampukan pada makann sehari-hari bayi, tetapi harus seusui dengan porsinya pula dalam pemberian minyak trigeseia rantai sedang ini.

Itulah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk bayi anda agar bayi anda segera sembuh dari penyakit atrasia biller ini. Dengan melakukan pengobatan seperti yang tertera diatas semoga bayi anda segera mendapatkan kesembuhan serta dapat terhindar dari berbagai macam penyakit lainnya. Selain itu semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda untuk menambah wawasan serta pengetahuan anda tentang bagaimana mengobati penyakit atrasia biller.

You may also like