Jahe Untuk Asam Urat Apakah Efektif Menyembuhkan? Intip Tips Pengolahannya !

1284

Penyakit asam urat bukanlah hal asing lagi, sebab jenis penyakit sendi satu ini terjadi sebagai akibat dari terlalu tingginya kadar asam urat di dalam darah. Penyakit yang juga disebut dengan gout ini pun terjadi ketika terjadi penumpukan asam urat dalam tubuh karena adanya kondisi tertentu yang menjadi faktor alasan dibalik produksi berlebihan akan asam urat.

Sebagai obat asam urat tradisional, rempah berupa jahe bisa Anda andalkan, khususnya jahe merah. Jahe untuk asam urat diyakini dapat secara efektif menyembuhkan, tentunya dengan pengolahan yang benar. Kenali lebih dulu apa saja manfaat jahe merah bagi penderita asam urat sebelum memutuskan menggunakannya sebagai obat.

Manfaat Jahe Merah Bagi Untuk Yang Menderita Asam Urat

Sebelum benar-benar menggunakan dan meramu jahe merah untuk mengobati asam urat, Anda perlu lebih dulu memahami apa saja khasiat yang ditawarkan oleh rempah ajaib ini seperti berikut.

  • Menawarkan antioksidan. Jahe merah pada dasarnya bersifat antioksidan dan juga antibiotik alami sehingga saat memiliki penyakit asam urat, mengonsumsi jahe merah akan sangat menguntungkan. Bahkan dengan mengonsumsi jahe merah, segala bentuk serangan radikal bebas akan dapat dilawan dengan baik.
  • Menambah daya tahan tubuh. Penyakit asam urat dapat timbul karena juga daya tahan tubuh penderita yang menurun atau melemah. Oleh karena itu, sebagai salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh dan menetralkan kembali kadar asam urat berlebih dan menumpuk, mengonsumsi jahe merah adalah solusi alami yang bisa dipertimbangkan.
  • Meredakan bengkak. Penyakit asam urat mampu menyebabkan timbulnya bengkak sebagai efek dari terjadinya radang. Jika Anda menjumpai persendian Anda mengalami bercak-bercak merah tanda pembengkakan sudah muncul. Apabila khawatir bengkak menjadi lebih serius, Anda bisa mencoba langsung mengolah jahe merah sebagai obatnya.
  • Meredakan nyeri. Jahe merah menawarkan kandungan alami baik yang bisa membawa kadar zat purin yang menumpuk di dalam tubuh untuk turun sampai dengan 90 persen. Jika kadar purin diturunkan secara efektif, otomatis rasa nyerinya akan hilang.
  • Menurunkan kadar kolesterol jahat. Ketika lemak dan zat purin menumpuk, maka kolesterol tinggi adalah salah satu kondisi penyakit yang tak dapat terhindarkan. Karena jahe merah memiliki kemampuan melawan sekaligus menurunkan kolesterol jahat, Anda tak perlu khawatir lagi soal kenaikan LDL maupun kadar asam urat sebab nantinya bisa turun secara alami.

Tips Mengolah Jahe Sebagai Obat Asam Urat

Jahe merah maupun jahe biasa mengandung senyawa kimia yang baik untuk menurunkan risiko peradangan di mana penyebab utamanya adalah kristal asam urat. Jahe adalah rempah yang kaya akan 6-shogaol, yakni senyawa kimia yang dimaksud dapat menjadi pereda atau pembasmi peradangan pada tubuh.

Karena jahe pun kaya akan sifat analgesik, maka memang tak salah bila Anda memilih jahe sebagai obat bagi asam urat yang Anda derita terlepas dari adanya efek samping jahe yang harus tetap diwaspadai. Berikut ini adalah cara pengolahan jahe atau jahe merah yang bisa Anda dapat lakukan untuk mengobati asam urat dan menetralkan kadarnya.

  • Pertama-tama, sediakan dulu jahe 2 ruas saja yang ukurannya sebesar ibu jari.
  • Potong-potonglah 2 ruas jahe tersebut.
  • Potongan jahe jangan lupa untuk Anda cuci lebih dulu sampai bersih.
  • Siapkan air secukupnya untuk Anda rebus dan didihkan.
  • Potongan jahe yang sudah dicuci bisa Anda masukkan pada air yang sedang direbus tersebut.
  • Jika telah mendidih, Anda bisa angkat jahenya lalu meniriskan.
  • Pada hasil air rebusan, masukkanlah madu murni 1 sendok makan.
  • Sesudah dicampur madu, Anda bisa meminumnya secara langsung.
  • Untuk hasil terbaik dalam menurunkan kadar asam urat, Anda sebaiknya mengonsumsi air jahe ini sehari 2 kali, yaitu tiap pagi dan sore.

Selain jahe maupun jahe merah, Anda pun bisa mencoba menggunakan beberapa bahan alami lainnya untuk mengobati asam urat. Supaya kadar asam urat tinggi tak berkelanjutan, berikut ini adalah beberapa makanan maupun herbal yang bisa diandalkan dengan mengonsumsinya secara rutin untuk kesembuhan yang maksimal.

  • LemonBuah yang mengandung vitamin C tinggi ini bisa dicampurkan bersama air hangat, lalu tambahkan madu murni secukupnya sebelum Anda konsumsi.
  • Pisang – Setiap harinya, Anda perlu mengonsumsi 2 buah pisang yang bisa membantu agar nyeri tubuh yang disebabkan asam urat dapat mereda berkat kandungan kalium di dalam buah berwarna kuning ini.
  • Cuka apel – Mengonsumsi cuka apel 1 sendok makan yang dicampurkan ke dalam segelas air hangat dan ditambah madu murni setiap hari bisa membantu meredakan nyeri sekaligus menurunkan kadar asam urat tinggi dalam tubuh karena sifat anti-inflamasinya.
  • Buah ceri – Mengonsumsi segelas jus buah ceri atau memakan buahnya langsung sebanyak 20 buah akan menjadi pereda rasa nyeri yang efektif. Ini karena di dalam buah ceri ada kandungan sifat antiradang sekaligus allopurinol yang siap melawan sekaligus menormalkan kembali kadar asam urat yang sempat melonjak.

Jadi, itulah beberapa informasi mengenai jahe untuk asam urat yang ampuh menyembuhkan. Anda bisa memilih jahe merah yang terbukti efektif dan berkhasiat, atau bahkan menggunakan rempah jahe biasa. Setelah mengobati asam urat dengan jahe beberapa waktu, Anda bisa mencoba mengecek kadar asam urat Anda dengan memeriksakannya supaya Anda tahu apakah jahe benar-benar bermanfaat.