Home Penyakit dan KelainanPenyakit Asam Lambung Penderita Asam Lambung Boleh Makan Telur? Ini Penjelasan dan Tips Mengolahnya

Penderita Asam Lambung Boleh Makan Telur? Ini Penjelasan dan Tips Mengolahnya

by Erlita

Pantangan asam lambung seperti kita tahu memang cukup banyak karena hal tersebut bertujuan untuk mencegah kenaikan asam lambung untuk kembali terjadi. Asam lambung adalah jenis penyakit yang mudah kambuh apabila asupan makanan tidak dijaga dengan baik. Namun bagi orang-orang penderita asam lambung boleh makan telur atau tidak?

Bolehkah Penderita Asam Lambung Mengonsumsi Telur?

Jawabannya adalah tergantung dari bagian telur manakah yang dikonsumsi karena bila bagian putihnya, maka sangat boleh dan justru dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penderita asam lambung. Putih telur adalah bagian telur paling baik dalam meredakan asam lambung karena putih telur berkandungan asam rendah sekaligus protein tinggi.

Jika ingin mengonsumsi telur, tinggalkan kuning telur dan cukup ambil bagian putihnya dalam mengatasi asam lambung dengan kandungan rendah lemaknya. Bersama dengan konsumsi jenis makanan yang lain, Anda akan dapat meredakan kondisi asam lambung Anda dengan baik dan alami. Bahkan kadar asam lambung yang semula naik pun akan normal lagi.

Mengapa kuning telurnya tidak boleh dimakan? Padahal mungkin kebanyakan orang lebih suka bagian kuningnya bukan? Kuning telur perlu dihindari oleh para penderita penyakit asam lambung karena ada kandungan lemak tinggi di dalamnya. Ingat bahwa lemak tinggi justru merupakan musuh bagi asam lambung karena bisa menaikkannya dengan cepat.

Tips Mengolah Telur untuk Asam Lambung

Karena penderita asam lambung tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi atau bahkan berkolesterol, otomatis Anda perlu mengolah telur secara benar untuk dikonsumsi. Berikut beberapa tips bagi Anda yang ingin tetap menikmati telur tanpa meningkatkan kadar asam lambung.

1. Telur Rebus

Telur yang diolah dengan cara direbus adalah yang paling baik untuk penderita asam lambung. Ketimbang digoreng yang tentunya akan menambah kadar lemak dan kolesterol pada telur di mana berpotensi memperburuk kondisi asam lambung. Telur rebus adalah makanan yang kaya akan protein ditambah juga vitamin B12, kolin, selenium dan vitamin D.

Karena kandungan-kandungan nutrisi yang sangat kaya pada telur rebus itulah, makanan ini menjadi pilihan terbaik yang bisa mengatasi gangguan pencernaan pada lambung sekaligus menjadi cara untuk mencegahnya. Tentu untuk manfaat yang lebih besar, telur ayam adalah yang paling disarankan bila penderita asam lambung ingin mengonsumsi telur karena telur ayam di dalam lambung jauh lebih gampang larut.

2. Kuning Telur, Kunyit dan Madu

Kalaupun ingin menggunakan kuning telurnya, alangkah lebih baik kalau meramu menjadi sebuah obat tradisional bagi penyakit asam lambung Anda dengan mencampurkannya bersama kunyit dan juga madu. Cara pengolahannya adalah dengan:

  • Mengupas lebih dulu kunyit dan cuci bersih.
  • Memarut kunyit yang sudah bersih untuk kemudian bisa Anda ambil sarinya.
  • Lanjutkan dengan memecahkan telur yang sudah Anda pisahkan dari putihnya.
  • Barulah mencampurkan kuning telur bersama dengan hasil sari kunyit tadi yang bisa Anda campur rata.
  • Tak lupa menambahkan juga madu murni 1-2 sendok makan sesuai dengan selera saja. Guna dari madu ini bukan hanya menambah khasiat ramuan maupun menambah rasa manis, melainkan juga berfungsi sebagai penghilang bau amis yang berasal dari kuning telur.
  • Minumlah ramuan ini setiap hari supaya kadar asam lambung yang naik bisa normal lagi.

Jadi, apakah penderita asam lambung boleh makan telur? Boleh saja asalkan dengan pengolahan yang benar untuk masing-masing bagian telur, baik itu putih telurnya maupun bagian kuningnya. Ketika gejala  awal asam lambung atau ciri asam lambung mulai muncul, Anda perlu menghindari makanan-makanan berlemak, khususnya kuning telur atau telur yang digoreng.

You may also like