Home Penyakit dan KelainanPenyakit Asam Lambung 8 Cara Mengurangi Asam Lambung yang Penting Anda Ketahui

8 Cara Mengurangi Asam Lambung yang Penting Anda Ketahui

by Nur Wachid, S.Pd

Asam lambung merupakan salah satu penyakit yang menyerang saluran pencernaan. Penyakit ini juga tergolong penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Mengingat saluran pencernaan merupakan bagian yang sangat berharga di dalam tubuh, sebagai pabrik pengolahan senyawa yang dibutuhkan tubuh. Ketika pabrik ini terganggu, maka tubuh akan mengalami kekurangan asupan. Dampaknya pun bisa sistemik, mengganggu kestabilan dan daya tahan tubuh Anda. Maka dari itu menjaga kesehatan tubuh penting dilakukan, guna menghindari penyakit yang satu ini. Namun bagi Anda yang sudah terlanjur terkena penyakit yang satu ini, ada baiknya memahami dan memperhatikan cara-cara mengurangi asam lambung di dalam tubuh. Sebab dengan demikian Anda akan bisa belajar penyembuhan penyakit tersebut, sehingga tidak berangsur dan semakin parah tubuh di dalam tubuh. Ada beberapa cara mengurangi asam lambung penting Anda ketahui. Berikut dalam artikel ini akan menjelaskannya.

  1. Kurangi Mengkonsumsi Makanan Siap Saji

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi asam lambung adalah dengan mengurangi makanan siap saji. Alangkah lebih baiknya ada menghindarinya dengan jauh. Sebab makanan yang satu ini tidak baik terhadap kelangsungan penyakit Anda. Bahkan dampaknya bisa sebaliknya, semakin parah. Sebab makanan tersebut bisa menimbulkan iritasi pada bagian selaput lambung Anda.

  1. Hindari Sayur-sayuran Mentah

Menghindari sayuran mentah bisa menjadi cara selanjutnya bagi Anda yang ingin mengurangi penyakit asam lambung atau maag. Bagi Anda  penderita penyakit asam lambung atau maag akan lebih baik jika mengkonsumsi makanan yang lembut, makanan yang mudah untuk dicerna. Sayur mentah, masih menjadi bagian makanan yang kasar. Jika Anda tetap ingin makan sayur-sayuran, sebaiknya Anda makannya dengan direbus. Sebab sayur akan menjadi lunak dan mudah untuk dicerna. Selain itu Anda juga penting memahami beberapa cara mengobati sakit maag lainnya. Sehingga ketika hal ini terpaksa Anda alami, akan ada banyak cara pengobatannya.

  1. Hindari Makanan yang Terlalu Pedas

Selain menghindari makanan siap saji, juga sayuran mentah. Cara selanjutnya yang dapat dilakukan bagi Anda penderita asam lambung adalah dengan menghindari makanan yang terlalu pedas. Sebab makanan-makanan ini berdampak buruk terhadap kelangsungan penyakit asam lambung. Efek pedas yang ditimbulkan potensi bisa merusak selaput lambung yang sudah rusak terkena asam lambung. Untuk itu jika Anda tetap mamaksa makanan yang satu ini maka, penyakit asam lambung atau maag  akan terus menggerogoti dan memperparah penyakit Anda. Untuk itu hindarilah makanan yang terlalu pedas, guna mengurangi asam lambung di dalam tubuh.

  1. Konsumsi Buah-buahan yang Bisa Membuat Nyaman Lambung

Cara selanjutnya yang dapat Anda pilih guna mengurangi asam lambung di dalam tubuh adalah dengan mengkonsumsi buah yang bisa membuat lambung nyaman. Meskipun beberapa orang menyatakan buah tidak baik di konsumsi bagi yang mengalami peningkatan asam lambung. Namun, tidak semua buah masuk dalam kategori tersebut. Beberapa buah seperti apel, anggur, melon, pisang, semangka, dan pir masih baik dikonsumsi. Sebab buah-buah ini memiliki banyak kandungan nutrisi dan serat. Sehingga buah-buahan ini bisa menurunkan asam lambung Anda sekaligus membuat perut Anda tidak terlalu sakit.

  1. Konsumsi Air Mineral Secukupnya

Air mineral , merupakan salah satu yang sangat penting bagi tubuh. Bagi penderita asam lambung, ketersediaan air mineral secara cukup sangat penting untuk diperhatikan. Meskipun di sisi lain, asam lambung sangat tidak peka terhadap cairan. Namun, dalam hal ini Anda penting memperhatiakannya sebab jika Anda menjauhi air mineral maka bahaya dehidrasi akan menghantui Anda. Sekaligus bisa meningkatkan asam lambung Anda. Paling tidak enam atau delapan gelas air mineral harus Anda konsumsi setiap hari. Akan lebih baik air mineral yang murni, artinya tidak ada tambahan rasa atau kimia yang lainnya.

  1. Jauhi Produk yang Berkaferin

Bagi kamu pencinta kopi, dan mengalami peningkatan asam lambung. Alangkah lebih baiknya Anda menjauhi dulu kecintaan Anda tersebut. Sebab kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi bisa mengakibatkan efek berat untuk penderita asam lambung. Bahkan kafein ini bisa meningkatkan produktivitas asam lambung. Sehingga tidak berdampak baik dalam usaha mengurangi asam lambung di dalam tubuh. Untuk itu akan lebih baik jika Anda menjauhinya dulu sampai benar-benar asam lambung Anda kembali pada posisi yang normal.

  1. Kurangi Mengkonsumsi Makanan yang Digoreng

Selanjutnya yang tidak kalah penting Anda perhatikan untuk mengurangi asam lambung adalah untuk menghindari makanan yang digoreng. Sebab semua makanan yang digoreng potensi memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi. Efeknya bisa mengganggu keberlangsungan pencernaan Anda. Selain itu, kandungan minyak tersebut bisa menumpuk di dalam lambung dan mengakibatkan naiknya asam lambung Anda. Jadi, hindari makanan yang satu ini agar asam lambung Anda kembali normal.

  1. Buat Tubuh Senyaman Mungkin

Stres, salah satu hal yang membuat tubuh tidak nyaman. Bagi kamu yang mengalami peningkatan asam lambung, alangkah lebih baik menghindari kondisi stess. Sebab kondisi ini bisa menjadi pemicu naiknya asam lambung dengan cepat. Membuat tubuh senyaman mungkin menjadi hal yang penting untuk Anda lakukan, agar asam lambung Anda tidak semakin naik dan mengganggu sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh Anda.

You may also like