Home Penyakit dan KelainanAmandel Bolehkah Penderita Amandel Minum Susu? Ini Penjelasan dan Pantangan Lainnya

Bolehkah Penderita Amandel Minum Susu? Ini Penjelasan dan Pantangan Lainnya

by Erlita

Radang amandel merupakan sebuah masalah kesehatan yang akan menimbulkan gejala yang meliputi batuk-batuk, sakit di tenggorokan sehingga sulit menelan, demam, sakit kepala, hingga sakit di area telinga. Apakah amandel bisa sembuh tanpa operasi? Ya, biasanya gejala pun akan mereda dalam beberapa hari saja dan dengan penanganan alami nan mandiri pun bisa sembuh.

Namun ketika radang amandel sudah makin serius di mana pembesaran terjadi terus-menerus sehingga jalan pernapasan terganggu sehingga sulit bernapas, teknik operasi amandel adalah jalan pengobatan yang perlu ditempuh. Lalu untuk perawatan di rumah, bolehkah penderita amandel minum susu atau justru susu malah berbahaya dan memperburuk kondisi amandel?

Boleh Tidak Penderita Amandel Mengonsumsi Susu?

Walau memang susu adalah sumber makanan yang bermanfaat bagi kesehatan sebagian besar orang, ada kemungkinan bahwa susukurang baik bagi beberapa orang dengan kondisi kesehatan tertentu. Jadi, sebenarnya susu aman tidak dikonsumsi oleh penderita amandel? Tergantung produk susu itu sendiri karena susu mampu memberikan efek baik maupun buruk bagi penderita amandel.

Susu sebenarnya bernutrisi tinggi dan beberapa produk susu justru akan meningkatkan asupan nutrisi tubuh penderita amandel dengan baik. Karena nutrisi dari produk susu itulah yang akan mempercepat penyembuhan sehingga menguntungkan khususnya sewaktu amandel sedang mengalami kekambuhan. Ini karena susu tersebut bisa meluruhkan radang yang menyerang dinding amandel.

Sementara itu, beberapa produk susu pun bisa berbahaya dan merugikan penderita amandel. Mengapa? Karena susu berpotensi pula membuat bakteri berkembang biak dengan lebih cepat dan mudah sehingga bukannya menghentikan kekambuhan amandel, justru amandel makin gampang kambuh karena minum susu. Jika ingin susu yang aman untuk amandel, konsumsilah susu kambing etawa.

Apa itu artinya penderita amandel tidak diperbolehkan minum susu sapi atau kambing? Tak masalah bila ingin mengonsumsi kedua susu tersebut, namun takarannya tidak boleh sampai berlebihan. 1-2 gelas sehari adalah cukup dan sebaiknya tidak terlalu banyak dan sering meminumnya hingga amandel benar-benar sembuh, apalagi meminumnya dalam kondisi dingin sebaiknya dihindari.

Pantangan Makanan untuk Penderita Amandel

Kalau sebelumnya telah dibahas tentang apakah boleh penderita amandel meminum susu di mana beberapa produk susu memang akan memberikan keuntungan, tapi juga waspadai beberapa produk susu lainnya yang dapat merugikan. Selain boleh dan membatasi minum susu, berikut ada beberapa pantangan makanan yang juga turut perlu diikuti agar cepat sembuh:

  • Makanan yang menyebabkan timbulnya gas, seperti misalnya nangka, sawi, kol, durian, mentimun, lobak, kacang merah, dan ubi.
  • Makanan yang mengandung kalori tinggi serta makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, seperti makanan cepat saji, gorengan, kue donat, dan kue tart.
  • Makanan dan minuman dingin sebab tenggorokan bisa makin serak karenanya.
  • Makanan berminyak seperti gorengan dan kerupuk serta makanan bersantan.
  • Makanan kemasan.
  • Makanan yang berpengawet.
  • Makanan pedas.
  • Minuman ringan.
  • Minuman beralkohol.

Saat gejala amandel datang, Anda perlu untuk segera menemui dokter dan memeriksakan kondisi keluhan agar lebih cepat ditangani. Bahkan pantangan makanan dan minuman yang dokter berikan Anda perlu ikuti dengan baik agar masa penyembuhan amandel dapat terjadi secara cepat dan lebih maksimal.

Bolehkah penderita amandel minum susu? Boleh saja, asalkan juga memilih susu yang baik seperti susu etawa. Susu jenis lain pun sah-sah saja untuk dikonsumsi, tapi asal dengan takaran yang tak berlebihan supaya tidak memperburuk amandel Anda. Jagalah pola makan dan pola hidup tetap sehat dan seimbang sebagai cara mencegah amandel kambuh lagi.

You may also like