Home Featured Ingin Hidup Sehat ? Awali Hari Dengan 5 Minuman Ini

Ingin Hidup Sehat ? Awali Hari Dengan 5 Minuman Ini

by Syara

Sebuah kalimat bijak berbunyi, Mens sana in corpore sano yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Sepenggal kalimat bijak dalam bahasa Latin tersebut telah akrab di telinga kita tentunya. Untuk membentuk jiwa yang kuat salah satu pendukungnya adalah tubuh yang sehat.

Tubuh yang sehat diperoleh salah satunya dari pola makan dan minum yang baik. Makanan dan minuman yang menjadi asupan kita selama ini memang sebaiknya tidak sembarangan.

Selain makanan, minuman juga menjadi salah satu sumber nutrisi penting. Hal ini erat kaitannya dengan cairan yang dibutuhkan tubuh. Penting untuk menjaga tubuh tetap terhindar dari kekurangan cairan untuk mencegah dehidrasi.

Sebelum memulai hari ada baiknya perhatikan jenis minuman apa yang kita konsumsi di awal hari. Beberapa orang mungkin terbiasa untuk mengonsumsi kopi ataupun teh sebagai minuman pembukanya di pagi hari. Ada juga yang memilih air putih atau bahkan susu.

Tapi tahukah Anda jika minuman di awal hari tidak sebatas kopi, teh, susu dan air putih ? Dilansir dari liputan6.com, berikut ini lima minuman yang baik untuk tubuh Anda yang dapat dijadikan alternatif asupan untuk mengawali hari yang produktif.

Air Lemon

Jika Anda tak bermasalah dengan asam lambung, ada baiknya Anda mencoba untuk meminum air lemon. Tambahkan perasan air jeruk lemon secukupnya dalam air hangat yang telah Anda siapkan.

Menurut alodokter.com, lemon diketahui kaya akan vitamin C. Lemon juga mengandung zat kimia yang baik untuk kesehatan seperti flavonoid, polifenol, karotenoid dan terpenoid.

Lemon dipercaya dapat menurunkan berat badan, mengurangi kerutan pada kulit, mencegah sembelit, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah batu ginjal, serta mencegah penyakit kardiovaskular dan stroke.

Namun ada baiknya gunakan sedotan saat mengonsumsi air lemon dan berkumur dengan air putih setelahnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah menempelnya asama sitrat yang dapat mengikis enamel gigi pada permukaan gigi.

Air Kelapa

Mengawali hari dengan minum air kelapa ? Kenapa tidak. Faktanya air kelapa mengandung banyak manfaat untuk tubuh. Dilansir dari liputan6.com, air kelapa membantu mengatasi keluhan pencernaan seperti muntah, mual dan diare.

Air kelapa juga membantu mengendalikan tekanan darah tinggi. Berdasarkan penelitian yang dimuat West Indian Medical Journal, penderita tekanan darah tinggi yang mengonsumsi air kelapa secara rutin menunjukkan tekanan darah mereka menurun secara rata – rata.

Air kelapa juga baik untuk kesehatan kulit dengan membantu menghidrasi kulit serta melindungi dan menjaga elastisitas kulit.

Air Jahe

Tidak sulit membuat air jahe. Cukup campurkan jahe segar yang telah digeprek sebelumnya ke dalam segelas air panas atau untuk lebih mudahnya rebus jahe yang telah diparut bersama air kemudian saring sebelum diminum.

Air jahe memiliki beragam manfaat diantaranya adalah mengurangi reaksi alergi, menurunkan berat badan, meredakan nyeri haid, meredakan nyeri sendi dan otot, dan mencegah risiko penyakit jantung.

Jus Jeruk Segar

Sama halnya dengan air lemon, jus jeruk segar juga dapat menjadi  pilihan minuman untuk mengawali hari. Namun perlu diperhatikan bagi yang menderita gangguan asam lambung ataupun perut yang sensitif. Mengonsumsi jus jeruk segar juga sebaiknya jangan dilakukan saat perut masih dalam keadaan kosong.

Jus Sayur

Selain buah, sayur juga dapat dibuat jus. Manfaatnya pun tak kalah. Anda dapat mencampur wortel dengan sayuran hijau lainnya seperti bayam dan buah bit untuk mendapatkan segelas jus sayur penyemangat hari Anda.

You may also like