6 Cara Mengolah Daun Kelor Menjadi Teh dan Berbagai Manfaatnya

4889

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan daun kelor. Meskipun sudah banyak yang tahu tetapi mungkin tidak banyak yang tahu jika daun kelor ini memiliki banyak sekali manfaat. Daun kelor bisa dibilang merupakan tanaman apotik hidup. Di dalam daun kelor terdapat kandungan senyawa – senyawa yang dapat menutrisi tubuh. Di dalam daun kelor juga terdapat kandungan senyawa yang berfungsi sebagai anti oksidan yang berguna untuk melakukan detoksifikasi dan juga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Salah satu cara untuk mendapatkan khasiat daun kelor ini dengan maksimal adalah dengan mengolah daun kelor ini menjadi teh supaya mudah mengkonsumsinya. Cara mengolah daun kelor menjadi teh ini bisa dikatakan mudah. Kita pun bisa melakukan nya sendiri di rumah. Adapun cara mengolah daun kelor menjadi teh adalah :

  1. Kumpulkan daun kelor yang masih segar. Memetik daun kelor tidak lah sulit dan tidak memerlukan alat khusus untuk memetik daun kelor ini. Pilih daun kelor yang masih muda. Cara paling mudah untuk mengetahui daun kelor itu mudah atau tidak adalah dengan melihat warna daunnya. Daun kelor yang masih muda memiliki warna hijau sedikit kekuning – kuningan.
  2. Tempatkan daun kelor yang sudah dipetik tadi ke dalam wadah bersih yang sudah disiapkan. Rendam daun kelor tersebut sekaligus bersihkan daun kelor tadi dari kotoran yang mungkin saja menempel pada daun kelor.
  3. Setelah dibersihkan, keringkan daun kelor. Untuk proses pengeringan ini kita bisa menjemur daun kelor tersebut. Simpan daun kelor di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari secara langsung bisa menghilangkan kandungan gizi yang bermanfaat yang ada pada daun kelor. Keringkan sampai daun kelor benar – benar kering dan menjadi seperti layu sehingga mudah untuk dihancurkan.
  4. Setelah kering, kita bisa menghancurkan daun kelor tersebut dengan menumbuk nya sampai halus.
  5. Setelah itu, simpan daun kelor yang sudah dihaluskan diatas sebuah wadah lalu simpan di tempat yang sejuk. hal ini bertujuan untuk menghilankan enzim oksidatif, mencegah daun kelor menjadi cepat busuk dan juga menghentikan pertumbuhan jamur.
  6. Setelah semua proses itu maka teh daun kelor pun sudah siap. Cukup dengan menambah dengan air panas maka teh daun kelor pun sudah bisa kita nikmati dan rasakan manfaatnya. Jika ingin menambah rasa manis maka anda bisa menambahkan gula ataupun madu ke dalam teh anda.

Itu lah cara mengolah daun kelor menjadi teh supaya anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan mudah. Selain itu, menyimpan teh daun kelor pun tidak lah sulit. Anda hanya perlu menyimpan teh daun kelor tersebut ke dalam wadah dan pastikan tertutup dengan rapat untuk meminimalkan oksidasi dan juga mencegah membusuknya teh dengan cepat. Selain itu menyimpan teh daun kelor pada tempat yang tertutup rapat juga bisa mempertahankan rasa teh tersebut.

Mengkonsumsi teh daun kelor sangatlah disarankan karena banyak nya kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Daun kelor mengandung nutrisi seperti protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, dan kandungan gizi lainnya. Selain itu hal yang penting juga adalah kandungan kalsium dalam daun kelor setara dengan 4 gelas susu dan juga kandungan protein di dalamnya setara dengan 2 yoghurt.

Adapaun manfaat dari mengkonsumsi teh daun kelor diantaranya adalah :

  • Menjaga berat badan. Dengan mengkonsumsi daun kelor kita bisa menjaga berat badan. Daun kelor bisa membantu metabolisme tubuh dan juga membakar kalori dengan lebih cepat
  • Mengkonsumsi teh daun kelor di pagi hari bisa menjadi salah satu sumber energi bagi anda
  • Mengkonsumsi daun kelor bisa membantu kerja dari sistem pencernaan
  • Membantu fungsi ginjal dan hati dalam proses ekskresi
  • Mengkonsumsi teh daun kelor bisa mencegah terjadinya kerusakan pada organ jantung
  • Mengkonsumsi daun kelor juga sangat baik untuk mencegah terjadinya kanker. Daun kelor bisa mencegah pertumbuhan dari sel – sel kanker dan mencegah sel kanker melakukan reproduksi.
  • Mengkonsumsi teh daun kelor merupakan salah satu cara mengobati diabetes dengan daun kelor . Hal ini karena di dalam daun kelor terdapat kandungan yang bisa membantu produksi dari insulin
  • Mengkonsumsi daun kelor juga bisa membantu mengurangi rasa sakit akibat radang arthritis.

Selain itu di dalam daun kelor juga mengandung flavonoid, karatenoid, dan asam askorbat. Hal ini membuat daun kelor menjadi anti jamur, anti mikroba, anti tumor, dan anti implamasi. Kandungan lain di dalam daun kelor adalah polifenol yang bisa menurunkan kadar kolesterol LDL dan menghambat pembentukan bekuan darah yang tidak normal yang bisa menyebabkan serangan jantung. . Cara mengolah daun kelor untuk kolesterol pun tidak lah sulit. Hal yang harus diperhatikan adalah daun kelor ini sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil untuk menghindari efek samping daun kelor yang tidak baik.

 

Itulah cara mengolah daun kelor menjadi teh dan juga beberapa manfaat dari mengkonsumsi daun kelor. Selain dibuat teh, manfaat daun kelor juga bisa didapat dengan cara membuat jus daun kelor.