6 Cara Mengobati Diabetes dengan Daun Kelor Secara Alami

Diabetes adalah suatu penyakit yang diakibatkan oleh tubuh yang tidak dapat menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah) atau insulin yang dihasilkan tidak mencukupi dan tidak bekerja dengan baik. Hal inilah yang menyebabkan gula darah meningkat saat diperiksa.

Beberapa gejala diabetes tipe 1 dan tipe 2 meliputi seringnya merasa haus, sering buang air kecil terutama pada malam hari, rasa lapar yang ekstrem, juga menurunnya berat badan tanpa sebab yang jelas. Selain itu juga ditandai dengan berkurangnya massa otot serta terdapat keton dalam air seni, yaitu produk sampingan dari metabolisme otot dan lemak yang terjadi ketika produksi insulin tidak cukup.

Keluhan lain yang biasa muncul yaiu kelelahan, pandangan mata kabur, luka lama sembuh, serta sering mengalami infeksi, misalnya pada gusi, kulit, vagina, atau saluran kemih. Tanaman kelor yang bernama latin moringa oleifera adalah tumbuhan dari suku Moringaceae yang memiliki tingkat batang sekitar 7 sampai 11 meter dengan bunga berwarna putih kekuningan. Tanaman ini bisa tumbuh subur di mana saja tanpa perawatan khusus sehingga mudah ditemukan.

Nah, ternyata daun kelor ini memiliki khasiat yang baik bagi penderita diabetes karena kandungan yang ada di dalamnya dipercaya mampu mengurangi kadar gula dalam darah. Selain itu daun kelor juga bisa dijadikan sebagai insulin alami bagi tubuh. Jadi, bagi Anda yang tidak menderita penyakit diabetes juga bisa mencegahnya dengan mengonsumsi sayur daun kelor secara rutin.

Daun kelor memiliki sifat antidiabetes karena mengandung zat seng atau sejenis mineral yang sangat diperlukan dalam produksi insulin. Para peneliti telah mendapatkan hasil bahwa penderita diabetes yang mengonsumsi daun kelor secara rutin akan memiliki kadar gula lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Cara membuat ramuan dari daun kelor ini harus Anda ketahui karena sampai saat ini masih jarang yang menjual ramuan dari daun kelor. Cara pembuatannya pun cukup mudah dan sederhana serta bisa Anda buat sendiri di rumah. Berikut ini cara mengobati diabetes dengan daun kelor.

  1. Siapkan 10 -15 gram daun kelor atau segenggam tangan.
  2. Cuci daun kelor sampai bersih, tapi jangan diremas agar daun kelor tetap segar.
  3. Rebus daun kelor, kalau bisa menggunakan alat yang terbuat dari gerabah.
  4. Masukkan bersama dengan 3 gelas air dan tunggu hingga mendidih, sampai air menyusut menjadi 1 gelas.
  5. Kemudian ulangi satu kali lagi pada sisa rebusan kedua, perebusan dilakukan berulang agar senyawa yang terkandung dalam bahan herbal seluruhnya larut dalam air.
  6. Setelah matang kemudian angkat dan saring, tunggu sampai hangat dan setelah itu minumlah secara rutin 3 kali sehari masing-masing satu gelas. Lakukan hingga 2-4 minggu.

Biasanya, berdasarkan pengalaman seorang pasien diabetes, sepekan pertama mengonsumsi rebusan daun kelor membuat badan terasa lebih bugar. Lelah dan lemas menghilang, badan pun terasa lebih ringan. Sebulan rutin meminum air rebusan daun kelor, hasilnya kadar gula darah menurun. Pada bulan-bulan berikutnya pasien bisa mengonsumsi 2 kapsul ekstraks daun kelor 3 kali sehari.

Selain itu, penderita diabetes juga disarankan untuk rutin memeriksakan kadar gula darah setiap bulannya. Juga dibarengi dengan menjalankan gaya hidup sehat seperti meninggalkan kebiasaan meminum teh manis dengan gula biasa. Selalu gunakan gula khusus bagi penderita diabetes. Serta olahraga secara rutin pun perlu dijalani agar tetap sehat.

, ,
Oleh :
Kategori : Diabetes