Kalticol – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

55

Kalticol merupakan merek obat berbentuk kapsul dan suspense yang diberikan sebagai resep dokter, untuk membantu mengatasi penyakit seperti demam tiroid, meningitis, gonorhoe hingga tifus atau paratifoid. Beberapa kondisi kesehatan tersebut umumnya disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh sehingga menyebabkan infeksi.

Beberapa keluhan penyakit karena infeksi tersebut, dapat dialami oleh pasien dewasa maupun pasien anak-anak. Obat yang termasuk golongan antibiotic ini biasanya akan diberikan pada pasien dewasa dan anak berdasarkan resep dokter dan keluhan yang diderita. Obat merek kalticol ini diproduksi oleh pabrik farmasi Kalbe Pharma.

Kandungan Kalticol

Obat merek kalticol ini tentunya memiliki kandungan zat aktif khusus yaitu Thiampulhenicol. Zat aktif yang juga disebut Thiamphenicol ini tentunya memiliki spectrum luas yang memiliki kinerja untuk membunuh bakteri yang menjadi penyebab infeksi seperti pada penyebab demam tifoid dan menghambat sintesis protein bakteri reversibel. Kinerja zat aktif ini sebenarnya hampir sama dengan jenis antibiotic chloramphenicol, yang juga sama-sama memiliki aktifitas spectrum yang luas.

Fungsi Kalticol

Obat merek kalticol dengan kandungan thiamphenicol ini memiliki fungsi utama sebagai obat antibiotic resep dokter, untuk membantu meredakan infeksi bakteri yang dialami pasien. Beberapa keluhan infeksi bakteri yang biasanya dikeluhkan seperti tifus karena penyebab tifus , gonorhoe, demam tifoid, paratifoid, meningitis, pneomoniae, ISPA dan influenza atau flu.

Dosis Kalticol

Dosis merupakan suatu takaran yang tepat yang dianjurkan dokter atau yang tertera dalam kemasan, untuk diikuti pasien dengan keluhan sakit tertentu. Khusus untuk obat merek kalticol ini, dosisnya ditentukan berdasarkan jenis dan tingkat keparahan infeksi yang dialami pasien seperti bahaya tifus. Adapun dosis yang tepat untuk penggunaan kalticol ini sebagai berikut:

  • Untuk Dewasa

Pasien dewasa yang mengalami keluhan penyakit karena infeksi bakteri, diberikan dosis untuk sehari, sebanyak 3 hingga 4 kali dengan takaran 500 mg

  • Untuk Anak

Dosis diberikan sebanyak 20 hingga 30 mg/kg/hari, serta diberikan dalam dosis yang terbagi setiap 6 hingga 8 jam.

Cara Penggunaan Kalticol

  1. Obat merek kalticol, baik yang berbentuk kapsul dan suspense ini, sebaiknya dikonsumsi pasien dengan gejala tipes dan keluhan penyakit tertentu, sesuai dengan anjuran dokter.
  2. Usahakan Anda mengkonsumsi obat kalticol ini pada jam yang sama di setiap harinya, agar efek maksimal obat bisa didapatkan.
  3. Obat kapsul kalticol dapat langsung diminum dengan  air putih.
  4. Jangan lupa untuk menyimpan obat merek kalticol ini di tempat yang tertutup dan tidak langsung tersinari oleh matahari.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Sebelum mengkonsumsi obat merek Kalticol, agar mendapatkan manfaat yang maksimal dari obat merek kalticol ini, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal penting berikut ini:

  • Pasien dengan risiko penyakit anemia aplastic, sebaiknya berhati-hati terhadap kandungan thiamphenicol, agar tidak mengganggu kesehatan
  • Untuk pasien yang menggunakan kalticol suspensi, dalam bentuk sirup kering dan sudah dilarutkan, harus digunakan dalam waktu 1 bulan
  • Alergi dan kondisi kontraindikasi bisa muncul, maka bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit tertentu, atau alergi kandungan dalam kalticol, segera berkonsultasi ke dokter terlebih dulu

Kalticol untuk Wanita Hamil

Merek obat kalticol yang berfungsi sebagai penghambat bakteri penyebab infeksi pada penyakit tertentu, juga bisa saja dikonsumsi oleh wanita hamil yang memiliki ciri-ciri tipes. Pasalnya, penyakit demam, tifus dan meningitis bisa diderita siapa saja, termasuk wanita hamil. Namun, sebelum mengkonsumsi obat merek kalticol, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter bersangkutan.