Home Merk Obat A-ZMerk Obat I Indoson – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

Indoson – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

by Robi Diansah

Indoson merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi berbagai masalah seperti gatal, wasir, nyeri dubur, dan kondisi-kondisi lainnya yang tentu sangat mengganggu jika tidak segera diobati. Selain itu, Indoson juga digunakan sebagai obat untuk mengobati berbagai macam penyakit infeksi yang mana penyebabnya adalah karena bakteri.

Dengan kata lain, Indoson  juga merupakan obat anti bakteri. Di dalam Indoson, terkandung zat aktif yaitu hidrokortison dan juga kloramfenikol yang mana ia termasuk ke dalam zat untuk pengobatan penyakit kulit. Bagi anda yang ingin mendapatkan Indoson, maka segeralah anda pergi ke dokter karena obat ini termasuk ke dalam obat resep.

Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut seputar indikasi dan dosis Indoson, maka silahkan anda simak baik-baik penjelasan yang akan kami berikan di bawah ini:

Fungsi Indoson

  1. Indoson merupakan obat yang digunakan sebagai pengobatan wasir dan juga nyeri pada area dubur.
  2. Indoson juga digunakan sebagai obat untuk mengatasi gatal yang terdapat di area rektum maupun juga anus.
  3. Indikasi yang juga terkandung di dalam Indoson adalah sebagai obat untuk mengatasi masalah usus maupun juga kolera.
  4. Demam tifoid, infeksi mata, maupun juga infeksi telinga juga merupakan beberapa indikasi yang terdapat di dalam Indoson.
  5. Sementara untuk pengobatan penyakit parah, Indoson ternyata mampu sebagai obat untuk mengatasi diare berdarah maupun infeksi bakteri parah lainnya.

Kontraindikasi Indoson

  • Indoson disarankan untuk tidak diberikan kepada seseorang yang memiliki alergi terhadap kandungan yang terdapat pada Indoson.
  • Bagi seseorang yang memiliki riwayat hipersensitivitas terhadap obat anti bakteri sebaiknya tidak menggunakan obat ini, kecuali jika dokter memberikan saran yang berbeda.
  • Sementara penggunaan Indoson bagi ibu hamil maupun menyusui harus mendapatkan persetujuan dari dokter. Dokter akan memberikan penjelasan mengenai keamanan dari Indoson.

Dosis Indoson

Setelah mengetahui indikasi dari Indoson, maka silahkan anda simak baik-baik penjelasan seputar dosis yang harus anda gunakan. Ingat, meskipun obat ini berbentuk krim, namun bukan berarti anda boleh menggunakannya secara sembarangan.

Untuk pemakaian secara umum adalah sebanyak 3 kali dalam sehari. Sementara untuk infeksi yang parah, pemberian Indoson juga bisa sebanyak 4 kali dalam sehari. Oleskan hanya kepada area yang memiliki masalah. Oleskan secukupnya agar nantinya pengobatan yang anda jalani bisa memberikan hasil yang maksimal demi kesembuhan yang anda inginkan.

Cara Penggunaan Indoson

  1. Anda harus selalu menggunakan Indoson sesuai dengan penjelasan yang diberikan oleh dokter.
  2. Anda tidak dianjurkan mengoleskan Indoson secara berlebihan, meskipun kepada daerah yang mengalami masalah, seperti nyeri dubur atau gatal pada area dubur.
  3. Jangan mengoleskan Indoson ke bagian kulit yang terdapat luka yang belum kering.
  4. Hindari penggunaan Indoson di tempat-tempat sensitif, seperti mata atau juga hidung.
  5. Jika selama pengobatan menggunakan Indoson ternyat anda mengalami iritasi atau juga dermatitis, maka segelah untuk menghubungi dokter.

Cara Penyimpanan Indoson

  1. Anda harus selalu menyimpan Indoson di tempat yang sejuk.
  2. Jangan menyimpan Indoson di tempat yang bisa dijangkau anak anda.
  3. Ketika selesai menggunakan Indoson, maka anda harus menutupnya dengan rapat.
  4. Selain itu, jangan meletakkan Indoson di tempat yang bisa terken sinar matahari secara langsung.

Interaksi Indoson

Obat ini diketahui akan berinteraksi jika digunakan bersamaan dengan:

  1. Amoxicillin
  2. Bacampicillin
  3. Ascorbic Acid
  4. Chlorpropamide
  5. Carbenicillin
  6. Benzathine Penicillin
  7. Chymotrypsin
  8. Ampicillin
  9. Carbamazepine

Demikian penjelasan yang bisa kami berikan mengenai Indoson. Semoga informasi ini bermanfaat.

You may also like