KA-EN 4A – Obat Apa – Fungsi – Dosis Dan Cara Penggunaan

68

KA – EN 4A dikenal sebagai obat dalam bentuk infus, berupa suplay cairan dan elektrolit yang digunakan untuk anak-anak balita dibawah usia 3 tahun dan anak bayi. Infusan ini dikemas dalam botol plastic seperti infus pada umumnya, dengan volume 500 mL. Infusan ini umumnya diberikan sesuai dengan resep dokter.

Anak bayi dan balita yang sakit dan harus dirawat di rumah sakit, juga diberikan infus sebagai asupan makanan  dan mengenal daftar camilan sehat untuk anak anak dan manfaatnya terhadap penyakit, agar kondisi bayi dan balita menjadi tetap prima. Obat infus dengan merek KA EN 4A ini diproduksi oleh Otsuka Indonesia.

Kandungan KA EN 4A

Infusan merek KA EN 4A yang digunakan untuk obat infus pasien bayi dan balita ini, tentunya memiliki kandungan zat aktif khusus di dalamnya. Dilansir dari halodoc, kandungan KA EN 4A ini terdiri dari zat-zat seperti natrium 30 mEq, chloride 20 mEq, lactate 10 mEq dan glucose 40 mg. Keseluruhan zat aktif ini memiliki kinerja untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang karena suatu penyakit.

Selain itu, infus juga dapat menjadi pengganti asupan makanan tambahan agar mempercepat proses penyembuhan dan terhindari dari 30 jenis penyakit menular penyebab dan pencegahannya dengan tepat.

Fungsi KA EN 4A

  1. Cairan infus merek KA EN 4A tentunya memiliki fungsi yang sangat bermanfaat untuk pasien bayi dan balita, yaitu sebagai pengganti cairan tubuh.
  2. Kandungan elektrolit dalam infusan ini, berfungsi untuk mengganti cairan yang keluar karena penyakit atau sakit yang diderita pasien.
  3. KA EN 4A juga berfungsi untuk asupan makanan tambahan ketika pasien bayi dan anak sedang diopname dan sebagai perantara pemberian obat.

Dosis KA EN 4A

Obat infus biasanya diberikan sesuai dengan resep dan anjuran dari dokter. Begitu juga dengan infusan merek KA EN 4A ini. Dosis yang diberikan umumnya disesuaikan dengan kondisi penyakit, umur bayi dan balita yang menjadi pasien, serta berat badanya. Ketahui juga jika anak telat bicara ini dia 8 tips mengatasinya, lalu sebaiknya jangan gunakan infusan ini tanpa resep dokter, untuk menghindari kontraindikasi yang tidak diinginkan.

Cara Penggunaan KA EN 4A

  • Infusan KA EN 4A ini sebelumnya disiapkan terlebih dulu, berdasarkan anjuran dan dosis dari dokter. Adapun cara penggunaan infus, sama seperti jenis infus lainya dimana ada tahap persiapan.
  • Setelah pasien anak bayi dan balita diberitahukan pada orang tuanya akan diinfus karena demam naik turun misalnya, maka cairan infus disiapkan.
  • Tenaga medis akan memasang infus dalam kondisi yang steril. Mengisi selang infus, lalu membuka plastic infus dan menset nya dengan benar.
  • Posisi cairan infus mengarah ke atas dan digantung. Setelah tourniquet dan jarum di set, maka jarum akan ditusukan pada vena pasien yang telah dipilih.

Kontraindikasi KA EN 4A

Kontraindikasi yang bisa terjadi dari penggunaan infus KA EN 4A seperti penyakit hati dan sindrom malabsorpsi glukosa. Anda juga perlu ketahui 5 hal ini dapat membuat bayi dalam perut happy dan sehat, sehingga terhindar dari penyakit.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Sebelum menggunakan infus merek KA EN 4A, perhatikan dan waspadai 5 efek radiasi hp pada bayi dan intip tips menghindarinya serta beberapa hal seperti pasien dengan gagal jantung kongestif, gangguan fungsi ginjal, edema perifer, sepsis berat , sebaiknya tidak dulu diberikan obat infus.

KA EN 4A untuk Wanita Hamil

Seperti telah disebutkan sebelumnya, bahwa infusan KA EN 4A ini adalah infus yang umumnya diberikan untuk pasien bayi dan anak. Maka pasien dalam kondisi hamil, sebaiknya menggunakan infusan merek lainya, sesuai dengan resep dokter. Infusan KA EN 4A mungkin kurang bermanfaat untuk wanita hamil.