Home Merk Obat A-ZMerk Obat F Folda – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

Folda – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

by Robi Diansah

Bagi ibu hamil salah satu kewajiban yang harus dilakukan adalah menjaga kesehatan dirinya dan janin. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga kondisi nya adalah dengan mengkonsumsi multivitamin. Salah satu multivitamin yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil adalah folda. Folda merupakan multivitamin yang biasa digunakan oleh ibu hamil untuk mengatasi kebutuhan nya akan asam folat.

Folda sendiri merupakan jenis multivitamin yang di dalamnya terdapat kandungan asam folat, DHA, dan juga vitamin B kompleks. Kandungan utama dalam folda ini sebenarnya adalah asam folat. Seperti kita tahu asam folat merupakan zat yang sangat penting bagi ibu ketika dalam masa kehamilan. Asam folat memiliki beberapa kegunaan yang penting bagi ibu hamil seperti mencegah penyakit cacat pada saat bayi lahir, memiliki peran penting dalam proses tumbuh dan kembangnya janin, dan juga mencegah terjadinya gejala anemia.

Fungsi

Mengkonsumsi folda bagi ibu hamil memang memiliki banyak sekali fungsi dan manfaat. Adapun fungsi dari mengkongsumsi folda tersebut diantaranya adalah :

  1. Mencegah munculnya anemia
    Dengan mengkonsumsi folda yang mengandung asam folat dan juga vitamin B12 maka hal ini akan membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Produksi sel darah merah yang cukup maka akan melindungi tubuh dari resiko terkena penyakit anemia. Seperti kita tahu apabila dalam kondisi hamil maka ibu hamil akan membutuhkan jumlah sel darah merah yang lebih banyak dalam kondisi normal. Jika kebutuhan sel darah merah tidak terpenuhi maka akan menyebabkan jumlah hemoglobin pengakngkut oksigen menjadi berkurang. Ciri – ciri kekurangan sel darah merah yang paling mudah terlihat adalah ibu hamil menjadi lebih mudah lelah dan letih.
  2. Berfungsi untuk pembentukan DNA
    Mengkonsumsi folda bagi ibu hamil juga akan membantu dalam pembentukan fungsi syaraf dan juga membantu pembentukan DNA bagi janin. Lebih jauh hal ini akan membantu janin untuk terhindar dari berbagai penyakit menular. Mengkonsumsi folda yang memiliki kandungan asam folat juga akan berfungsi untuk membantu proses tubuh memproduksi pirimidin dan juga purin yang merupakan bagian dasar dari DNA
  3. Mencegah keguguran
    Hal penting lainnya yang didapat dari mengkonsumsi folda adalah mencegah terjadinya resiko keguguran.
  4. Melindungi cacat pada saat lahir
    Mengkonsumsi folda akan melindungi bayi dari kemungkinan cacat pada saat lahit. Kekurangan asam folat beresiko membuat bayi mengalami cacat pada tabung syaraf, kerusakan langit mulut, ataupun kerusakan jaringan otak.

Efek samping folda

Meskipun memiliki banyak manfaat, mengkonsumsi folda terlalu banyak juga akan menimbulkan efek samping yang tidak baik bagi tubuh. Beberapa efek samping yang akan muncul ketika terlalu banyak mengkonsumsi folda diantaranya adalah

  1. Menimbulkan rasa sakit perut. Mengkonsumsi folda secara berlebihan biasanya akan menyebabkan munculnya rasa tidak nyaman pada bagian perut.
  2. Menimbulkan rasa kembung, mual, rasa ingin muntah, dan juga diare.
  3. Dalam beberapa kasus, konsumsi folda berlebihan juga akan menimbulkan rasa gelisah dan panik yang berlebihan.
  4. Mengkonsumsi folda secara berlebihan dan juga tidak sesuai dosis beresiko membuat susah tidur dan menimbulkan penyakit akibat insomnia lainnya
  5. Konsumsi folda secara berlebihan bagi sebagian orang bisa berpengaruh kepada menurunya nafsu makan. Hal ini akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih mudah lemas.

Dosis folda

Sebetulnya secara umum dosis folda yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil adalah antara 600 mcg sampai dengan 1000 mcg per hari. Namun untuk mendapatkan dosis yang pas dan sesuai maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan.

You may also like