Simak! Ini Manfaat dan Efek Samping Nanas, Tanaman Bromeliad yang Bisa Dimakan

189

Nanas menjadi buah yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Buah ini mudah ditemukan saat musim panas dan rasa segarnya bisa menghilangkan haus seketika. Ternyata buah nanas menjadi satu-satunya keluarga bromeliad yang menghasilkan buah yang bisa dimakan manusia. Buah nanas memiliki rasa yang sangat manis dan terkenal dengan kalorinya yang rendah. Agar lebih jelas lagi, berikut kami ungkapkan mengenai manfaat dan efek samping nanas.

Kandungan Nutrisi Penting

Dilansir dari Departemen Pertanian Amerika Serikat, berikut ini kandungan nutrisi yang ditemukan dalam buah nanas.

Ukuran penyajian : 165 gram

  1. Kalori : 74
  2. Lemak total : 0 gram
  3. Kolesterol : 0 gram
  4. Sodium : 2 mg
  5. Kalium : 206 mg
  6. Total karbohidrat : 19.5 gram
  7. Gula : 13.7 gram
  8. Protein : 1 gram
  9. Vitamin C : 28 mg
  10. Kalsium : 21 mg.

Manfaat

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Nyeri Sendi

Buah nanas kaya dengan vitamin C yang bisa bertindak sebagai sumber antioksidan. Vitamin C ini terbukti bisa melawan kerusakan sel dalam tubuh yang bisa menyebabkan kanker dan tumor. Kemudian vitamin C juga penting untuk melawan penyakit jantung dan nyeri sendi. Kandungan mineral dan kombinasi vitamin C sangat penting untuk mencegah penyakit degenerasi makula pada lanjut usia.

  1. Baik untuk Tulang

Nanas mengandung mangan sebagai mineral  yang sangat penting untuk menunjang pertumbuhan dan kesehatan tulang. Kemudian mineral ini juga penting untuk memperkuat jaringan ikat yang bisa mencegah penyakit osteoporosis pada wanita yang sudah menopause.

  1. Sumber Serat

Nanas juga mengandung serat yang sangat penting untuk mendukung fungsi pencernaan. Nanas bisa membuat usus tetap sehat dan menjaga agar usus bersih dari sisa makanan yang sulit untuk dicerna. Serat sangat penting untuk Anda yang sedang diet karena itu disarankan untuk minum jus nanas secara rutin untuk menurunkan berat badan.

  1. Sumber Bromelain

Nanas sebagai sumber bromelain menjadi buah yang sangat penting untuk kesehatan. Bromelain memiliki fungsi untuk membantu memecah protein, meningkatkan proses pencernaan, dan mencegah osteoartritis. Bahkan bromelain sangat penting untuk mencegah kanker karena sifatnya yang bisa menjadi sumber proteolitik. Menurut informasi kesehatan yang dilansir dari University of Maryland Medical Center, bromelain pada buah nanas sangat penting untuk mengurangi produksi lendir pada tenggorokan dan hidung sehingga baik untuk menyembuhkan flu.

Efek Samping

  1. Tidak Nyaman pada Mulut

Nanas terdiri dari serat yang sangat lembut. Makan nanas secara berlebihan bisa menyebabkan kelembutan dan rasa tidak nyaman pada mulut, bibir, pipi dan lidah. Biasanya gejala ini akan hilang sendiri namun disarankan untuk tidak makan buah nanas terlalu banyak.

  1. Alergi

Nanas juga bisa menyebabkan alergi namun risiko ini cukup jarang terjadi. Gejala alergi yang harus diwaspadai seperti gatal-gatal, ruam, sulit bernafas dan pusing. Jika muncul gejala ini sebaiknya langsung pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

  1. Sakit Perut

Karena nanas mengandung vitamin C yang sangat tinggi, maka makan nanas terlalu banyak bisa menyebabkan sakit perut. Beberapa gangguan pencernaan ini termasuk seperti diare, mual, muntah, mulas dan nyeri.

  1. Pendarahan Mentruasi

Wanita yang sedang haid sebaiknya tidak makan nanas berlebihan. Hal ini karena nanas mengandung bromelain yang bisa memicu pendarahan menstruasi. Selain itu bisa meningkatkan risiko anemia saat sedang haid. Jadi simak sebaiknya cari tahu dulu bolehkah makan nanas saat haid?

  1. Keracunan (Nanas Mentah)

Makan nanas mentah dalam bentuk buah biasa atau jus nanas mentah ternyata sangat berbahaya. Nanas mentah bisa menyebabkan keracunan yang ditandai dengan muntah dan diare parah. Jadi disarankan untuk tidak makan nanas.

Itulah manfaat dan efek samping nanas. Karena itu jika Anda makan nanas maka konsumsi dengan baik dan hindari makan nanas yang masih belum matang.