Bioxtra – Fungsi – Obat Apa – Dosis dan Efek Samping

Obat Bioxtra merupakan jenis obat yang digunakan dalam pengobatan penyakit mulut seperti sakit pada gusi, sakit pada lidah, benjolan di gusi atas dan sangat efektif bagi pengatur micro bakteri yang terdapat di mulut dan juga biasa digunakan dalam menjaga kesehatan rongga mulut. Adapun zat aktif yang etrkandung di dalam obat bioxtra adalah xylitol, colostrum, lactoperoxidase, lactofferin, lysozyme. obat ini tersedia dalam bentuk gel, mouthspray, toth paste, mouthrinse.

Fungsi obat

Kandungan obat

  • Xylitol
  • Colostrum
  • Lactoperoxidase
  • Lactofferin
  • Lysozyme

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan obat

  1. Lakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini, hal ini bertujuan agar pasien mendaparkan manfaat obat yang lebih detail dan lebih jelas, sesuai dengan jenis penyakit.
  2. Jangan menggunakan obat ini pada anak-anak dibawah usia 6 tahun tanpa petunjuk yang diberikan oleh dokter
  3. Obat ini belum diketahui penggunaannya pada ibu hamil, untuk itu sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter
  4. Jangan menggunakan obat ini pada pasien yang memiliki riwayat penyakit alergi tertentu
  5. Simpan obat pada suhu ruang, jangan dekatkan dengan paparan sinar matahari secara langsung
  6. Jangan membuang sisa obat ke dalam toilet karena dapat mengkontaminasi lingkungan, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter dan juga apoteker untuk mendapatkan manfaat obat yang lebih detail
  7. Jauhkan obat dari jangkauan anak-anak dan juga hewan peliaraan
  8. Jangan menggunakan obat bersamaan dengan alkohol, karena dapat menimbulkan iritasi pada mulut
  9. Jangan membekukan obat tanpa adanya ijin dari dokter
  10. Belum dikaetahui penggunaan obat pada wnaita hamil, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Dosis obat

Umumnya pemberian dosis pada jenis obat biasanya dilakukan tergantung dari jenis penyakit usia dan ukuran berat badan, gunakan dosis sesuai dengan anjuran resep dari dokter atau yang tercantum di dalam kemasan, jangan sesekali menggunakan obat di luar dosis karena akan berdampak menimbulkan overdosis. untuk penggunaan dosis obat ini umumnya berbeda-beda, tergantung dari jenis sedian obat, berikut dosis yang dianjurkan:

  • Untuk bentuk gel, digunakan dengan cara dioles pada gusi ataupun lidah yang akan dilakukan perawatan, gunakan dosis kurang lebih 2 sampai dengan 3 kali dalam sehari.
  • Untuk kemasan mouthspray bisa langsung disemprotkan secara bebas pada gusi, lidah dan juga bibir
  • Untuk kemasan mouthrinse dapat digunakan sebagai obat kumur, kurang lebih 10 ml bioxtra dengan penggunaan 2 kali dalam sehari
  • Untuk kemasan model pasta gigi, digunakan sebanyak 2 kali dalam sehari.

Efek samping

Pada beberapa jenis obat biasanya dapat menimbulkan efek samping apabila digunakan tidak sesuai dengan petunjuk dan juga saran dari dokter, untuk itu sebaiknya pasien melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter agar dapat meminimalisir efek samping obat yang diberikan nantinya. sebenarnya dalam penggunaan obat bioxtra sendiri tidak menimbulkan efek samping yang serius, hanya saja, obat ini jangan diberikan pada anak-anak dibawah usia 6 tahun, untuk itu sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu mengenai penggunaan obat bioxtra untuk kesehatan mulut.


Kontraindikasi

  • Jangan memberikan obat ini pada pasien yang memiliki hipersnsitivitas terhadap kandungan yang etrdapat di dalam obat bioxtra seperti xylitol, colostrum, lactoperoxidase, lactofferin, lysozyme. obat ini tersedia dalam bentuk gel, mouthspray, toth paste, mouthrinse.
  • Jangan menggunakan obat pada pasien dibawah umur
  • obat ini tidak disarankan penggunaannya pada wanita hamil
  • Jangan menggunakan obat bersamaan dengan alkohol. penyalahgunaan alkohol dapat emnimbulkan efek samping yang merugikan.
  • penggunaan jangka panjang tanpa terkontrol dapat meningkatkan efek radang tenggorokan

, , , , , , , , , , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup