Aafact – Obat Apa, Fungsi Obat, Dosis, Efek Samping Dan Kontraindikasi

631

Dunia medis sangat berperan penting membantu kehidupan umat manusia. Seiring perubahan jaman yang semakin maju , semakin meningkat pula perkembangan dunia medis menciptakan berbagai jenis obat yang baru. penyakit yang sebelumnya belum ada obatnya kini makin terbantu dengan canggihnya perkembangan dunia medis menciptakan obat-obat baru yang efektif menyembuhkan penyakit. Banyak diantara kita pasti sudah familiar dengan nama-nama dan jenis obat di dunia kesehatan seperti aspirin,paracetamol,amoxicillin dan nama obat lainnya. Namun apakah kamu pernah mendengar obat Aafact?. jika masih asing terdengar di telinga, nyatanya Aafact kerap digunakan di dunia kedokteran dan sangat memiliki peran penting dalam penyembuhan tubuh. berikut fakta menarik penjelasannya.

Apa itu aafact dan fungsinya ?

Aafact disebut juga faktor VIII (Factor VIII), obat yang digunakan untuk menghentikan pendarahan hebat pada pasien sehingga luka cepat tertutup. Aafact sering digunakan pada penyembuhan luka pada tubuh seseorang yang mengalami penyakit kelainan darah , yaitu sel darah sulit melakukan reaksi pembekuan darah ketika terjadinya luka seperti seharusnya tubuh pada manusia umumnya darah segera melakukan jaring-jaring fibrin untuk menutupi luka . Penyakit yang sulit melakukan pembebekuan darah tersebut terjadi pada penderita penyakit Hemofilia A (haemophilia A) dan penyakit Von willebrand.

Awalnya terciptanya Aafact adalah ketika dunia medis masih menggunakan terapi suntikan plasma dimasukan kedalam aliran darah ke tubuh pasien hemophilia A dalam terapi pengobatan. karena dampak pengobatan tersebut banyak menyebabkan pasien terkena hiv/aids dan hepatitis karena terapi suntikan plasma tersebut, maka diciptakanlah obat Aafact, yang makin dikembangkan pemurnian zat komposisinya oleh dunia farmasi sehingga kegunaannya semakin meluas untuk berbagai jenis tindakan medis yang mengarah pada pendarahan.

  • Komposisi Aafact

Aafact memiliki kandungan yang terbuat dari sel plasma darah manusia yang telah di sterilkan dan diproses menjadi bubuk steril dan dicampur dengan zat kandungan obat lainnya.

  • Indikasi Aafact 

Aafact diberikan kepada penderita penyakit hemofilia A (haemophilia A) . Selain digunakan untuk jenis penyakit tersebut, obat Aafact juga digunakan untuk menghentikan pendarahan pasien pada kasus medis seperti proses melahirkan,sunat alat kelamin,pasca operasi yang terus menerus mengeluarkan darah, dan penanganan medis lainnya yang berhubungan dengan pasca traumatic pada tubuh pasien yang secara terus menerus mengeluarkan darah dan sulit dihentikan

  • Kontraindikasi Aafact

Apabila menimbulkan reaksi buruk pada tubuh pasien saat penggunaan obat Aafact yang diberikan bersamaan dengan obat lainnya ,maka dokter akan segera menghentikan pemberian obat Aafact tersebut. Aafact tidak disarankan penggunaannya pada ibu hamil karena menghindari dampak pada janin. Namun laporan data pada penggunaan ibu hamil masih belum terbukti kuat fakta dampak buruknya untuk janin dan ibu hamil itu sendiri.

  • Cara penggunaan Aafact

cara penggunaan obat Aafact, bubuk obat Aafact bisa dicampurkan pada cairan infusan atau larutkan dalam cairan khusus untuk injeksi yang kemudian disuntukan secara perlahan ke tubuh, penggunaan cara disuntuk harus sesuai instruksi dokter yang menangani. Reaksi obat tergantung dosis dan tubuh bereaksi menanggapinya. baca baik-baik petunjuk mulai dari cara persiapan,penggunaan, penyimpanan hingga membuang jarum habis pakai dengan aman. jika ada pertanyaan sangat disarankan menghubungi dokter atau layanan kesehatan tempat pasien berobat.

  • Dosis Aafact

Aafact tersedia dua dalam dosis yaitu : 500 IU dan 1000 IU, dengan harga :

  • 5 mL x 1’s (Rp2,608,000/vial) dosis  500 IU
  • 10 mL x 1’s (Rp5,196,000/vial) dosis 1000 IU

Takaran pemberian dosis yang dibutuhkan seorang pasien adalah = berat badan (kg) x faktor yang diinginkan VIII naik (%) (IU / dl) x 0,5. Untuk jangka panjang profilaksis terhadap pendarahan pada pasien haemophilia berat, dosis yang biasa diberikan adalah 20 untuk 40 IU faktor viii per kg berat badan pada interval 2 sampai 3 hari .Dalam beberapa kasus terutama dalam pasien yang lebih muda , interval pemberian dosis lebih pendek atau dosis yang lebih tinggi mungkin akan diperlukan sebelum operasi. untuk penggunaan dalam tindakan operasi harus dilakukan analisa farmakokinetik terlebih dahulu agar mengetahui dosis yang di butuhkan pada setiap pasien. tingkat infus dihitung dengan cara berikut : Pembersihan x tingkat steady state yang diinginkan =tingkat infus (IU / kg / jam).

Apabila setelah pemberian pada infus 24 jam pertama, maka harus dilakukan perhitungan lagi kembali ke awal menggunakan rumus diatas. jika dalam masa tahap pemberian obat Aafact , ada jam pemberian obat Aafact yang terlewat pada jam seharusnya, maka dilarang melakukan penambahan dosis yang sudah terlewat kedalam jatah dosis pemberian obat pada jam berikutnya. lanjutkan saja jadwal minum obat sesuai dosis yang sudah di tentukan oleh dokter dari awal.

  • Efek Samping Aafact

Tiada gading yang tak retak, setiap kelebihan pasti memiliki kekurangan, begitupun obat Aafact juga memiliki kekurangan yang sangat harus diperhatikan. beberapa efek samping pasien yang paling banyak dirasa pasien setelah meminum Aafact yaitu mengalami mual,pusing, pembilasan kulit atau kemerahan pada kulit, Hipersensitivitas atau reaksi alergi,kerusakan sel darah merah,sesak napas, demam, Pasien hemofilia A yang kebal terhadap efek pengaruh obat Aafact karena tubuhnya mengembangkan antibodi karena pemberian pada dosis sebelum-sebelumnya, dugaan menyebabkan gangguan pada kehamilan dan janin, rasa kantuk sehingga dokter selalu menyarankan pasien sesudah meminum obat Aafact tidak boleh berkendara selama masih dibawah pengaruh obat Aafact untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan pada pasien.

  • Pencegahan

Sebelum menggunakan obat Aafact, beritahukan pada dokter atau apoteker jika Anda memiliki suatu alergi. Produk ini mungkin mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lain . karena reaksi tanggapan obat Aafact pada setiap tubuh pasien akan berbeda-beda dampaknya. bicarakan dengan dokter secara lebih detail Sebelum menggunakan obat Aafact. dengan memeberitahu dokter anda tentang riwayat kesehatan Anda dapat memantau detak jantung Anda selama pengobatan.

Jika jantung mulai berdetak lebih cepat dianjurkan untuk menghentikan pemberian obat ini sampai jantung kembali normal dan segera hubungi dokter untuk Konsultasikan masalah tersebut lebih lanjut. Selama kehamilan, obat ini harus digunakan hanya ketika jelas dibutuhkan. Diskusikan risiko dan manfaat dengan dokter Anda

  • Penanganan

Jika mengalami efek samping dari penggunaan obat Aafact seperti overdosis. Jika terjadinya overdosis ketika melakukan penyuntikan obat Aafact sendiri dirumah, segera dilarikan kerumah sakit dengan membawa kotak pembungkus obat Aafact dan alat suntiknya agar bisa diketahui dokter setelah melihat barang bukti tesebut dapat segera menganalisa tindakan selanjutnya.

Aafact obat medis berperan sangat penting yang harus kamu ketahui faktanya sebagai berikut

  • Komposisi dalam obat Aafact berasal dari Plasma darah dari pendonor sukarela yang memenuhi persyaratan klinis.
  • Indonesia dan belanda adalah dua Negara yang menjadi penyedia para pendonor Plasma untuk komposisi kandungan Aafact
  • Pemberian dosis interval Aafact hanya bisa diberikan sesuai dengan berat tubuh masing-masing pasien. tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang
  • Indonesia negara satu-satunya menggratiskan obat Aafact oleh program BPJS dari pemerintah. Namun informasi terbaru di media belum di pastikan apakah BPJS akan menghentikan program obat Aafcat atau tetap di tanggung dalam program BPJS

Sekarang kamu bertambah lagi informasi pengetahuan dunia medis tentang mengenal obat Aafact. Jangan lupa bagikan informasi bermanfaat ini untuk banyak orang. Siapa tahu sangat berguna untuk siapa saja di kemudian hari.