Suka Makan Popcorn Saat Nonton di Bioskop? Ini Manfaat Popcorn untuk Kesehatan

70

Menonton film sambil makan popcorn ditemani keluarga atau teman dekat pasti menjadi aktifitas yang menyenangkan. Popcorn menjadi camilan yang wajib saat menonton film karena camilan yang ringan dan cukup mengenyangkan. Popcorn sendiri terbuat dari jagung yang dimasak dengan suhu panas sehingga cangkang terbuka dan isi terbuka. Karena dimasak dengan suhu khusus maka rasa popcorn gurih, kering dan lezat. Nah, ternyata Anda tidak perlu takut makan popcorn, karena ada fakta manfaat makan popcorn untuk kesehatan. Berikut faktanya.

  1. Baik untuk Pencernaan

Popcorn ternyata makanan sehat  yang mengandung nutrisi yang hampir sama seperti gandum dan nasi merah. Biji-bijian ini sangat alami sehingga mengandung serat dan bekatul. Ditambah lagi dengan mineral, vitamin E dan vitamin B kompleks. Serat yang cukup banyak dalam popcorn juga penting untuk gerakan usus halus yang bisa mencegah sembelit. Dan popcorn juga penting untuk menginduksi cairan pencernaan sehingga membuat semua bagian pencernaan lebih sehat.

  1. Menurunkan Level Kolesterol

Popcorn juga penting untuk menurunkan level kolesterol karena mengandung serat yang sangat tinggi. Kandungan serat yang cukup tinggi ini sangat penting untuk membersihkan pembuluh darah dan arteri. Bahkan sangat baik untuk menurunkan risiko penyakit jantung, stroke dan aterosklerosis. Untuk penderita gangguan irama jantung juga tidak perlu takut makan popcorn, karena ini bisa membantu membersihkan pembuluh darah yang tersumbat.

  1. Menjaga Gula Darah

Popcorn yang kaya dengan mineral dan serat juga memiliki fungsi penting untuk mengatur dan mengelola kadar gula darah dan insulin dalam tubuh. Ini sangat penting untuk penderita diabetes karena tidak perlu takut dengan kenaikan kadar gula darah. Bekatul dan serat dalam popcorn ternyata bisa membantu penderita diabetes untuk mendapatkan camilan yang sehat.

  1. Sumber Polifenol

Menurut penelitian yang dilakukan oleh ahli dari University of Scranton di Pennsylvania, Joe Vinson, Ph.D bahwa popcorn kaya dengan serat dan polifenol. Jenis polifenol ini berbeda dengan yang ditemukan pada sayuran dan buah, karena bentuknya yang cair. Sementara polifenol jagung popcorn berbentuk kering sehingga bisa diserap baik oleh tubuh. Selain itu polifenol bisa menjadi sumber antioksidan yang penuh manfaat untuk tubuh.

  1. Camilan Anti Tua

Popcorn menjadi salah satu camilan yang justru bisa mencegah penuaan dini.  Hal ini karena popcorn sangat kaya dengan polifenol yang menjadi bahan antioksidan. Berbagai masalah usia seperti kulit berkerut, muncul bintik hitam, rambut rontok, kebutaan dan otot lemah bisa diatasi dengan popcorn.

  1. Menurunkan Berat Badan

Popcorn juga sangat penting untuk membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena popcorn hanya mengandung sekitar 30 kalori saja. Namun kandungan serat yang banyak membuat Anda cepat merasa kenyang saat makan popcorn. Kemudian makan popcorn membantu menghambat proses pelepasan hormon ghrelin sehingga mengendalikan rasa lapar.

Nah itulah bukti bahwa popcorn memang menyehatkan untuk tubuh. Tapi Anda harus berhati-hati saat makan popcorn karena biasanya dimasak dengan campuran bahan penyedap, garam dan mentega. Jadi minta penjual untuk mengurangi bumbu itu atau lebih baik membuat popcorn di rumah sendiri.