Home MakananBuah Sehat Ternyata 7 Jenis Buah Ini Bijinya Kaya Manfaat, Simak Penjelasan Lengkapnya !

Ternyata 7 Jenis Buah Ini Bijinya Kaya Manfaat, Simak Penjelasan Lengkapnya !

by Lia Yuliana

Buah dan sayur yang baik untuk kesehatan dan kecantikan sangat beragam. Namun ada beberapa hal yang mungkin tidak kita ketahui mengenai beberapa hal informasi yang tersembunyi mengenai buah buahan dan sayur-sayuran. Namun pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai buah-buahan yang memiliki biji.

Terdapat banyak buah-buahan yang dapat dimakan yang memiliki biji, ketika memakan buah-buahan, biasanya kita membuang begitu saja bijinya. Padahal ternyata diketahui bahwa biji dari buah-buahan bermanfaat sekali bagi kesehatan, jadi sebaiknya jangan buang bijinya setelah kamu makan buahnya.

1. Biji Alpukat

Antioksidan sangatlah bermanfaat bagi kesehatan, yaitu berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol, mencegah penyakit jantung dan juga mencegah stroke. Biji alpukat ternyata juga mengandung antioksidan hingga 70%, sehingga sangat cocok sebagai penangkal radikal bebas.

Manfaatkan dengan cara membuat ekstrak biji alpukat, bisa dengan menumbuk hingga halus ataupun memblender biji alpukatnya. Biji alpukat ini rasanya pahit, sehingga apabila kamu menggunakannya sebagai tambahan bumbu dapur ataupun jus  jangan gunakan terlalu banyak. Memanfaatkan biji memang menjadi andalan utama untuk menjaga kesehatan baik untuk kesehatan wanita atau lainnya.

2. Biji Pepaya

Siapa sangka biji pepaya memiliki khasiat untuk membasmi parasit dalam tubuh karena kandungan enzim proteolitik yang dapat memecah parasit dan telurnya. Selain itu biji pepaya juga mengandung senyawa carpaine yang merupakan alkaloid anthelmintik  yang terbukti ampuh membasmi cacing parasit dan amuba.

Tapi kamu hanya boleh mengkonsumsi paling banyak 2 sendok makan saja setiap hari. Ingat ya, meskipun memiliki kaya akan manfaat namun kita tidak boleh berlebihan pula dalam mengonsumsinya loo, karena terdapat pula efek samping buah pepaya jika terlalu banyak mengonsumsinya.

3. Biji Semangka

Selain aman apabila tertelan, biji semangka ternyata kaya akan nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan. Biji semangka mengandung zat mineral seperti Magnesium, Zat Besi, Potasium, Vitamin B9 atau Folat, yang merupakan nutrisi dasar yang sangat dibutuhkan tubuh, serta mengandung lemak baik yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, melindungi tubuh dari serangan jantung dan stroke. Cara mengkonsumsinya cukup ambil 20-30 biji semangka dan rebus dengan dua liter air. Minum air rebusannya dengan teratur. Atau apabila malas repot, cukup konsumsi buah semangka berikut bijinya.

4. Biji Kiwi

Biji buah kiwi merupakan sumber vitamin E dan asam lemak omega 3 yang sangat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, menurunkan resiko terjadinya serangan jantung dan juga stroke. Selain itu kandungan vitamin E sangat bagus untuk kesehatan kulitmu.

5. Biji Lemon

Biji buah lemon, meskipun bila tergigit terasa pahit, namun ternyata aman bagi kesehatan dan bahkan memiliki manfaat. Kandungan asam salisilat di dalamnya akan membantu meningkatkan imunitas tubuh apabila dikonsumsi setiap hari dengan teratur.

6. Biji Jeruk

Seperti halnya biji buah lemon, ternyata biji buah jeruk juga mengandung asam salisilat yang dapat meringankan rasa nyeri dan menghindarkanmu dari jerawat. Selain itu biji jeruk juga mengandung asam lemak omega yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam. Kandungan lain pada biji jeruk adalah vitamin C, vitamin B6, Magnesium dan juga serat

7. Biji Anggur

Kandungan kolagen banyak terdapat pada biji anggur. Kolagen sangat berguna bagi kesehatan pembuluh darah. Selain itu biji anggur juga sudah diteliti dapat bermanfaat untuk mencegah kanker, gangguan stress oksidatif dan kesehatan jantung.

Itulah 7 buah-buahan yang memiliki biji yang ternyata bijinya sangat bermanfaat untuk kesehatan maupun kecantikan, mari sahabat halosehat.com jangan lupa utuk mencobanya yaa.. Jangan sia-siakan biji itu dengan dibuang begitu saja, yuk manfaatkan manfaatnya.

You may also like