Anggrek Tebu : Ciri-ciri dan Manfaatnya

79

Taukah kamu apa itu anggrek tebu ? Anggrek tebu merupakan sejenis anggrek namun biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dari jenis anggrek lainnya. Anggrek biasanya merupakan lambang dari bungga kekayaan. Karena anggrek ini memiliki harga yang mahal. Bahkan bungga anggrek sering dijadikan sebagai bungga ucapan terimakasih bagi para pejabat atau mengusaha kelas menengah ke atas.

Bunga anggrek memang memiliki berbagai macam jenis, salah satu jenis dari bunga Anggrek adalah Angrekk Tebu. Angrek ini memang memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang dengan jenis anggrek lainnya. Adapun lebih jelasnya ciri-ciri dari Tanaman Anggrek Tebu ini adalah sebagai berikut :

Ciri – Ciri Tanaman Anggrek Tebu

  • Tinggi angrek tebu mencapai 2,5 sampai 3 meter
  • Diameter dari anggrek tebu ini mencapai 1,5 sampai 2 cm
  • Bungga pada anggrek tebu memiliki diameter 10 cm, dalam 1 tanggai anggrek tebu biasanya memiliki ratusan bunga
  • Warna dari bunga tebu ini memiliki warna kuning dan terdapat warna bintik-bintik menghiasi bunga tebu ini
  • Sebutan bunga tebu karena anggrek ini memiliki batang yang mirip dengan pohon tebu
  • Bunga ini tidak mudah layu dan memiliki daya tahan terhadap kelayuan selama 2 bulan dalam kondisi tidak dengan akarnya. Atau dalam kondisi sudah dipotong batangnya. Cukup lama bukan ?
  • Bunga ini membutuhkan sinar secara langsung dan berada di daerah dataran rendah serta dengan iklim yang tropis. Bunga ini biasanya tumbuh diantara pangkal pohon yang besar-besar.

Itulah beberapa ciri-ciri untuk mengetahui apakah anggrek yang kamu lihat termasuk dalam anggrek tebu atau bukan. Anggrek tebu ini cenderung lebih mahal daripada anggrek yang lainnya, karena lihat saja keistimewaan anggrek tebu dari ciri-ciri tersebut. Cukup memiliki banyak perbedaan antara anggrek biasa dan anggrek tebu.

Anggrek tebu memiliki manfaat untuk kesehatan, meskipun anggrek ini lebih jarang ditemui, tetapi anggrek ini banyak memiliki manfaat untuk kesehatan, adapun yang dapat dimanfaatkan dari anggrek tebu adalah sebagai berikut.

Manfaat Anggrek Tebu

1. Mengatasi Nanah pada kuku

Penyakit nanahan pada kuku biasa disebut dengan penyakit wenen. Kuku bernanah ini tentu akan menimbulkan bau tidak sedap sehingga perlu segera diatasi agar tidak mengaggu orang lain yang ada disekitar. Cara mengobati wenen salah satunya dengan anggrek tebu. Tumbuklah anggrek tebu sampai halus kemudian berikanlah hasil tumbukan tersebut kebagian kuku yang bernaanah. Dengan anggrek tebu merupakan cara mengobati luka nanah dengan mudah.

Hal ini akan membantu untuk mempermudah nanah pada kuku lebih steril dan mengurangi bakteri pada nanah kuku tersebut. Sehingga akan membantu untuk mengeringkan nanah pada kuku. karene anggrek tebu merupakan obat luka nanah secara alami

2. Mengatasi penyakit sariawan

Anggrek tebu memiliki kandungan vitamin C sehingga dapat mengatasi mulut yang sedang menderita sariwan. Oleh karena itu ketika mulut sedang mengalami sariawan maka segera manfaatkan anggrek tebu untuk untuk mengatasi sariawan tersebut.

Sariawan dapat membuat bau tidak sedap pada mulut, tidak hanya itu sariawan bahkan dapat menyebabkan makan pun tak sedap karena adanya sariawan ini dapat mengaggu kenikmatan dalam makan. Bisanya luka pada mulut yang menyebabkan sariawan ini akan meninggalkan rasa sakit ketika mengonsumsi makanan.

3. Mengatasi Stress

Kelelahan dapat menyebabkan stress, stress tentu harus segera ditangani. Stress ii dapat menyebabkan migran dan juga sakit kepala. Tentu hal ini tidak akan nyaman dirasakan oleh penderitannya.

4. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Cara meningkatkan daya tahan tubuh salah satunya dengan anggrek tebu. Sistem kekbalan tubuh dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena itu sangat menjadi rekomendasi yang baik untuk mu agar kamu dapat menjaga siistem kekebalan tubuh mu.

5. Mengatasi sakit ginjal

Sakit ginjal disebakan karena kurangnya konsumsi air putih, dapat pula terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan kimia. Untuk mengatasinya segera ambil anggrek tebu untuk mengatasi sakit ginjal ini.  baca juga : efek samping daun sirsak untuk batu ginjal

6. Mengatasi penyakit batuk

Batuk dapat terjadi karena bakteri atau virus yang masuk kedalam tubuh apalagi menyerang kekebalan tubuh. Batuk dapat segera diatasi dengan benar agar tidak menjalar dan mengalami penyakit TBC. baca juga : Makanan pantangan TBC

7. Mengatasi perut kembung

Perut kembung dapat terjadi karena kebanyakan minum atau karena banyaknya angin yang masuk kedalam tubuh. Hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi anggrek tebu dengan rutin. atau dapat pula disebabkan karena asam lambung

8. Mengatasi pinggang yang sedang sakit

Pinggang dapat sakit karena beberapa hal, orang yang hendak haid pun terkadang akan merasa kesakitan pada bagian pinggang. Tak hanya itu penyakit asam lambung pun dapat membuat pinggang terasa sakit.

9. Mengatasi otot yang nyeri

Otot yang nyeri dapat diatasi dengan memanfaatkan anggrek tebu. Dengan mengonsumsi minuman yang dibuat dari anggrek tebu ini dapat mengataasi rasa nyeri pada otot.

Itulah 9 manfaat yang akan kamu peroleh dengan memanfaatkan anggrek tebu. Anggrek tebu memang tidak hanya dimanfaatkan untuk hiasan saja, tetapi untuk menjaga kesehatan pun ini merupakan bunga yang rekomended untuk mengatasi berbagai penyakit seperti yang telah dijelaskan diatas.