15 Vitamin Penambah Nafsu Makan Paling Manjur dan Efektif

Menurunnya nafsu makan bisa disebabkan oleh berbagai hal yang tidak bisa dianggap sepele. Nafsu makan menurun bisa disebabkan karena penyakit, keadaan psikologis seseorang seperti stres, faktor usia, gaya hidup yang tidak sehat dan lainnya.

Nafsu makan merupakan susunan sistem internal dalam tubuh yang tugasnya  memenuhi kebutuhan energi dan gizi. Ketika nafsu makan menurun makan susunan sistem dalam tubuh yang ada menjadi tidak seimbang dan akan menimbulkan masalah yang dapat berkelanjutan. Bahkan bisa diindikasikan menjadi penyebab masalah serius seperti kekurangan gizi atau malnutrisi.

Inilah mengapa akhirnya tidak nafsu makan menjadi masalah yang cukup serius. Apalagi ketika hilangnya nafsu makan tersebut terjadi kepada anak-anak. Para orang tua tentu sangat khawatir. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengkonsumsi vitamin penambah nafsu makan.

Penyebab Menurunnya Nafsu Makan

Seperti yang dikatakan sebelumnya, penyebab menurunnya nafsu makan sangat beragam. Bisa dikarenakan sakit, pengaruh obat-obatan yang dikonsumsi dan faktor psikologisnya. Menurunnya nafsu makan ini bisa menjadi masalah serius jika menyerang anak-anak. Hal ini dikarenakan usia anak-anak adalah usia dimana harusnya mereka mencukupi energi untuk bekal masa pertumbuhannya.

Walau sering menyerang anak-anak, tidak menutup kemungkinan penurunan nafsu makan ini muncul dikalangan orang-orang yang telah berusia lanjut. Beberapa faktor seperti kesedihan, cemas, depresi pada lansia yang berlebihan menjadi alasan mereka mudah terserang virus menurunnya nafsu makan.

Penyakit Penurun Nafsu Makan

Beberapa penyakit yang diindikasikan menjadi penyebab menurunnya nafsu makan antara lain:

  • Penyakit kanker

Penyakit kanker adalah penyakit berat yang disebabkan oleh suatu virus. Seseorang yang terserang penyakit kanker akan mengalami penurunan nafsu makan secara drastis. Beberapa contoh kanker penyebab menurunnya nafsu makan seperti kanker usus besar, ovarium, pankreas dan kanker perut.

  • Terjadinya infeksi

Beberapa infeksi yang terjadi di dalam tubuh yang dapat menurunkan nafsu makan seperti influenza, hepatitis, pneumonia, HIV atau infeksi ginjal.

  • Obstruksi usus

Obstruksi usus ini merupakan penyebab menurunnya nafsu makan yang disebabkan oleh penyumbatan di dalam perut.

  • Penyakit jantung

Penyakit jantung juga dapat menyebabkan menurunnya nafsu makan seseorang. Penyakit yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah oleh kolesterol yang menumpuk. Gagal ginjal dan liver yang serius seperti krosis dan sirosis juga termasuk di dalamnya.


  • Peradangan

Peradangan pada perut dan usus yang menyebabkan pangkreatitis, iritasi usus, radang pada pangkreas dan usus buntu.

  • Masalah endorkrin

Ini seperti diabetes melitus atau kondisi yang menyebabkan menurunnya kadar hormon tiroid.

  • Gangguan Autoimun

Autoimun ini adalah kondisi dimana sistem kekebalan tubuh yang menyerang tubuhnya sendiri seperti scleroderma dan rheumatoid arthritis.

  • Demensia

Demensia adalah penyakit yang banyak menyerang lansia kisaran usia 65 tahun keatas yang berupa sebuah sindrom yang berkaitan dengan berkurangnya kemampuan berfikir, susahnya memahami sesuatu, menurunnya kecerdasan mental yang mengakibatkan menurunnya fungsi otak.

  • Kehamilan

Akibat Menurunnya Nafsu Makan Jangka Panjang

Nafsu makan menurun memang disebabakan oleh banyak hal, mulai dari hal-hal yang ringan dan juga berat. Jika nafsu makan menurun disebabkan oleh bawaan penyakit ringan seperti flu atau demam mungkin efeknya tidak akan terlalu besar. Gejala ini juga akan hilang seiring membaiknya sakit yang diderita.

Namun jika penyebab hilangnya nafsu makan tersebut sudah merambah pada hal-hal yang berat seperti ketika seseorang terkena diabetes maka akan sangat berbahaya. Seseorang yang terkena diabetes perlu mengkonsumsi banyak makanan sehat untuk mencegah kerusakan beberapa organ tubuh seperti mata, ginjal dan syaraf. Jika sumber makanan tersebut tidak didapatkan dari makaanan, maka kerusakan organ tubuh tersebut akan terjadi tanpa dapat dicegah.

Solusi Penambah Nafsu Makan

Melihat banyaknya akibat buruk yang disebabkan oleh menurunnya nafsu makan membuat kita harus mewaspadainya. Jika dulu mungkin kita sempat menyepelekan hal ini, kini saatnya untuk mengubah pola pikir tersebut.

Beberapa cara dapat dipilih untuk mengurangi gejala hilangnya nafsu makan. Cara yang dapat digunakan adalah dengan mengkonsumsi vitamin penambah nafsu makan.

Berikut beberapa vitamin utnuk penambah nafsu makan untuk anak-anak dan dewasa yang bisa anda jadikan reverensi pilihan.

  1. Vidoran Total Care

Vidoran Total Care adalah vitamain penambahan nafsu makan yang cocok untuk anak-anak. Bentuknya berupa kemasan sirup yang mudah di konsumsi oleh anak-anak. Dilengkapi dengan rasa buah-buahan yang disukai anak-anak. Vidoran Total Care ini berfungsi untuk mendorong nafsu makan dan dilengkapi dengan formula lengkap untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Mengandung Omega 3 (DHA dan EPA) yang berguna untuk kecerdasan otak.

  1. Curcuma Plus Sirup

Curcuma Plus Sirup adalah suplemen yang berguna untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi tubuh anak. Curcuma Plus Sirup dilengakapi dengan Vitamin B Compleks dan Beta Caroten yang bermanfaat bagi anak. Disajikan dengan rasa jeruk yang semakin digemari oleh anak-anak.

  1. Curvit CL Emulsion

Diperkaya dengan nutrisi dari minyak ikan hati ikan kod yang berguna untuk menambah nafsu makan anak serta meningkatkan kecerdasan, menyehatkan jantung, menjaga kesehatan mata dan mengurangi resiko diabetes. Curvit CL Emulsion sangat dibutuhkan anak dalam masa pertumbuhan. Selain mengandung minyak hati ikan kod, juga dipenuhi dengan DHA, AA dan FOS untuk menjaga kecerdasan otak dan menjaga kekebalan tubuh.

  1. Likurmin Sirup

Dilengkapi dengan Curcuminoid, Lysine HCI, Vitamin B1, B2, B6, B12, Niacinamide dan Pantothenic Acid yang bermanfaat untuk memperbaiki nafsu makan anak. Gabungan kandungannya menjaga keseimbangan nitrogen dan mengembalikan nafsu makan anak. Cukup 1-2 sendok per hari dan nafsu makan anak teratasi.

  1. Vitacur Sirup

Vitamin penambah nafsu makan ini bisa didapat di apotek. Vitacur Sirup memiliki kandungan yang berguna menambah stamina dan nafsu makan. Selain itu juga dapat mencegah defisiensi kalsium, memelihara saluran cerna dan membantu pertumbuhan tulang dan gigi.

  1. Appeton Weight Gain

Vitamin yang dikemas dalam bentuk susu yang cocok untuk orang dewasa yang ingin menambah berat badan. Appeton Weight Gain merupakan vitamin untuk penambah nafsu makan yang bisa didapatkan di swalayan disekitar anda.

  1. Biostrum

Biostrum memiliki kandungan vitamin untuk penambah nafsu makan. Biostrum mengandung berbagai macam jenis vitamin yang berguna bagi tubuh dan menjaga sistem imun tubuh. Biostrum juga ampuh digunakan sebagai penambah nafsu makan pasca diare.

  1. Zink Plus

Zink adalah mikro nutrien yang penting untuk membantu makanan terserap dengan baik oleh tubuh. Zink mampu memberi indra perasa sehingga semakin menambah cita rasa pada makanan yang di konsumsi. Mengandung vitamin B yang dapat dikonsumsi oleh anak-anak dan dewasa untuk menambah nafsu makan.

  1. Elcana

Mengandung vitamin dan kalsium yang dapat menambah nafsu makan serta membantu pertumbuhan tulang dan gigi.

    10. Vitobumin

Vitobumin adalah vitamin penambah nafsu makan yang mengandung ekstra temulawak dan madu serta dapat dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa. 

     11. Lytacur

Sirup dengan rasa buah jeruk yang disukai anak-anak ini memiliki manfaat menambah nafsu makan. Vitamin penambah nafsu makan ini semakin berkhasiat karena dilengkapi dengan asam amino yang baik untuk pertumbuhan dan daya tahan tubuh anak.

     12. Syply Kianpi Pil Original

Vitamin yang terbuat dari bahan herbal dari negeri China ini sangat berkhasiat menambah berat badan hingga 5-7 kg per minggu jika dikonsumsi secara teratur. Kandungan ginseng yang berkerja maksimal dapat menggemukan badan secara cepat dan efektif.

    13. Appeton A-Z Kid’s Vitamin C

Appeton tidak hanya memiliki produk vitamin untuk orang dewasa saja. Appeton ternyata juga memiliki produk vitamin untuk penambah nafsu makan untuk anak-anak dengan bentuk huruf alvabet yang imut. Selain menambah nafsu makan, Appeton A-Z Kid’s Vitamin C juga dapat meningkatkan daya tubuh anak dan terhidar dari berbagai macam penyakit.


    14.  Curcuma Plus Fruit dan Vegie

Tidak hanya berfungsi sebagai vitamin untuk penambah nafsu makan saja, namun juga dapat memenuhi kebutuhan serat dan sayuran yang biasanya tidak disukai anak-anak. Mengandung ekstra temulawak yang memang dikenal sebagai penambah nafsu makan.

   15. Tiens Zink Capsule

Zink dikenal dapat membantu proses penyerapan nutrisi makanan dalam tubuh. Produk ini tidak hanya berperan sebagai vitamin untuk penambah nafsu makan saja, namun sekaligus menjadi penambah tinggi badan yang cocok dikonsumsi untuk anak-anak dan orang dewasa.

Tips Penambah Nafsu Makan

  • Minum susu tiga kali sehari untuk mendapatkan kalori dan nutrisi tubuh yang kekurangan nafsu makan.
  • Konsumsi lebih banyak makanan dari bahan gandum seperti roti dan sereal.
  • Aktivitas fisik. Tubuh yang lelah bisa meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan.
  • Konsumsi buah-buahan seperti alpukat, pisang, puding atau yogurt.
  • Konsumsi minuman probiotik untuk menambah bakteri baik dalam pencernaan.

Jika anda mengalami penurunan porsi maka dari jumlah yang biasa anda konsumsi, maka hal ini bisa saja menjadi tanda-tanda anda mengalami penurunan nafsu makan. Segera cari tahu masalahnya dan atasi dengan minum vitamin penambah nafsu makan yang bagus.

, ,
Post Date: Friday 29th, September 2017 / 06:53 Oleh :
Kategori : Vitamin