Bolehkah Tidur Jam 11 Pagi? Apa Saja Risiko Kesehatannya?

245

Saat libur atau sedang tak ada kegiatan apapun, banyak orang yang sudah telanjur bangun pagi cenderung memakai kesempatan ini untuk tidur lagi baik itu sebelum jam 11 atau di jam 11 pagi. Akhir pekan mungkin dianggap sebagai waktu istirahat yang maksimal sehingga bermalas-malasan lalu kemudian tidur lagi di jam-jam pagi menjelang siang adalah hal terenak.

Sayangnya, tidur jam 11 pagi atau menjelang 11 pagi justru dikatakan sebagai waktu yang kurang tepat. Banyak orang terbiasa dengan hal ini, apalagi beberapa orang dengan profesi freelancer atau pekerja lepas akan lebih fleksibel soal jam tidur bukan? Tapi masalahnya, bolehkah tidur jam 11 pagi? Akankah hal ini mengganggu kesehatan?

Boleh tidak sih tidur jam 11 pagi atau sebelum 11 pagi?

Memiliki waktu senggang di akhir pekan, waktu liburan, atau bahkan pekerjaan lepas memang memungkinkan untuk menikmati tidur kapan saja. Bahkan beberapa orang terbiasa tidur di pagi dan siang hari, lalu bekerja di malam hari. Sayangnya, tidur jam 11 pagi atau sebelum jam 11 pagi merupakan hal yang bisa merugikan kesehatan tubuh.

  • Gangguan Tidur – Irama sirkardian adalah yang mengendalikan pola tidur tubuh manusia di mana metabolisme tubuh juga diatur oleh irama tersebut yang berlangsung selama sehari penuh, yakni 24 jam. Waktu tidur manusia normalnya adalah di malam hari, sehingga pagi sampai sore adalah waktunya untuk beraktivitas. Ketika tidur jam 11 pagi, dan hal ini dilakukan secara sering-sering, hal ini akan mengganggu waktu tidur alami Anda nantinya dan memicu insomnia atau susah tidur di kemudian hari.
  • Meningkatkan Potensi Jenis-jenis Penyakit Jantung dan Penyakit Gula – Karena terbiasa tidur jam 11 pagi, sistem metabolisme dapat terganggu dan berpotensi turun. Saat sistem metabolisme mengalami gangguan, Kadar gula darah pun ikut mengalami gangguan dan bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes. Bahkan penyakit jantung juga ikut menjadi risiko bagi yang memiliki kebiasaan tidur di jam-jam aktif seperti misalnya tidur jam 11 terlalu sering.
  • Berpengaruh pada Produktivitas – Tidur jam 11 mungkin dianggap sebagai waktunya berelaksasi, padahal tidur di jam tersebut atau bahkan sebelum jam 11 mampu memengaruhi aktivitas kita selanjutnya. Karena jam biologis normal terganggu, hal ini berakibat pada kekacauan sistem metabolisme dan malah membuat tubuh seharian terasa cepat lelah dan lesu.
  • Sakit Kepala – Mungkin Anda mengira bahwa Anda bisa jadi pusing kalau bangun pagi-pagi di kala ingin rileksasi dan bermalas-malasan setelah biasanya beraktivitas pagi-pagi dan ingin mendapatkan waktu istirahat lebih lama di akhir pekan/waktu liburan. Padahal, tidur pagi hari malah bisa meningkatkan risiko terkena sakit kepala yang disebabkan oleh aliran cairan serebrospnia menuju otak dan memicu pusing.
  • Obesitas – Irama sirkardian yang berubah dapat menjadi pemicu kegemukan (berat badan berlebih) atau yang kita kenal dengan istilah obesitas. Tidur jam 11 pagi yang dijadikan kebiasaan artinya juga Anda membiarkan tubuh aktif lebih lama di malam hari hingga subuh mungkin. Begadang bisa menjadikan Anda mudah mengalami kenaikan berat badan.
  • Gangguan Kesehatan Lainnya – Mulai dari gangguan pencernaan, fungsi otak yang tak seimbang dan mengalami gangguan, hingga masalah kurang darah alias anemia dapat juga terjadi bila Anda membiasakan tidur jam 11 pagi. Tidur pagi sesekali saja tak akan berpengaruh cukup buruk, namun ketika Anda memiliki kebiasaan ini dalam jangka panjang, waspadai berbagai masalah kesehatan tersebut.

Tips Menghindari Tidur Jam 11 Pagi

Setelah menilik berbagai risiko kesehatan di atas, tentu kita tahu betul bahwa tidur jam 11 pagi berpotensi merusak kesehatan bila dilakukan terlalu sering apalagi dijadikan kebiasaan. Oleh karena itu, beberapa hal di bawah ini kiranya membantu Anda dalam menghindari tidur pada waktunya aktif dan produktif.

  • Supaya malam harinya Anda memperoleh tidur cukup, tidurlah lebih awal.
  • Hindarilah begadang atau tidur lewat tengah malam.
  • Pastikan untuk mendapatkan kualitas tidur dengan setiap harinya memperoleh waktu tidur setidaknya 6 jam (paling baik adalah 8 jam).
  • Batasi atau hindarilah penggunaan gadget sebelum tidur di malam hari atau kegiatan-kegiatan berat yang bisa mencegah Anda untuk tidur cepat.

Jadi, bolehkah tidur jam 11 pagi? Sebisa mungkin hindarilah, atau jikapun ingin melakukannya, lakukan sesekali di akhir pekan dan tidak menjadikannya sebagai kebiasaan. Perhatikan beberapa tips dalam menghindari tidur jam 11 pagi tersebut supaya tubuh Anda selalu segar dan bisa tetap aktif dalam melakukan kegiatan dari pagi sampai sore hari.