7 Cara Meningkatkan Adrenalin Tubuh dengan Cepat

6700

Kita seringkali mendengar kata adrenalin. Bila mendengar kata adrenalin ini biasanya otomatis pikiran kita akan menuju pada tenaga, detak jantung, energi, kekuatan, dan lain sebagainya. Lalu, sebenarnya apakah yang dimaksud dengan adrenalin ini?

Adrenalin sebenarnya bukanlah sebuah benda atau sesuatu yang ada di luar tubuh manusia. Adrenalin ini sebenarnya adalah sesuatu yang ada di dalam tubuh manusia. Adrenalin atau adrenaline atau epinephrine merupakan hormon yang dapat memicu reaksi terhadap tekanan dan juga kecepatan gerak tubuh. Adrenalin ini tidak hanya memicu gerak tubuh saja, namun juga memicu reaksi terhadap efek lingkungan seperti suara  yang terlalu berisik atau cahaya yang terlalu terang.

Beberapa reaksi yang seringkali kita rasakan ketika adrenalin meningkat adalah frekuensi detak jantung kita yang meningkat, munculnya keringat dingin, hingga terjadinya keterkejutan. Sebagian orang tidak menyukai kondisi yang seperti ini, namun  sebagian orang lagi justru menyukai kondisi yang demikian ini. Bahkan reaksi dalam batas tertentu justru akan menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan, dan mungkin saja menjadi sebuah hobi. Hobi yang berkaitan dengan reaksi adrenalin ini disebut dengan adrenaline junkie.

Fungsi Hormon Adrenalin

Adrenalin ini merupakan salah satu jenis hormon yang ada di dalam tubuh. Hormon biasanya mempunyai fungsi tertentu untuk tubuh, tidak terkecuali hormon adrenalin ini. Hormon adrenalin mempuyai fungsi tertentu. pada dasarnya, adrenalin ini bekerja dengan sistem saraf simpatik yang berguna untuk meningkatkan denyut jantung. Selain itu adrenalin ini juga mendorong metabolisme karbohidrat, melebarkan otot- otot kaki, dan juga meningkatkan gula darah dengan mendorong penggunaan glukosa. (baca juga: acara meningkatkan metabolisme tubuh)

Beberapa fungsi dari hormon adrenalin adalah sebagi berikut:

  1. Memacu aktivitas jantung dan juga menyempitkan pembuluh darah kulit dan juga kelenjar mukosa, sehingga tekanan darah menjadi meningkat. (baca juga: makanan untuk penderita darah tinggi dan asam urat)
  2. Mempercepat metabolisme tubuh, misalnya seperti memecah glikogen menjadi gula dalam darah atau disebut sebagai glikogenolisis, sehingga mampu menaikkan kadar gula dalam darah. (baca juga: makanan untuk gula darah tinggi)
  3. Memicu reaksi terhadap tekanan dan juga kecepatan gerak tubuh.
  4. Metabolisme glukosa, terutama ketika stress. Timbulnya hormon adrenalin ini sebagai suatu stimulasi otak, menjadi was was dan juga siaga. Secara tidak langsung hal ini akan membuat indera yang ada di dalam tubuh kita menjadi lebih sensitif untuk bereaksi.

Itulah beberapa fungsi yang kita dapatkan dari hormon adrenalin yang ada di dalam tubuh. Banyaknya fungsi yang dihasilkan oleh hormon adrenalin ini membuat hormon ini menjadi penting adanya untuk tubuh kita. Kekurangan hormon adrenalin yang ada di dalam tubuh bisa menyebabkan terjadinya hal- hal tertentu yang tidak diinginkan. Namun, mempunyai hormon adrenalin yang terlalu banyak juga tidak baik bagi tubuh

Cara Meningkatkan Adrenalin Tubuh

Terkadang adrenalin yang meningkat ini terkadang menjadi favorit atau menjadi kesenangan banyak orang. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan adrenalin di dalam tubuh kita. Terkadang adrenalin ini akan meningkat dengan sendirinya secara tidak sengaja.

Pada masing- masing orang, kondisi adrenalin yang ada ini berbeda- beda. Sehingga berbagai cara untuk meningkatkan adrenalin ini juga berbeda- beda. Ada beberapa cara yang adapat dilakukan untuk meningkatkan adrenalin yang ada di tubuh kita.

  1. Mendaki Gunung

Mendaki gunung merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan adrenalin yang ada di dalam tubih kita. Banyak orang mempunyai hobi mendaki gunung ini karena memang sengaja untuk meningkatkan adrenalin yang ada di dalam tubuh.

Mendaki gunung dapat meningkatkan adrenalin kita karena pada ketinggian tertentu dapat meningkatkan produksi epinefrin tanpa mempromosikan terlalu banyak tekanan pada kelenjar adrenal. Selain meningkatkan adrenalin, mendaki gunung juga dapat membuat kesehatan seseorang menjadi lebih baik daripada sebelumnya. (baca juga: mual setelah olahraga)

  1. Bermain Game

Bermain game selain dapat merupakan aktivitas yang mengasyikkan, ternyata juga dapat menjadi aktivitas yang dapat meningkatkan adrenalin yang ada di dalam tubuh kita. Dengan bermain game tertentu, maka otak akan dapat merangsang cara agar dapat memenangkan game tersebut. Dengan memikirkan cara untuk menang ini maka akan menjadikan otak kita berfikir lebih keras dan juga membuat kita mencari- cari strategi yang baik yang terkadang akan membuat kita menjadi tertantang. Suasana seperti inilah yang akan membuat adrenalin kita terpacu. Game yang dapat dimainkan untuk meningkatkan adrenalin di dalam tubuh kita adaleh jenis game strategi. (baca juga: cara meningkatkan daya ingat)

  1. Mengikuti Permainan Ekstrim

Bila kita berkunjung ke taman bermain, maka denga mencoba berbagai permainan dapat meningkatkan adrenalin kita di dalam tubuh. Berbagai permainan yang dapat diikuti untuk meningkatkan adrenalin di dalam tubuh kita adalah roller coster, halilintar, tornado, dan lain sebagainya. (baca juga: dampak negatif tidak pernah berolahraga)

  1. Olah raga

Olah raga merupakan aktivitas yang sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh kita. Namun, tahukan Anda bahwasannya olah raga ini juga dapat dijadikan aktivitas untuk meingkatkan adrenalin kita. Karena itu olah raga ini dapat meningkatkan aliran darah yang ada di dalam tubuh kita sehingga menjadi lancar. Berbagai olah raga yang dapat dilakukan untuk meningkatkan adrenalin kita antara lain adalah sepak bola. (baca juga: cara melakukan olahraga yang baik dan benar)

  1. Menonton Film atau Televisi

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan adrenalin adalah menonton televisi. Namun, acara yang kita tonton adalah acara yang mampu membuat kita terpacu, yang menegangkan, dan membuat kita deg- degan. Beberapa acara di televisi yang dapat meningkatkan adrenalin kita antara lain moto gp, sirkus, dan lain sebagainya. Selain acara- acara live seperti itu, ada juga film yang memacu adrenalin kita, seperti film yang banyak pertempuran atau pertempuran. (baca juga: cara meningkatkan IQ)

  1. Jatuh Cinta

Jatuh cinta adalah kondisi yang menimpa setiap orang di dunia ini. Hampir semua orang pernah merasakan indahnya jatuh cinta. Selain perasaan bahagia yang ditimbulkan, jatuh cinta juga bisa menjadikan sedih yang luar biasa. Maka dari itu jatuh cinta dikatakan sebagai kondisi yang mampu meningkatkan adrenalin kita. Selain itu jatuh cinta juga merupakan kondisi yang seringkali memunculkan perasaan dag dig dug.

  1. Mengonsumsi Makanan yang Bernutisi

Meningkatkan adrenalin tidak harus selalu dengan melakukan aktivitas yang membuat jantung deg- degan. Salah satu meningkatkan adrenalin dengan tanpa membuat jantung deg- degan adalah dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi. Jenis makanan yang bernutrisi yang dapat meningkatkan adrenalin contohnya adalah makanan empat sehat lima sempurna. (baca juga: 1o penyakit akibat kekurangan protein dan ciri-cirinya)

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk dapat meingkatkan adrenalin di dalam tubub kta. Selain sengaja melakukan sesuatu, adrenalin juga dapat meningkat apabila menemui kondisi- konsidi tertentu seperti saat kita takut, saat kita cemak, khawatir, dan lain sebagainya.

Kelainan pada Kelenjar Adrenal

Hormon adrenalin erat kaitannya dengan kelenjar adrenal. Kelenjar adrenal merupakan kelenjar penting yang adapt menghasilkan berbagai hormon lain untuk mengelola tingkat kestressan. Kelenjar adrenal ini mempunyai fungsi yang penting, salah satunya untuk mensintesis adrenalin.

Terkadang kelenjar adrenalin yang ada di tubuh kita mengalami gangguan atau kelainan tertentu, seperti tidak dapat bekerja secara normal sebagai akibat dari berbagai macam penyakit dan juga gangguan lainnya. Beberapa gangguan atau kelainan yang dapat menyerang kelenjar adrenalin antara lain :

1. Kelelahan Adrenal atau Adrenal Fatigue

Kelelahan adrenalin dapat terkadi karena kelebihan hormon kortisol di dalam tubuh. Kelelahan adrenalin ini dapat dirasakan ketika tubuh mudah sekali mengalami kelelahan, bahkan setelah bagun dari tidur yang normal (tidur yang cukup). (baca juga: akibat kurang tidur malam)

2. Penyakit Addison

Gangguan yang dapat menyerang kelenjar adrenalin adalah penyakit addison. Gejala penyekit addison ini sangat sulit untuk diidentifikasi. Penyakit addison ini ditandai dengan rendahnya kadar kortison dan juga aldosteron dalam tubuh. Kadar kortison dan aldosteron ini biasanya dapat mempengaruhi tekanan dalam darah. (baca juga: penyebab berat badan turun drastis)

3. Sindrom Cushing

Kelainan atau gangguan selanjutnya yang dapat menyerang kelenjar adrenalin adalah sindrom cushing. Sindrom cushing ini terjadi ketika jumlah kortisol yang diproduksi oleh kelenjar adrenalin jumlahnya terlalu berlebihan. Terjadinya sindrom cushing ini akan menyebabkan kelelahan dan juga kelemahan otot dan terkadang akan memicu kelumpuhan.

4. Hiperaldosteronisme atau Hyperaldosteronism

Aldosteron merupakan hormon yang mempunyai fungsi untuk mempertahankan tingkat natrium dan juga kalium di dalam darah. Kelainan atau gangguan hiperaldosteronisme dapat terjadi karena  sekresi hormon aldosteron yang berlebihan. Terjadinya hal seperti ini dapat menyebabkan masalah tekanan darah.

5. Pheochromocytoma

Yang dimaksud dengan pheoxhromocytoma adalah semacam tumor medula pada kelenjar adrenal dan timbul akibat sekresi hormon epinefrin dan norepinefrin yang terlalu berlebihan.

6. Komplikasi kelenjar adrenal yang menyerang anak- anak

Anak- anak juga dapat terserang gangguan pada kelenjar adrenal, tidak hanya orang dewasa saja. Beberapa jenis gangguan kelenjar drenal yang terjadi pada anak- anak diantaranya seperti sindrom cushing, gangguan kelenjar hipotamulus dan juga tumor.

7. Masalah kelenjar adrenal yang terjadi pada wanita

Wanita ternyata mempunyai resiko untuk terjangkit gangguan kelenjar adrenal secara khusus. Kelenjar adrenal mempunyai fungsi yang sangat penting dalam proses produksi hormon androgen. Hormon androgen sendiri memiliki fungsi yang penting bagi wanita. Terkadang wanita pada saat stress dapat terjerumus untuk mengonsumsi alkohol dan juga rokok. Hal- hal yang seperti itulah yang dapat mempengaruhi kelenjar adrenal untuk dapat melawan stress. Bila dibiarkan lebih lanjut lagi, gangguan pada kelenjar adrenal yang menyerang wanita dapat menyebabkan resiko terjadinya osteoporosis dan juga insomnia. (baca juga: penyebab insomnia)

Itulah beberapa gangguan yang dapat menyerang kelenjar adrenal, yang mempunyai kaitan erat dengan hormon adrenalin. Gangguan- gangguan tersebut dapat menyebabkan kerugian atau efek negatif untuk tubuh kita. Itulah beberapa informasi yang dapat diberikan mengenai hormon adrenalin yang ada di tubuh kita. Semoga bermanfaat.