13 Cara Memulai Vegetarian Bagi Pemula dan Menunya Paling Enak

598

Vegetarian merupakan pola hidup sehat yang mengedepankan mengkonsumsi makanan jenis sayuran, Buah buhan dan makanan jenis lain sebagai pengagnti daging agar kondisi nutrisi seimbang dalam tubuh terpenuhi dan mampu memperbaiki kinerja saluran pencernaan menjadi lebih baik.

Daging merupakan makanan yang disukai banyak orang dan sangat sulit untuk menolaknya jika sudah ketergantungan. Untuk para vegetarian pemula akan menimbulkan masalah kecemasan dan stres ketika harus meninggalkan makanan jenis daging disaat pertama kali memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian.

Ada beberapa cara memulai vegetarian yang mudah untuk pemula agar berhasil menjauhi ketertarikan terhadap makanan jenis daging sehingga tidak menimbulkan kecemasan yang berkaitan dengan  stres.

1.Niat yang kuat

Cara memulai vegetarian agar berhasil menjadi seorang vegetarian pemula maka pertama yang harus dilakukan adalah memiliki niat yang kuat dan mulailah secara bertahap untuk meninggalkan satu persatu makanan yang berasal dari jenis daging dagingan, Misalnya ikan, Daging ayam, Daging sapi, Kambing, Kelinci, Burung dan lain lain.

2.Camilan sehat

Salah satu cara memulai vegetarian yang baik adalah membiasakan diri untuk makan camilan sehat disela sela kesibukan yang bukan berbahan dasar daging, Misalnya yang terbuat dari sayuran dan buaha buahan atau kentang. Kebiasaan tidak memakan makanan camilan dalam bentuk apapun yang bukan berasal dari olahan daging dapat memperkuat keinginan untuk berhasil menjadi seorang vegetarian pemula.

3. Informasi penunjang

Senantiasa mencari informasi akurat seputar manfaat menjadi seorang vegetarian dapat memperkuat keyakinan anda menjadi seorang vegetarian sejati. Kesadaran akan manfaat tidak makan daging dapat dimulai melalui pencarian informasi  di sosial media, Melalui ahli gizi atau dokter yang terkait agar lebih memahami untung ruginya menjadi vegetarian.

4.Komunitas vegetarian

Tips cara memulai vegetarian yang paling mudah adalah bergabung dengan komunitas vegetarian adalah solusi terbaik untuk memperkuat keyakianan anda untuk berhasil menjadi seorang vegetarian. Dengan berinteraksi dan beradaptasi dengan komunitas vegetarian akan memberikan dampak positif berupa mendapatkan informasi yang lebih banyak dan meningkatkan hubungan kekeluargaan  antara sesama vegetarian yang lain menjadi lebih hangat.

5. Olahraga teratur

Salah satu manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh adalah meningkatkan daya tahan tubuh termasuk pada seseorang yang memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian. Melakukan olahraga ringan tetapi teratur dapat menjadi penunjang keberhasilan cara memulai vegetarian bagi pemula, Karena olahraga yang teratur meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan jaringan tubuh secara keseluruhan walaupun anda adalah seorang vegetarian.

6. Disiplin terhadap makanan

Menerapkan jumlah dan jenis makanan yang berbeda bukan dari jenis daging setiap harinya secara teratur, Tidak berlebihan dan terkoordinir dengan baik untuk disantap,  Tetapi memiliki kandungan nutrisi lengkap secara teratur agar daya tahan tubuh tetap stabil adalah cara memulai vegetarian yang sehat bagi tubuh.

  • Jamur – Jamur dapat dijadikan sebagai makanan pengganti daging dimana nutrisinya sama tingginya seperti yang terdapat pada daging misalnya protein dan mineral sehingga tubuh tidak kekurangan zat protein, Vitamin B dan mineral meskipun anda tidak makan daging.
  • Konsumsi umbi umbian- Mengkonsumsi singkong dan ubi jalar bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena didalamnya terkandung banyak nutrisi yang hampir sama dengan yang ada pada jenis daging dagingan, Misalnya protein dan bisa dimanfaatkan sebagai pengganti nasi putih yang memiliki lebih banyak kandungan gula yang tidak baik untuk kestabilan gula darah anda.
  • Kentang rebus- Kentang yang direbus dapat mengenyangkan perut karena bisa menahan rasa lapar lebih lama tanpa menimbulkan masalah pada lambung dan usus. Kentang dipercaya bisa menggantikan nutrisi yang ada pada daging sehingga tubuh tidak menjadi mudah lelah dan lemas.
  • Beras merah- Beras merah adalah jenis makanan yang rendah kalori , Rendah gula tetapi tinggi protein yang bisa dijadikan sebagai cara memulai vegetarian karena makanan sehat tersebut bisa dijadikan pengganti protein pada daging. Hendaknya tetap hati hati ketika mengkonsumsi beras merah karena efek samping beras merah dibalik segudang manfaatnya tetap akan muncul ketika dikonsumsi secara berlebihan.
  • Gandum – Mengkonsumsi gandum dalam bentuk sereal yang dikonsumsi tidak berlebihan dapat dijadikan sebagai pengganti daging merah karena mengandung zat protein dan kaya akan vitamin B yang dapat mencukupi nutrisi protein harian kendati anda adalah seorang vegetarian. 
  • Kacang kacangan – Jenis makanan kacang kacangan seperti kacang polong, Kacang hijau, Kedelai atau kacang buncis dapat dijadikan pengganti daging karena didalamnya terkandung zat protein tinggi setara dengan daging ikan atau unggas .
  • Probiotik- Mengkonsumsi probiotik seperti yogurt secara teratur dapat dijadikan sebagai cara mermulai vegetarian karena fungsi probiotik untuk kesehatan tubuh salah satunya adalah mampu meningkatkan kesehatan pencernaan dan menghindari perkembangan bakteri jahat didalam tubuh. Probiotik dapat pula mendukung terserapnya zat protein yang terkandung dalam sayuran dan makanan lain yang bukan dari jenis daging dagingan.

Untuk mempertahankan zat protein dalam tubuh yang didapat dari makanan bukan jenis daging sebaiknya menghindari minuman jenis apapun yang mengandung alkohol dan soda. Alkohol dan minuman bersoda dapat merusak nutrisi protein dan memperlambat penyerapan mineral dalam tubuh. Hal ini merugikan kesehatan tubuh seseorang yang sedang melakukan program sebagai vegetarian pemula.