6 Gaya Hidup Buruk yang Sering Dilakukan Generasi Muda

83

Generasi muda atau millenial kini lebih aktif dalam berbagai kegiatan di luar, dan hal ini tentu akan mempengaruhi pola hidup yang dijalaninya. Aktivitas yang terlalu padat terkadang justru membuat mereka menjadi lupa akan kebutuhan tubuhnya dan cenderung memilih yang instan untuk lebih menghemat waktu. Tentu saja hal tersebut merupakan gaya hidup buruk yang semestinya dihindari agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Umumnya, 6 gaya hidup buruk ini sering dilakukan generasi muda meskipun tidak menutup kemungkinan juga dilakukan oleh orang tua.

1. Malas Menggosok Gigi

Idealnya, dalam sehari kita perlu menggosok gigi dua kali yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Namun padatnya aktivitas terkadang membuat anak-anak muda malas melakukannya, dan seringkali pergi tidur setelah mengkonsumsi makanan manis. Dampaknya, gigi menjadi tidak terawat dan rentan mengalami gigi berlubang, gusi bengkak dan terbentuk karang gigi.

2. Menumpuk Pakaian

Ini juga merupakan salah satu kebiasaan anak generasi muda, yaitu menumpuk pakaian atau menggantungnya di balik pintu. Kebiasaan ini tentu tidak baik, selain membuat pemandangan yang tidak mengenakkan, juga dapat menjadi tempat yang nyaman bagi nyamuk untuk bersembunyi. Sebaiknya, lipatlah pakaian yang bersih dan letakkan pakaian kotor di tempatnya agar kamar terlihat rapi dan bersih.

3. Kurang Minum

Kebiasaan buruk ini juga sering dilakukan generasi muda, padahal dampaknya bisa sangat fatal loh jika terjadi terlalu sering. Saat tubuh kurang asupan cairan, fungsi berbagai organ tubuh yang penting akan terganggu. Bahkan ginjal harus bekerja keras untuk menjalankan fungsinya sehingga bila dibiarkan dapat memicu terjadinya penyakit ginjal.

4. Mengkonsumsi Makanan Manis dan Junkfood

Nah, kalau yang ini pasti banyak yang menyukainya karena makanan manis dan junkfood sangat mudah didapat, harganya terjangkau dan praktis. Rasanya juga lebih menggoda dibandingkan dengan makanan yang sehat. Namun, dibalik rasanya yang enak, makanan tersebut tidak baik dikonsumsi terlalu sering karena dapat menyebabkan berbagai penyakit degeneratif yang membahayakan nyawa.

5. Begadang

Kebiasaan tidur larut malam juga digemari anak muda, baik dikarenakan harus mengerjakan tugas, menonton film atau sekedar main game dengan teman. Padahal kebiasaan ini dapat memicu depresi hingga hipertensi loh. Tentu tidak baik dilakukan oleh siapapun karena tubuh bisa kelelahan dan mengganggu proses produksi hormon dalam tubuh.

6. Bangun Kesiangan

Ini merupakan salah satu efek dari begadang, karena tidur terlalu malam akibatnya bangun jadi kesiangan. Melewatkan waktu pagi untuk memulai aktivitas dapat membuat tubuh menjadi lemah, hingga seharian merasa ngantuk dan tidak bersemangat. Ditambah lagi ada dampak seriius yang ditimbulkan jika sering bangun kesiangan, yaitu gangguan fungsi ginjal karena sisa metabolisme yang seharusnya dikeluarkan justru masih tertahan di dalam tubuh.

Gaya hidup buruk tersebut sebaiknya dihindari agar hidup lebih berkualitas dan tubuh selalu sehat. Dengan menjaga kesehatan, generasi muda tentu akan lebih bersemangat dalam beraktivitas dan lebih produktif dalam menghasilkan karya yang hebat.