10 Penyebab Kecanduan Hp, Waspadai Sebelum Terlambat

Handphone atau Hp sudah telah mengambil hati masyarakat kita. Ini terbukti dari sekian orang yang tidak saja memiliki satu bahkan 3-4. Selain itu, di setiap tempat selalu melihat orang yang sedang asyik memegangnya. Memang keberadaan tidak dipungkiri menjadi terpenting dalam kehidupan era sekarang. Hal inilah yang menjadikannya begitu mendarah daging di masyarakat kita saat ini.

Keberadaan telpon genggam yang seakan tidak tergantikan menjadikan secara umum tentu memiliki dampak positif dan negatif. Untuk dampak positif tentu berkaitan dengan keuntungan yang didapat. Salah satu keuntungan itu adalah dapat melakukan berbagai banyak hal, misalnya untuk memesan hotel, tiket, bahkan barang lainnya. Bahkan dapat dijadikan lahan untuk berbisnis. Keuntungan itulah yang menjadikan masyarakat semakin mendewakan handphone. Justru karena itulah yang menjadikan masyarakat kita mengalami berbagai gangguan karena dampak kecanduan Hp. Salah satunya adalah merasakan cemas, gelisah, sering sakit kepala dan terganggu pekerjaan karena efek kecanduan.

Dampak kecanduan itu tentu sangat merugikan. Utamanya orang tua karena akan berkaitan dengan masa depan anak. Kurang abdol ketika memahami ciri kecanduan Hp tanpa mengetahui penyebabnya. Karena penyebab inilah yang menjadi akan dari masalah. Untuk itulah artikel berikut akan membahas penyebab kecanduan Hp sebagai bahan pembelajaran.

  1. Lingkungan

Penyebab kecanduan pertama ini tidak terpungkiri memberikan dampak yang begitu tinggi. Lingkungan yang mayoritas menggunakan Hp tentu akan menimbulkan efek cemburu untuk memilikinya. Selain itu, ketika orang yang ada disekiling mengoperasikannya tentu berkeinginan pula melakukan hal yang sama. Faktor inilah yang seringkali tanpa disadari tetapi berdampak besar. Jika tidak melakukan hal yang sama dapat menimbulkan depresi. Untuk itulah penting menjaga agar lingkungan tidak terbebas tetapi mengenal waktu kapan bermain Hp kapan bersosialisasi.

  1. Kurangnya Perhatian dari Orang Tua

Penyebab kedua ini terjadi pada anak. Orang tua yang terlalu sibuk dan tidak menyadari akan bahaya Hp menjadikan anak semakin bersemangat untuk menggunakannya. Perhatian inilah yang sangat dibutuhkan karena akan mengurangi angka penggunaan dan angka kecanduan. Kurang perhatian pada orang tua juga berdampak pada berbagai jenis gangguan mental pada anak. Tentu anda tidak ingin hal itu terjadi?

  1. Jarang Bermain di Luar Rumah

Ketika jarang melakukan kegiatan di luar rumah tentu akan melakukan kegiatan yang enak dan nyantai. Salah satu kegiatan itu berupa memegang Hp. Tentu hal inilah yang akan membuat anda semakin bersemangat untuk mengoperasikan Hp. Terlebih ketika tidak ada kegiatan di luar rumah. Untuk itu, bagi anda wajib melakukan kegiatan sehingga terhindar dari keinginan untuk mengoperasikan Hp. Tidak saja itu ketika tidak ada kegiatan di luar rumah dapat meningkatkan penyakit stroke.

  1. Orang Tua Sering Memang Hp

Penyebab keempat ini akan berdampak pada anak. Terlebih orang tua yang sering memegang hp dihadapan anak. Lambat laun akan menjadi contoh nyata bagi anak. Anak secara otomatis akan menirukan apa yang dilakukan orang tuanya. Sehingga, semakin lama akan megakibatkan kecanduan Hp.

  1. Kurangnya Komunikasi

Komunikasi yang nyaman akan memberikan dampak yang positif bagi orang lain. Utamnya untuk anak karena dengan komunikasi yang nyaman inilah akan membuat anak semakin melupakan akan keberadaan Hp. Berbeda dengan yang tidak akan komunikasi akan lebih memilih Hp sebagai bahan untuk bermain dan bercengkrama. Sehingga, berbagai gejala mata minus akibat memegang Hp terlalu lama tidak dapat terjadi.


  1. Takut Tidak Update

Penyebab kecanduan Hp adalah takut tidak update. Era sekarang tentu keinginan untuk selalu eksis. Bebagai fitur yang dihadirkan telpon genggam sekarang ini tentu akan memanjakan pemiliknya. Cocok untuk melakukan berbagai bentuk kegiatan msalnya dengan selfie. Hal itulah yang memberikan dampak untuk selalu update dengan menggunakan Hp. Tentu akan berkaitan dengan kecanduan padanya.

  1. Aplikasi Keren Dan Canggih

Aplikasi inilah yang membuat siapa saja tergoda untuk memiliki Handphone. Terlebih dapat dilakukan untuk berbagai kegiatan. Fitur-fitur super canggih yang ada di dalamnya akan membuat siapa terpengaruh. Tentu inilah yang menjadi salah satu penyebab kecanduan itu.

  1. Gengsi

Penyebab kecaduan berikutnya adalah gengsi. Di jalan sekarang tidak memiliki Hp tentu dianggap ketinggalan zaman. Terlebih harga, pilihan, dan kelengkapan fitur yang ada sungguh lengkap. Tentu bagi siapa saja ingin untuk membelinya. Terlebih bagi kaum muda yang masih tinggi soal gengsi. Tentu dengan gengsi inilah yang lama-kelamaan akan membuat anda semakin kecanduan. Karena mau tidak mau harus mengikuti apa yang update di Hp terbaru itu.

  1. Kurang Memiliki Kesibukan

Bagi orang yang memiliki kesibukan paling tidak terhindar untuk terus bergelut dengan Hp. Karena banyak pekerjaan atau kesibukan yang perlu untuk dilakukan. Dibandingkan harus bermain Hp yang kurang menguntungkan. Berbeda dengan orang yang tidak memiliki kesibukan untuk mengisinya tentu dengan bermain ponsel pintar. Kegiatan yang dilakukan dari pada tidak melalukan apapun. Untuk itu, penting bagi anda memiliki kesibukan di luar rumah utamanya untuk menghindari kecanduan Hp.

  1. Pelarian

Penyebab kecanduan ini dialami bagi orang yang sedang menghadapi banyak masalah. Sebagai wujud pelarian dengan membuat status, bermain game, dan bahkan sekedar memainkan hp saja.

 

 

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup