23 Cara Menghilangkan Efek Kopi agar Bisa Tidur Nyenyak Paling Efektif

Banyak orang memang menggemari kopi, namun keluhan dari mengonsumsi kopi pun juga tak sedikit. Ketika minum kopi terlalu berlebihan, maka salah salah satu efek yang paling terasa adalah susah tidur padahal esok harinya harus kembali beraktivitas dari pagi. Untuk itu, ada beberapa cara menghilangkan efek kopi agar bisa tidur untuk disimak kali ini.

  1. Minum Air Putih

Cara paling efektif, alami dan dipastikan aman untuk menghilangkan efek kafein dari dalam tubuh adalah dengan minum banyak air putih. Segelas air putih untuk setiap cangkir kopi yang dikonsumsi terbukti mampu menetralkan kafein dalam waktu relatif singkat. Jadi selain bisa mencegah bahaya dehidrasi, air putih juga berguna sebagai penetral kafein.

  1. Makan Makanan/Minuman Sehat dan Hangat

Solusi berikutnya adalah mengonsumsi makanan-makanan yang sudah pasti sehat serta dalam kondisi hangat. Sup hangat di mana isinya adalah sayur-sayuran adalah contoh makanan yang baik untuk menghilangkan efek kopi. Sup serta susu yang hangat adalah pilihan terbaik karena juga akan merilekskan tubuh sehingga lebih mudah untuk pergi tidur.

  1. Berolahraga

Kelebihan kafein di dalam tubuh karena terlalu banyak minum kopi sehingga sering tak bisa tidur bisa diatasi dengan berolahraga. Olahraga yang teratur akan membantu memetabolisme kelebihan kafein dalam sistem jaringan tubuh. Berikut ini jenis-jenis olahraga yang bisa dilakukan asalkan Anda juga waspada terhadap bahaya olahraga yang berlebihan.

  • Peregangan
  • Yoga
  • Latihan kardio
  • Berjalan
  1. Minum Anggur

Bukankah anggur memiliki kandungan alkohol? Segelas kecil anggur mampu membantu membuat aktivitas otak lebih lambat dan sifat stimulan yang dibawa oleh kafein dari kopi yang Anda minum akan dapat diatasi. Tentu saja yang diperbolehkan hanya segelas kecil dan sebaiknya tak lebih dari itu karena mampu menghambat proses renormalisasi tubuh Anda.

  1. Mengonsumsi Pisang

Untuk membuat efek kopi hilang secara lebih baik dan Anda bisa tidur nyenyak, cobalah untuk makan pisang selain dari minum banyak air putih. Pisang mampu menenangkan perut dan meminimalisir segala efek yang tak diharapkan dari kafein. Dengan mengonsumsi pisang jugalah, keseimbangan elektrolit dalam tubuh dapat kembali normal.

  1. Melakukan Aktivitas yang Merilekskan Diri

Supaya efek kopi bisa hilang secara alami dan Anda pun dapat merasa rileks dan nyaman sehingga dapat tidur nyenyak pada malam harinya, ada sejumlah kegiatan positif yang bisa dicoba untuk dilakukan seperti:

  • Berjalan-jalan di sekitar rumah atau taman juga boleh bila ada.
  • Membaca buku.
  • Duduk atau berbaring di mana suasana ruangan juga harus tenang.
  • Menghirup napas dalam-dalam sambil menutup mata.
  • Menggunakan minyak lavender untuk mandi karena sifat menenangkan ditawarkan oleh minyak aromaterapi ini.
  • Mendengarkan musik yang lembut sehingga dapat menenangkan diri.
  1. Mengonsumsi Camilan Sehat

Pisang memang merupakan salah satu camilan sehat, namun bila Anda bukan penggemar buah pisang, bisa juga mengonsumsi camilan sehat lainnya demi menghilangkan efek kopi dan demi tidur yang mudah dan nyenyak. Contoh camilan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi lainnya adalah roti bakar yang dinikmati dengan buah-buahan, sayuran, atau mentega almond yang akan menutrisi tubuh dengan lemak baik dan akan menyerap kafein dengan sempurna sehingga Anda bisa tidur dengan nyenyak di malam hari.


  1. Menambah Asupan Magnesium

Mengasup suplemen magnesium juga adalah solusi tepat bila ingin menghilangkan efek kopi. Mineral satu ini bakal membantu dalam melawan rasa sakit kepala yang disebabkan oleh kafein berlebih di dalam tubuh. Namun, pastikan selama mengonsumsi suplemen magnesium ini Anda juga minum banyak-banyak air putih.

  1. Mengonsumsi Teh Herbal

Untuk menghilangkan atau menetralisir efek kopi dan kafein dalam tubuh, cobalah untuk mengonsumsi teh herbal. Teh herbal diketahui juga manjur dalam membuat tubuh lebih rileks sehingga Anda akan lebih gampang tidur nantinya, yakni seperti:

  • Teh kamomil
  • Teh lemon balm
  • Teh passion flower
  • Teh catnip

Berbeda dari teh biasa, teh herbal tak mengandung kafein sehingga akan baik bagi tubuh bahkan juga mampu mengatasi gangguan pencernaan.

  1. Menunggu

Alangkah baiknya Anda tidak minum kopi tepat sebelum tidur. Pada umumnya, efek samping dari kopi akan hilang setelah beberapa jam, jadi menunggu adalah alternatif lainnya dalam menghilangkan efek kopi dengan sendirinya. Supaya malamnya bisa tidur, Anda bisa mengonsumsi kopi paling lambat jam 2 atau 3 siang supaya efeknya akan memudar ketika sudah malam.


  1. Membatasi Asupan Kopi

Pada dasarnya, kafein tak hanya ada di dalam kopi saja, tapi juga terkandung di dalam teh, coklat hingga beberapa obat-obatan tertentu serta produk minuman berenergi. Jadi bila Anda juga mengonsumsinya juga, asupan kafein di dalam tubuh jelas berlebihan. Ada baiknya untuk membatasi asupan kopi mulai dari sekarang supaya dapat tidur dan juga sekaligus mencegah tekanan darah tinggi.

Batasi juga kafein dengan memperbanyak minum air putih saja daripada kopi dan minuman berkafein lainnya. Dalam sehari dosis kafein yang dianjurkan adalah 400 mg di mana ini setara dengan 4 cangkir kopi saja dan tidak lebih.

  1. Menambah Asupan Vitamin C

Makanan-makanan yang mengandung vitamin C tinggi juga dipercaya menjadi kunci penghilang efek kopi supaya seseorang dapat tidur dan rileks. Para ahli menyatakan bahwa kadar kafein di dalam tubuh yang terlalu tinggi hanya akan memengaruhi vitamin C di dalam darah sehingga pada akhirnya tubuh menganggap bahwa Anda sedang kekurangan asupan vitamin C. Jadi, mengonsumsi makanan atau suplemen bervitamin C adalah yang paling baik supaya bisa menetralisir efek kopi atau kafein secara alami.

Demikianlah cara-cara menghilangkan efek kopi agar bisa tidur paling efektif yang layak dicoba. Kiranya cara-cara tersebut mampu membantu Anda dalam menormalisasi tubuh kembali dan menjadikannya lebih rileks sehingga tak lagi susah tidur karena efek kopi.

,
Post Date: Thursday 05th, October 2017 / 17:50 Oleh :
Kategori : Cara Hidup Sehat