13 Cara Mengatasi Bersin di Pagi Hari Paling Efektif

Bersin menjadi sebuah pertanda adanya benda asing di saluran pernapasan atas, di hidung atau tenggorokan.  Bersin di pagi hari, apalagi saat dingin satu atau dua kali merupakan hal yang wajar. Namun, ada sebagian orang yang mengalami bersin berulang-ulang sampai lebih dari lima kali dan setiap hari. Meskipun bersin tersebut tidak berbahaya, maka perlu diketahui penyebabnya. Beberapa penyebab sering bersin setiap hari di pagi hari, antara lain:

  • Rhinitis – Rhinitis adalah bersin karena alergi.  Seseorang yang mempunyai riwayat alergi terhadap suhu di pagi hari terutama akan bersin-bersin di pagi hari.  Dapat juga elrgi dipicu oleh debu, tungau, dan hal lain yang menempel pada kasur atau bantal dan terhirup saat tidur di malam hari.  Obat rhinitis alergi dapat digunakan untuk mengatasinya.
  • Kondisi Udara – Bersin di pagi hari karena kondisi udara di sekitarnya, sebenarnya termasuk jenis alergi.  Namun di sini dibedakan.  Kondisi yang membuat bersin antara lain: udara terlalu kering, perubahan suhu secara drastis, udara dingin, perubahan kelembaban, pemanas atau pendingin ruangan.
  • Kondisi Tubuh – Kondisi tubuh yang dapat menimbulkan bersin di pagi hari adalah kelelahan, kurang tidur, dan stress.
  • Flu dan Sinusitis – Flu dan ciri-ciri sinusitis dapat mengakibatkan seseorang bersin di pagi hari.  Umumnya bersin karena infeksi virus ini disertai dengan gejala pilek, hidung tersumbat, mimisan, suara serak atau sengau, daya penciuman dan pengecap berkurang, dan kurang nafsu makan.

Bila bersin karena infeksi dan mengganggu kesehatan maka konsultasi ke dokter adalah jalan terbaik.  Apalagi jika pilek lebih dari 2 minggu. Bersin yang bukan disebabkan infeksi, juga harus diatasi sendiri meskipun tidak berbahaya. Karena bersin mengganggu aktivitas yang sibuk di pagi hari dan  dapat membuat suasana hati menjadi tidak nyaman. Beberapa cara mengatasi bersin di pagi hari diuraikan di bawah ini.

  1. Mandi dan Bangun Pagi Lebih Awal

Bangun dan mandi pagi lebih awal yang dimaksud adalah sebelum shubuh.  Meskipun yang ada dalam bayangan mandi lebih pagi berarti lebih dingin dan bersin lebih parah, yang terjadi tidak demikian.  Sebelum shubuh perbedaan udara tidak drastis.  Jika bangun kesiangan dan langsung mandi, maka air akan terasa lebih dingin.  Jika masih ragu, cara ini bisa dicoba saja dulu.

  1. Mengamati dan Menghindari Pemicu Alergi

Jika pemicu alergi adalah debu, maka lingkungan di sekitar rumah, terutama kamar harus rajin dibersihkan.  Jika alergi dipicu oleh dingin, tidak mungkin orang melewati hari tanpa pagi hari yang dingin, maka cara pertama dengan mandi dan bangun lebih awal dapat dilakukan. Obat alergi debu alami merupakan cara terbaik,

  1. Membersihkan Kamar Tidur

Membersihkan kamar tidur adalah cara menghindari atau menghilangkan penyebab alergi seperti debu atau pun tungau yang melekat di kasur atau bantal.  Selain mengatasi bersin, maka membersihkan kamar tidur juga dapat mencegah berbagai penyakit lain.  Termasuk membersihkan kamar tidur adalah rutin mengganti sprei dan sarung bantal yang digunakan.

  1. Tidak Menggunakan AC Semalaman

Penggunaan AC membuat udara di sekitarnya menjadi lebih kering  Ini akan memicu bersin di pagi hari.  Efek penggunaan AC bagi kesehatan dan lingkungan sangat banyak dan berbahaya.  JIka Anda termasuk orang yang tidak tahan terhadap udara yang panas, maka matikan AC saat lewat tengah malam .  Lewat tengah malam udara tidak sepanas sebelumnya.  Mengatur suhu pendingin sesuai kebutuhan juga dapat dilakukan.  Ini juga akan membantu menjaga kesehatan kulit. Selain itu, pendingin menyimpan debu di dalamnya.  Bersihkan debu secara berkala agar tidak menjadi masalah kesehatan  atau menjadi pemicu alergi lain.

  1. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat dapat dilakukan seseorang yang merasa udara di sekitarnya panas pada malam hari.  Mandi air hangat dapat dilakukan sebelum tidur.  Ini akan membuat pori-pori menjadi lebih terbuka dan terhindar dari perasaan kepanasn atau gerah.  Anda akan tidur lebih nyenyak di malam hari, meskipun tanpa menggunakan pendingin ruangan.


  1. Olahraga

Olahraga teratur meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  Dengan olahraga dan berkeringat tubuh sudah menyesuaikan diri dengan suhu di sekitarnya.  Olahraga ringan beberapa menit setiap pagi, akan mengurangi bersin di pagi hari sedikit demi sedikit.  Melalui olahraga dan mengeluarkan keringat berarti juga mengeluarkan racun dari dalam tubuh setiap hari.  Banyak dampak negatif tidak pernah berolahraga yang bisa dirasakan.

  1. Konsumsi Makanan yang Bergizi

Selain olahraga, konsumsi makanan yang bergizi juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  Jika Anda sedang berdiet menurunkan berat badan, lakukan diet sehat sehingga asupan makanan tetap bergizi.  Makanan yang bergizi juga dapat mengatasi bersin karena infeksi bahkan mencegah infeksi itu sendiri.   Makanan bergizi adalah makanan yang bervariasi dan cukup semua zat gizi yang dibutuhkan,  Untuk mengatasi bersin, ditekankan kepada konsumsi buah-buahan lebih sering.

  1. Banyak Minum Air Putih

Air putih diyakini membantu memperlancar metabolisme tubuh, memperlancar peredaran darah, dan membuang racun keluar dari dalam  tubuh dalam bentuk keringat dan air seni.  Jika terbangun di malam hari, minumlah air putih yang tidak dingin (bukan dari kulkas).  Ini sangat penting dilakukan, khususnya bagi yang tidur menggunakan pendingin.  Untuk mengurangi kekeringan pada kulit dan mengatasi kurangnya cairan.


  1. Cukup Istirahat dan Menghindari Stress

Istirahat yang kurang dan stress dapat mengakibatkan tubuh kehilangan daya tahannya atau menurunkan daya tahan tubuh.  Oleh sebab itu, stress dan kurang istirahat dapat memicu bersin di pagi hari.  Sebanyak apapun pekerjaan Anda, atur waktu sebaik mungkin untuk mengistirahatkan tubuh.  Mengelola stress dan bersikap lebih santai terhadap suatu masalah akan sangat membantu dan menjaga kesehatan.  Terapi menghilangkan  stress paling mudah salah satunya dengan rutin berolahraga.

  1. Penggunaan Obat-obatan

Penggunaan obat-obatan dapat digunakan untuk menghilangkan alergi.  Namun hal ini tidak dapat dilakukan selamanya. Karena bagaimana pun obat-obatan mengandung bahan kimia.Tidak baik konsumsi obat-obatan dalam waktu lama. Hal tersebut akan memicu munculnya masalah kesehatan yang baru.  Akan lebih baik bersin diatasi dengan menghindari alergen atau pemicunya dan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.  Penggunaan obat-obatan untuk mengatasi bersin di pagi hari hanya dengan konsultasi dokter atau bagi orang yang mengalami bersin karena infeksi virus, bakteri, atau jamur.

Tidak sulit bukan cara mengatsi bersim di pagi hari? Asalkan diniatkan dengan penuh tekad maka bersin tidak akan mengganggu lagi setiap pagi dan Anda dapat hidup lebih sehat. Semoga bermanfaat untuk Anda, terutama yang cukup sering mengalami kondisi semacam ini.

, , ,
Post Date: Sunday 12th, November 2017 / 06:25 Oleh :
Kategori : Cara Hidup Sehat