7 Bahaya Benturan Pada Tulang Ekor – Penyebab dan Perawatan

Tulang ekor atau biasa disebut juga dengan tulang sulbi merupakan bagian paling ujung dari bagian tulang belakang. Fungsi utama dari tulang ekor ini adalah menjaga keseimbangan seseorang saat sedang duduk. Salah satu bahaya yang sering terjadi pada tulang ekor adalah apabila terjadi benturan pada tulang ekor tersebut. Benturan pada tulang ekor tersebut bisa ketika kita jatuh dengan posisi duduk atau pun benturan lainnya seperti pada saat kita sedang beraktifitas atau berolahraga. Benturan ini akan menyebabkan rasa sakit yang disebabkan karena retak, dislokasi, atau memar pada tulang ekor tersebut.

Bahaya benturan pada tulang ekor ini bisa menjadi sangat fatal akibatnya bila salah dalam penanganannya. Hal terburuk dari benturan pada tulang ekor ini bisa mengakibatkan kelumpuhan dan yang lebih parah lagi. Selain itu juga, bahaya dari benturan pada tulang ekor ini bisa mengakibatkan hal – hal seperti :

  1. Sakit saat sedang duduk, atau setelah duduk ketika bergerak dari duduk ke berdiri
  2. Nyeri pada bagian panggul dan sakit pinggang belakang.
  3. Nyeri pada bagian tulang ekor dalam jangka waktu yang lama.
  4. Depresi dan susah tidur
  5. Sakit kepala parah
  6. Sakit ketika sedang melakukan hubungan seksual
  7. Bagi wanita, bisa menyebabkan sakit dan kram yang sangat pada saat menstruasi.

Jatuh dalam posisi duduk

Selain bahaya benturan pada tulang ekor, secara lebih luas bahaya benturan pada tulang belakang yang disebabkan oleh jatuh terduduk dapat mengakibatkan berbagai macam hal seperti :

  • Cedera pada ruas leher, yang akan mengakibatkan sakit leher bagian belakang, bahu, kepala, dan lengan
  • Kelumpuhan pada lengan dan tungkai, bahkan dampak terburuknya adalah mengakibatkan kelumpuhan pada otot pernapasan.
  • Cedera pada sumsum tulang belakang. Sumsum tulang belakang sendiri merupakan susunan saraf dengan fungsi sangat vital. Ada 3 fungsi utama pada sumsum tulang belakang atau medulla spinalis yaitu fungsi motorik, sensorik, dan otonom. Maka jika terjadi masalah pada sumsum tulang belakang ini hal terburuk adalah terganggunya fungsi – fungsi tadi yang bisa menyebabkan kelumpuhan.
  • Hal terburuk lainnya dari jatuh dalam kondisi duduk adalah bisa saja kita mengalami kebutaan.kebutaan ini terjadi jika pada saat terjatuh kepala kita berayun ke belakang dan mengenai benda lain.

Penyebab.

Selain karena terjatuh dalam posisi terduduk, bahaya benturan pada tulang ekor ataupun tulang belakang secara umum juga bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti

  • Posisi duduk kita yang salah
  • Pukulan atau benturan langsung ke tulang belakang
  • Bagi wanita cedera pada tulang ekor bisa terjadi ketika proses persalinan. Baik karena terluka atau patah tulang ekor.
  • Infeksi atau tumor pada tulang ekor.

Perawatan

Beberapa hal yang bisa kita lakukan sebagai langkah perawatan ketika kita mengalami benturan tersebut dan cara mengatasi sakit tulang ekor agar terhindar dari bahaya lebih lanjut diantaranya adalah :

  • Hindari duduk dalam jangka waktu yang lama terutama duduk di permukaan yang keras.
  • Jika terpaksa harus duduk dalam jangka waktu yang lama, gunakan bantal atau penyangga yang empuk. Hal ini guna menguragi tekanan pada tulang ekor yang sedang sakit
  • Anda juga bisa mengkompres area tulang ekor menggunakan es dan dilakukan secara rutin.
  • Biasakan makan makanan yang mengandung banyak serat. Hal ini untuk menghindari konstipasi.
  • Bila mengharuskan, anda bisa mengkonsumsi obat –obatan pereda nyeri. Tentunya hal ini harus dilakukan dengan saran dan izin dokter

, , ,
Post Date: Sunday 12th, November 2017 / 22:31 Oleh :
Kategori : Aktivitas Berbahaya