Home Featured Waspadai 8 Tanda Flu Ini yang Berisiko Membahayakan Tubuh

Waspadai 8 Tanda Flu Ini yang Berisiko Membahayakan Tubuh

by Erlita

Flu kerap dianggap sebagai masalah kesehatan yang ringan sehingga banyak orang yang mengabaikan dengan tidak minum obat atau menemui dokter. Flu adalah penyakit biasa yang nantinya bisa sembuh sendiri, itulah yang banyak orang pikir. Namun jika flu tak kunjung sembuh dan tanda-tanda inilah yang terjadi, segera ke dokter karena risiko bahayanya yang besar.

  1. Mata Berair Disertai Gatal

Mata yang sering mengeluarkan air dan bahkan gatal terus-menerus selama mengalami flu, ada kemungkinan flu yang menyerang bukan flu biasa, melainkan adalah reaksi alergi. Jika tanda ini cukup mengganggu karena terus berkelanjutan, jangan tunggu lama untuk memeriksakan diri ke dokter.

  1. Berlangsung 3 Minggu Lebih

Flu yang juga disertai batuk dan ini bisa lebih dari 3 minggu sebaiknya jangan abaikan dan segera memeriksakan diri ke dokter. Gejala flu yang terus berlanjut bisa saja menandakan adanya penyakit yang tidak kita duga, misalnya pneumonia, penyakit asma, atau justru penyakit lainnya yang berhubungan dengan paru-paru dan sistem pernapasan.

  1. Warna Dahak Tidak Normal

Jika saat flu mengeluarkan dahak dengan warna yang tak wajar dan cenderung aneh, segera saja pergi ke dokter untuk memeriksakan diri. Sebab dahak berwarna bukanlah pertanda yang baik, ini mengartikan bahwa di dalam tubuh ada yang salah dan bisa jadi ada suatu perlawanan dari sel darah putih kepada infeksi.

  1. Ingus Berwarna

Selain dahak, ingus berwarna juga patut diwaspadai karena lendir yang normal di kala pilek sebenarnya adalah kuning muda dan putih bening. Namun bila warna ingus kuning muda tapi bertahan selama kurang lebih 2 minggu disertai batuk berdahak dan demam, segera ke dokter saja ya.

  1. Sakit Kepala Parah

Flu yang diikuti dengan sakit kepala hebat tentu bikin tak nyaman, namun selain tak nyaman, sakit kepala ini bisa saja menandakan adanya penyakit serius dan bukan flu biasa. Kesehatan sistem saraf otak dapat saja terganggu dan kemungkinan penyakit yang cukup besar terjadi di sini adalah meningitis atau radang di bagian lapisang pelindung otak.

  1. Detak Jantung Tak Teratur dan Nyeri di Dada

Bila kondisi flu diikuti dengan keluhan aritmia atau detak jantung tak teratur, ditambah nyeri pada dada, bisa jadi ini bukan flu biasa. Gejala seperti ini dapat merupakan kondisi efek dehidrasi ataupun gangguan kesehatan jantung. Segera periksakan diri ke dokter kalau memang ada masalah pada jantung dan jangan mengabaikannya.

  1. Gejala Kambuh Terus dan Bahkan Memburuk

Sepintas mungkin gejala flu itu tidak terlalu mengganggu dan bahkan kita menganggapnya gangguan kesehatan ringan. Namun jika setelah terasa membaik kemudian gejala muncul lagi dan lebih buruk dari sebelumnya, jangan abaikan pertanda ini karena bisa berisiko lebih serius nantinya.

  1. Penurunan Berat Badan

Flu kalau sampai disertai kehilangan selera makan berhari-hari sampai berat badan turun juga perlu dipertanyakan. Hal ini menjadi lebih tak wajar ketika cukup makan tapi berat badan tetap turun secara signifikan. Dugaan gejala mengacu pada HIV, infeksi bakteri, atau bahkan hipertiroid; demi memastikannya, pergi periksakan diri saja ke dokter ya.

Itulah sederet tanda atau gejala flu sudah tak wajar dan bahkan punya risiko membahayakan kesehatan tubuh. Jangan tunggu sampai terlalu buruk, segera temui dokter agar dapat terdeteksi penyakit apa yang tengah dialami dan dokter mampu memberikan pengobatan yang sesuai dengan penyebabnya.

You may also like