Terdiagnosa Prediabetes, Oprah Winfrey Sengaja Pangkas 19 Kg Berat Badan

326

Oprah Winfrey yang kita kenal sebagai seorang pembawa acara The Oprah Winfrey Show sekaligus aktris dan produser TV dikabarkan sempat didiagnosa prediabetes. Prediabetes sendiri adalah suatu tahap sebelum sampai ke penyakit diabetes. Pada kondisi prediabetes, gula darah kadarnya sudah lebih tinggi dari normalnya, tapi belum bisa masuk kategori diabetes.

Awal diagnosa prediabetes sendiri biasanya bisa kemudian menjadi diabetes tipe 2 dalam kurang lebih 1 dekade. Karena diagnosa tersebut, Oprah pun memutuskan untuk partisipasi dalam suatu program diet dari Weight Watchers atau WW sebagai cara menurunkan berat badan secara alami dengan tujuan hidupnya jauh lebih sehat dan bugar.

Memang benar, Oprah sebelumnya tak pernah memberi tahu media atau masyarakat bahwa ia didiagnosa prediabetes. Namun kini setelah ia berhasil pangkas sekitar 19 kg berat badannya, ia pun buka suara melalui surat dan mengakui bahwa ia kini jauh lebih baik. Dari berat badan semula yang 90 kg, kini ia artinya berbobot 71 kg.

Oprah juga mengatakan bahwa ia sempat tak terima faktanya bahwa berat badannya kelebihan dan karena hal inilah risiko diabetesnya makin tinggi dengan diawali dari diagnosa prediabetes. Lebih mengkhawatirkan lagi, ternyata riwayat kesehatan keluarga Oprah sendiri pun ada yang mengidap penyakit diabetes.

Karena bobot tubuh berlebihan, Oprah mengakui juga kalau tekanan darah tinggi pun sempat ia alami. Hal ini berpengaruh pada sistem kardiovaskular yang kesehatannya turut terganggu, yakni ditandai dengan detak jantung yang berdebar lebih kencang dari normalnya. Inilah yang kemudian memicunya ingin hidup lebih sehat, benar dan baik melalui pemilihan asupan bernutrisi yang seimbang.

Perubahan pola makan dan pola hidup adalah yang paling penting dalam mengontrol kadar gula darah agar tidak kemudian telanjur dari prediabetes ke tahap diabetes, yakni dengan:

  • Memilih makanan kaya serat
  • Memilih asupan makanan dengan kandungan rendah kalori dan lemak
  • Mengurangi asupan garam
  • Menghindari makanan dan minuman yang manis-manis
  • Membatasi konsumsi alkohol (khususnya bagi yang sudah terbiasa mengonsumsi banyak)
  • Olahraga rutin dan konsisten (seminggu lakukan beberapa kali, setengah hingga satu jam setiap kali latihan fisik)

Prediabetes sendiri adalah suatu kondisi yang jarang disadari oleh banyak orang karena gejalanya samar-samar dan cenderung tak nampak. Itulah gunanya mengecek kadar gula darah teratur. Apabila Anda pun telah terdiagnosa prediabetes, maka jangan panik dulu karena masih ada waktu untuk mengubah pola hidup jadi lebih sehat supaya diabetes melitus tipe 2 dapat dicegah.

Sebelum tanda awal prediabetes berkembang, semoga kisah Oprah Winfrey ini bisa menjadi motivasi dan inspirasi bagi para penderita prediabetes di luar sana. Apalagi jika sudah ketahuan berat badan terlalu berlebih, sudah waktunya untuk mulai mengurangi berat badan dengan cara alami supaya lonjakan gula darah bisa dikendalikan.