Hanya Karena Celupkan Kaki ke Air Pantai, Infeksi Bakteri Mengancam Nyawa Pria Ini

119

Adam Perez adalah pria dari Texas yang rupanya harus mengalami hal yang tak menyenangkan hanya karena aksi sederhana. Aktivitas bermain air di pantai tentunya adalah hal biasa yang umumnya bakal dilakukan banyak pengunjung pantai bukan? Namun sayangnya, pria ini justru terserang infeksi bakteri usai kakinya dicelup pada air pantai.

Pria berusia 42 tahun ini mengatakan bahwa dirinya takkan sama lagi seperti yang dulu, terutama ini karena dirinya tak lagi bisa berjalan dengan normal. Akibat infeksi bakteri mematikan, ia harus menempuh sejumlah tindakan medis berupa operasi di mana dari situlah ada cukup banyak daging yang hilang dari kaki kanan bawahnya.

Saat ke pantai Waters Edge Park, ia sebenarnya tak mendapati adanya luka pada kakinya. Hanya saja, rupanya ada infeksi jamur pada jari kaki kanan sehingga bakteri vibrio justru bisa masuk melaluinya ke dalam tubuh pria ini. Jadi dari luka terbuka dari infeksi jamur, masuklah bakteri yang tak diharapkan tersebut.

Adam mengeluhkan kakinya menjadi bengkak setelah itu, lalu pihak medis pun memberinya obat antibiotik agar bengkaknya hilang. Bukannya bertambah baik, justru ada tumbuh kutil besar di kaki pria itu sehingga harus diperiksakan ke rumah sakit di mana ia kali ini harus menempuh operasi.

Ia harus menjalani operasi berulang kali sampai sembuh menurut unggahannya pada akun Facebook pribadinya. Penting pula untuk kita ketahui bahwa luka terbuka tidak sebaiknya terkena air apalagi membuat kondisinya makin lembab. Bakteri dan kuman lainnya jauh lebih suka pada lokasi yang lembab sehingga mudah masuk ke luka tersebut dan bahkan dapat menjalar ke dalam jaringan tubuh serta memicu infeksi.

Sebagai akibatnya juga, air terserap oleh sel-sel tubuh dan menyebabkan pembengkakan, lalu hal ini juga turut berisiko memecah sel lalu mematikannya. Oleh sebab itu, beberapa hal ini patut kita ingat dan terapkan saat sedang memiliki luka terbuka:

  • Jaga luka tersebut supaya tetap dalam kondisi kering
  • Tutup luka dengan kain kasa atau perban agar paparan bakteri tak bisa menyerang
  • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi agar tubuh mendapat antioksidan sebagai pula cara meningkatkan daya tahan tubuh supaya proses sembuhnya luka dipercepat
  • Konsumsi makanan yang mengandung zat besi
  • Konsumsi sejumlah jenis makanan seperti susu rendah lemak, putih telur, kacang panjang serta daging tanpa lemak yang kandungan asam amino dan proteinnya tinggi agar luka cepat sembuh
  • Hindari dulu makanan-makanan yang mengandung gula tinggi sebab hal ini memengaruhi kadar kolagen kulit yang akhirnya bisa memicu melambatnya luka sembuh

Jadi bila ingin berlibur ke pantai dan bermain air di sana, pastikan dulu ya agar tidak ada luka terbuka pada area tubuh yang kemungkinan besar kena air. Semoga ke depannya kasus seperti Adam Perez tersebut tak lagi terjadi.