7 Alasan Kenapa Antibiotik Harus Dihabiskan dan Penjelasannya

Seringkali ketika kita sakit maka obat yang hampir pasti diberikan adalah anti biotik. Ada bayak jenis – jenis antibiotik dan manfaatnya. Anti biotik ini hampir pasti selalu diberikan kepada setiap pasien. Hal ini karena ada banyak fungsi antibiotik itu sendiri. Masalah yang sering muncul adalah anti biotik ini masih tersisa padahal penyakit sudah sembuh. Dokter pasti menyarankan jika anti biotik ini diminum hingga habis. Lalu kenapa anti biotik ini harus dihabiskan.

Anti biotik sendiri merupakan obat yang berperan untuk pengobatan dan pencegahan dari infeksi dan bakteri. Anti biotik akan efektif membunuh bakteri dan juga mencegah pertumbuhannya. Hal yang harus diperhatikan adalah setiap infeksi dan bakteri membutuhkan jenis anti biotik yang berbeda untuk menanganinya. Itulah mengapa kita tidak boleh memberi anti biotik milik kita kepada orang lain.

Konsumsi anti biotik haruslah sesuai dengan petunjuk dokter. Ada banyak bahaya antibiotik tanpa resep dokter yang mungkin saja bisa memperparah penyakit yang anda alami dan juga yang harus menjadi perhatian adalah bahaya antibiotik untuk anak -anak dan usia lanjut. Selain itu anti biotik pun haruslah dikonsumsi hingga habis sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Meskipun anda merasa tubuh anda sudah lebih baik, mengkonsumsi anti biotik hingga habis tetaplah dianjurkan. Ada beberapa alasan kenapa anti biotik harus dihabiskan. Beberapa alasan tersebut adalah :

  1. Menghindari bakteri tumbuh lagi
    Hal paling utama yang mungkin saja bisa terjadi jika anda tidak menghabiskan anti biotik sesuai dengan resep yang diberikan adalah kemungkinan bakteri yang telah hilang tumbuh kembali. Ketika anda mengkonsumsi anti biotik maka akan membunuh bakteri yang muncul namun ketika anda berhenti mengkonsumsi anti biotik sebelum waktunya maka mungkin saja masih ada bakteri yang masih hidup. Bakteri yang masih hidup ini bisa saja menjadi resisten terhadap anti biotik. Yang harus diketahui adalah salah satu bahaya resistensi antibiotik adalah bakteri tersebut bisa saja menjadi lebih berbahaya bagi anda.
  2. Mencegah infeksi yang kambuh kembali
    Sama dengan bakteri, hal yang mungkin terjadi jika anda tidak menghabiskan anti biotik yang diberikan kepada anda sesuai resep adalah kemungkinan muncul kembalinya infeksi pada tubuh anda. Infeksi yang kembali ke tubuh anda memungkinkan penyakit tersebut kembali kambuh. Kambuh nya penyakit dalam interval waktu yang singkat bisa berbahaya bagi tubuh anda.
  3. Anti biotik tidak bekerja dengan maksimal
    Dosis yang diberikan dokter merupakan dosis yang pas yang akan membuat anti biotik tersebut bekerja secara maksimal di tubuh anda. Dosis tersebut sudah memperhitungkan berapa jumlah yang dibutuhkan untuk membuat bakteri dan infeksi benar – benar mati. Mengkonsusmsi anti biotik tersebut tidak sesuai dengan dosis maka akan membuat efek kerja dari anti biotik tersebut menjadi tidak maksimal

  4. Mendukung sistem kekebalan tubuh
    Jika sering muncul pertanyaan mengapa anti biotik seringkali masih tersisa ketika tubuh sudah mulai membaik adalah karena pada fase itu sebenarnya sistem kekebalan tubuh kita belumlah maksimal. Anti biotik akan membantu sistem kekebalan tubuh anda agar terhindar dari penyakit yang bisa saja datang kembali. Berhenti mengkonsumsi anti biotik hanya karena merasa tubuh sudah mulai membaik bisa saja mengakibatkan penyakit tersebut datang kembali ketika pertahanan tubuh kita masih lemah.
  5. Membantu proses pemulihan
    Anti biotik akan membantu proses pemulihan dalam tubuh. Berhenti mengkonsumsi anti biotik sebelum waktunya bisa memperlambat proses penyembuhan itu sendiri.
  6. Menghindari infeksi dan bakteri yang sama kembali
    Sangat lah penting untuk menghabiskan anti biotik sesuai dengan resep dan dosis yang diberikan. Hal ini tentunya untuk memastikan semua bakteri dan infeksi yang menjadi penyebab munculnya penyakit benar – benar hilang. Anti biotik yang dikonsumsi sesuai dosis bisa mencegah munculnya penyakit yang sama kembali ke tubuh anda.
  7. Menghindari resistensi anti biotik
    Jika anda diberikan anti biotik dan hanya dikonsumsi sampai anda merasa membaik maka besar kemungkinan masih ada sebagian bakteri yang belum berhasil dimusnahkan. Dalam proses kerja nya anti biotik ini akan membunuh bakteri yang menyebabkan munculnya penyakit di dalam tubuh kita. Namun jika kita berhenti mengkonsumsi nya sebelum waktunya maka mungkin saja masih ada bakteri yang tertinggal yang belum mati. Bakteri ini kemungkinan akan menjadi resiten terhadap jenis anti biotik yang kita konsumsi sebelumnya. Hal ini akan membahayakan karena bakteri ini akan kembali menyerang tubuh kita. Lebih jauh, bakteri yang sudah kebal terhadap jenis pengobatan dasar akan meningkatkan risiko dari penyakit itu sendiri bahkan bisa menyebabkan timbulnya komplikasi.

Itulah alasan kenapa anti biotik harus kita habiskan. Mengkonsumsi anti biotik sesuai dengan petunjuka dokter akan mampu membuat sumber penyakit di dalam tubuh kita benar – benar hilang. Selain itu, anti biotik juga akan mampu membuat kemungkinan penyakit tersebut kembali menjadi lebih kecil.

 

, ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Obat