12 Cara Mengobati Gatal – Gatal Di Seluruh Tubuh yang Ampuh

Hampir semua orang pasti pernah merasakan munculnya rasa gatal pada kulit mereka. Gatal ini merupakan sebuah kondisi pada kulit yang biasanya akan memicu penderitanya untuk menggaruk bagian tersebut. Ada banyak penyebab kulit gatal, beberapa hal seperti kulit kering, paparan radiasi sinar ultra violet, aleri, infeksi jamur, dan juga penyebab lain. Gatal ini biasanya juga disertai dengan kulit yang menjadi merah, bentol pada kulit, kulit menjadi bersisik dan juga lainnya. Dalam jangka waktu yang lama, gatal yang muncul pada bagian tubuh tentu saja akan menyebabkan rasa tidak nyaman. Untuk itu kita perlu mengetahui cara mengobati gatal – gatal di seluruh tubuh agar kita bisa langsung menyembuhkan gatal – gatal yang kita rasakan. Beberapa cara mengobati gatal – gatal di seluruh tubuh yang bisa kita coba diantaranya adalah :

  1. Jangan menggaruk bagian kulit yang gatal
    Bagaimanapun juga rasa gatal yang muncul akan membuat kita ingin menggaruk bagian tersebut. Namun justru hal itu akan membuat rasa gatal yang kita alami menjadi semakin parah. Menggaruk bagian yang gatal akan menyebabkan rasa gatal menjadi menyebar ke seluruh tubuh. Selain itu, menggaruk dengan berlebihan juga akan menyebabkan kulit menjadi lecet.
  2. Menggunakan bedak
    Hal lain yang bisa anda coba untuk mengatasi gatal – gatal anda di seluruh tubuh adalah dengan menggunakan bedak. Bedak bisa mencegah berkembangnya kuman di dalam tubuh yag menjadi penyebab gatal. Selain menggunakan bedak biasa, anda juga bisa menggunakan bedak dingin. Bedak dingin ini biasa digunakan sebagai cara mengobati gatal alergi ataupun biang keringat.
  3. Kompres menggunakan air dingin atau es
    Cara lain untuk mengatasi rasa gatal di seluruh tubuh adalah dengan menggunakan air dingin atau pun es. Mengompres menggunakan es ini akan efektif menghilangkan ruam pada kulit yang menjadi penyebab gatal. Caranya pun sangtlah mudah. Kita hanya perlu mengkompres bagian gatal tersebut dengan kain bersih yang sudah dibasahi air dingin ataupun dengan menggunakan es batu.
  4. Menggunakan lotion untuk kulit
    Jika gatal pada kulit anda disebabkan oleh penyakit radang kulit ataupun dermatitis maka anda bisa menggunakan lotion khusus untuk kulit ataupun pelembab untuk kulit. Hal ini guna menghindari anda dari kulit kering dan efektif meredakan rasa gatal pada kulit anda yang disebakan kulit kering tersebut.
  5. Menggunakan balsam
    Rasa gatal juga bisa disebabkan oleh gigitan dari serangga. Untuk menghindari dan meredakan rasa gatal di seluruh tubuh yang disebabkan oleh gigitan serangga ini maka kita bisa mengobatinya dengan menggunakan balsam. Balsam akan mampu mengurangi bahkan menghilangkan rasa gatal akibat gigitan serangga tersebut.
  6. Menggunakan salep
    Salep adalah salah satu cara ampuh menghilangkan gatal – gatal di seluruh tubuh. Masalah pada kulit seperti gatal yang disebabkan oleh jamur tentu akan sangat mengganggu anda. Dalam hal ini maka anda bisa menggunakan salep untuk mengurangi dan mengatasi rasa gatal tersebut.

  7. Menggunakan minyak tawon
    Cara lain yang banyak digunakan untuk mengatasi rasa gatal berlebihan di seluruh tubuh adalah dengan mengoleskan minya tawon pada bagian yang gatal tersebut. Minyak tawon ini akan sangat efektif untuk meredakan gatal di seluruh bagian tubuh yang disebabkan oleh gigitan serangga.
  8. Menggunakan lidah buaya
    Salah satu khasiat lidah buaya untuk kulit adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Gel aloe vera yang terkandung di dalam lidah buaya efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti gatal. Caranya pun cukup mudah. cukup dengan memotong lidah buaya tersebut menjadi beberapa bagian sampai gel yang ada di dalamnya keluar. Lalu oleskan gel tersebut ke bagian kulit yang dirasakan gatal.
  9. Menggunakan jahe
    Selain sebagai obat untuk mengatasi sakit tenggorokan, jahe juga bisa dimanfaatkan sebagai obat gatal tradisional untuk mengatasi gatal pada seluruh bagian tubuh. Caranya adalah dengan merebus jahe tersebut ditambah dengan cuka dan beras putih. Lalu air hasil rebusan tersebut bisa kita minum secara teratur.
  10. Menggunakan cuka apel
    Cuka apel adalah hal yang bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan bau pada tubuh. Selain itu, cuka apel juga akan sangat efektif untuk menghilangkan gatal terutama gatal yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Karena cuka apel merupakan obat gatal jamur tradisional.
  11. Menggunakan timun
    Buah timun merupakan buah yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk menghilangkan rasa gatal di seluruh tubuh. Caranya adalah dengan menghaluskan timun tersebut kemudian menempelkannya pada kulit yang gatal
  12. Menggunakan kulit pisang
    Pisang merupakan buah yang memiliki banyak manfaat. Khasiat buah pisang untuk kesehatan sangatlah banyak. Tidak hanya pada bagian buahnya namun juga pada bagian kulitnya. Kulit pisang bisa menjadi salah satu cara mengobati gatal – gatal di seluruh tubuh. Caranya cukup dengan menempelkan bagian dalam kulit pisan tersebut ke bagian kulit yang dirasakan gatal. diamankan beberapa saat lalu bilas. Cara ini efektif untuk menghilangkan gatal.

Itulah beberapa cara mengobati gatal – gatal di seluruh tubuh yang bisa kita coba dan efektif menghilangkan rasa gatal pada seluruh bagia tubuh.

 

 

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Obat