Dapatkan 17 Khasiat Daun Ungu Bagi Kesehatan Anda !

687

Daun ungu seharusnya bukanlah tanaman yangterlalu asing lagi bagi kita sebab tanaman herbal satu ini pun sudah dikenal oleh banyak masyarakat di Indonesia. Berasal dari Polinesia dan Papua Nugini, daun ungu ini berdaun tunggal dengan bentuk bulat dan tangkainya tak terlalu panjang. Umumnya, tanaman satu ini kerap dijumpai justru di area yang tak banyak terpapar matahari, yakni wilayah hangat tapi lembab.

Meski mungkin sebagian besar dari kita sudah sering mendengar namanya, khasiat daun ungu sendiri belumlah terlalu banyak yang mengenali. Oleh karena itu, intip apa saja khasiat daun ungu yang bisa Anda dapatkan ketika masalah kesehatan tertentu dialami seperti di bawah ini.

  1. Mengatasi Wasir

Ambeien atau wasir adalah kondisi ketika pembesaran terjadi di pembuluh darah vena bagian paling bawah poros usus yang menimbulkan keluhan timbulnya benjolan akibat pembengkakan di area anus. Daun ungu dapat Anda manfaatkan dengan merebusnya sebanyak 15 lembar dan air rebusannya setelah mendidih dan diangkat Anda minum hangat-hangat sehari sekali selama sebulan atau 2 bulan sampai gejala wasir hilang.

  1. Menangani Diabetes

Penyakit gula atau kencing manis memang membuat para penderitanya menjadi sulit untuk mengonsumsi apa yang menjadi favoritnya. Namun jangan khawatir lagi, ada daun ungu yang siap dan bisa Anda rebus di mana air rebusannya Anda perlu minum sehari sekali setiap hari untuk menormalkan dan menstabilkan kadar gula darah.

  1. Menjadi Penurun Demam

Sifat antipiretik dibawa oleh daun ungu, jadi para penderita demam yang ingin menurunkan demam secara alami tanpa paracetamol bisa menggunakan daun ajaib ini. Cukup merebus daun ungu secukupnya dan meminum air rebusannya, suhu tubuh tinggi bisa menurun dengan sendirinya; tentu saja hal ini harus disertai dengan istirahat cukup.

  1. Mengatasi Peradangan

Selain sifat antipiretik, ada pula sifat antiradang atau anti inflamasi yang ditawarkan oleh daun ungu di mna itu artinya segala bentuk kondisi radang non-infeksi di dalam tubuh (bukan disebabkan oleh mikroorganisme tertentu) dapat diatasi dengan daun ungu. Baik dijadikan sebagai obat luar atau obat minum, daun ungu dapat dimanfaatkan secara luar biasa.

  1. Membantu Buang Air Kecil Agar Lancar

Sifat baik lain yang dibawa oleh daun ungu adalah sifat diuretik yang mampu memperlancar buang air kecil bagi Anda yang mungkin sering mengalami anyang-anyangan. Karena bersifat diuretik, bagi Anda yang mengonsumsi air rebusan daun ungu justru akan mengalami tingkat kecepatan lebih tinggi akan terbentuknya urine di dalam tubuh. Namun saat buang air kecil menjadi lancar, hindari menahannya dan segera keluarkan agar tidak memberi kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biak.

  1. Mengatasi Bengkak

Untuk para ibu menyusui, apalagi dengan ASI eksklusif, ada potensi besar bahwa bagian payudara dapat membengkak. Karena menjadi tak nyaman dan mengganggu aktivitas menyusui, Anda bisa mengobati pembengkakan ini menggunakan daun ungu, yakni dengan cara mengonsumsinya, baik dijadikan lalapan atau boleh juga direbus lebih dulu lalu airnya Anda minum.

  1. Mengobati Memar

Selain bisa mengatasi pembengkakan di bagian payudara wanita yang sedang menyusui, khasiat lain yang bisa didapatkan sekaligus diandalkan dari daun ungu adalah mengatasi memar yang diakibatkan oleh kejadian benturan keras. Bahkan memar yang disertai dengan pembengkakan di area tubuh yang terbentur bisa mereda karena mengonsumsi daun ungu.

  1. Melembabkan Kulit

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering dan cukup terganggu dengan kulit yang sering mengelupas atau mudah pecah-pecah dan bersisik, maka silakan untuk mencoba menggunakan daun ungu. Ini karena di dalam daun ungu ada kandungan emolien yang mampu melembabkan kulit secara alami dalam waktu yang lama.

  1. Melindungi Kulit dari Paparan Matahari

Jika Anda mungkin ingin melindungi kulit dari bahaya sinar matahari di siang hari dan ingin menghindari bahaya sinar ultraviolet, maka penggunaan daun ungu pun adalah ide yang tepat. Karena efek sinar matahari bisa membakar dan membuat kulit bertambah kering, Anda bisa melembabkannya dengan mengambil ekstrak daun ungu.

  1. Melancarkan BAB

Susah buang air besar dan mengalami sembelit berkepanjangan? Air rebusan daun ungu bisa menjadi solusi alami bagi Anda yang ingin lancar BAB. Sebelum konstipasi bisa berakibat pada penyakit wasir dan gangguan usus, Anda sebaiknya meminum air rebusannya secara rutin sekaligus mengimbangi dengan asupan makanan berserat tinggi.

  1. Menghilangkan Plak dan Karang Gigi

Jika Anda khawatir gigi Anda sulit untuk bersih dari plak-plak yang nantinya berujung pada karang gigi, maka Anda sebaiknya mencoba untuk mengonsumsi daun ungu. Daun ungu dikenal pula mengandung senyawa kimia aktif yang bermacam-macam dan baik bagi kesehatan, termasuk berkhasiat membersihkan gigi dari plak-plak.

  1. Pereda Nyeri Rematik Alami

Penyakit reumatik akan menyebabkan rasa nyeri di sejumlah bagian tubuh dan hal ini dapat disebabkan oleh kristal asam urat yang berpotensi telah menimbun. Oleh karena itu, mengonsumsi air rebusan daun ungu atau memakan daun ungu langsung bisa menjadi sifat analgesik yang siap membantu meredakan rasa nyeri secara efektif.

  1. Mengatasi Bisul

Ketika mengalami jenis penyakit kulit tertentu, seperti halnya bisul, daun ungu merupakan salah satu herbal yang paling bisa diandalkan. Cara penggunaannya pun bukan dengan direbus dan diminum air rebusannya, melainkan daun ungu yang sudah dicuci bersih dapat Anda remas atau tumbuk hingga getahnya keluar, tempel dan usapkan ke area bisul secara rutin.

  1. Mengobati Borok

Selain bisul, masalah kesehatan kulit seperti borok pun bisa Anda atasi dengan cara menumbuk beberapa lembar daun ungu yang sudah dicuci bersih. Hasil tumbukannya dapat Anda balurkan ke area kulit yang mengalami borok. Melakukan perawatan ini setiap hari serutin mungkin akan memberikan hasil kesembuhan terbaik.

  1. Menyembuhkan Luka

Selain borok, luka terbuka biasa pun entah itu karena goresan atau luka tusukan dapat Anda coba rawat dengan daun ungu. Hasil tumbukannya bisa Anda balurkan ke area kulit yang terluka setiap hari secara rutin. Jadi tak hanya menangani masalah memar, luka terbuka pun bisa Anda andalkan daun ungu.

  1. Menangani Rasa Sakit Karena Menopause

Seorang wanita yang sudah berada di masa premenopause atau bahkan mengalami menopause dini akan mengalami sejumlah keluhan termasuk rasa nyeri yang mungkin membuat Anda tak nyaman ketika harus beraktivitas sehari-hari. Supaya rasa sakit mereda dan hilang alami, Anda bisa mencoba meminum air rebusan daun ungu.

  1. Melancarkan Menstruasi

Siklus menstruasi yang lancar adalah hal vital bagi setiap wanita. Ada berbagai penyebab tidak haid lancar, mulai dari kondisi ringan hingga penyakit tertentu bukan? Untuk memperlancar haid, Anda bisa gunakan daun ungu ini sebanyak 10-15 gram yang perlu direbus lebih dulu bersama air 2 gelas. Didihkan hingga air tinggal separuhnya alias menjadi 1 gelas. Baik sebelum haid atau semasa haid, minumlah rutin air rebusan daun ungu ini.

Jadi, itulah segudang khasiat daun ungu yang luar biasa bagi kesehatan Anda yang bisa Anda coba peroleh. Herbal selalu menjadi hal yang lebih aman sebab risiko efek samping terlampau kecil asalkan penggunaan (terutama dalam bentuk konsumsi) dilakukan dalam takaran yang tepat.