5 Khasiat Luar Biasa Daun Mangga yang Jarang Diketahui

841

Mangga adalah buah yang populer dan digemari oleh masyarakat Indonesia. Pohon mangga mudah sekali hidup dan banyak tumbuh menghiasi halaman rumah-rumah, akan tetapi pemanfaatan daunnya sangatlah minim sekali, apalagi manfaat untuk kesehatan, jarang diketahui masyarakat.

Padahal ternyata daun mangga memiliki banyak kandungan senyawa bioaktif penting yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini akan dikupas khasiat luar biasa dari daun mangga yang jarang diketahui orang.

1. Obat Flu

Penyakit flu sangatlah mengganggu. Orang yang sedang mengalami flu, terkadang malas mengkonsumsi obat flu, karena biasanya bisa menyebabkan mengantuk. Jangan khawatir lagi, kamu bisa mencoba cara ini. Seperti halnya buah mangga, daun mangga pun ternyata mengandung senyawa anti oksidan berupa vitamin C, yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga daun mangga dapat dimanfaatkan untuk mengobati flu.

Cara menggunakannya, tumbuk daun mangga dan campurkan dengan madu dan jeruk nipis lalu aduk. Untuk meringankan flu, maka ramuan ini sebisa mungkin dikonsumsi secara rutin, supaya flu berangsur membaik.

2. Perawatan Wajah

Apabila di wajahmu mucul flek hitam atau bintik hitam, jangan panik dulu, cobalah mengatasinya dengan memanfaatkan daun mangga. Ambil 1-2 lembar daun mangga lalu tumbuk halus, lalu campurkan dengan sedikit yoghurt dan oleskan pada bagian wajah yang terdapat flek hitam ataupun berbintik hitam tersebut. Lakukan secara rutin hingga flek hitam ataupun bintik hitam agar wajah kembali cerah.

Selain dengan mengunakan obat herbal dari daun mangga, kamu perlu menyeimbangkannya dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang bagus untuk kesehatan dan kecantikan. Hal ini akan membantu kamu untuk mempermudah proses penyembuahan dan perawataan wajah.

3. Pencegahan & Pengobatan Varises

Varises terjadi karena gangguan pada pembuluh darah di bawah permukaan kulit yang terlihat menonjol. Kamu bisa mencegah atau mengobatinya dengan membuat ramuan berupa daun mangga yang ditumbuk halus lalu dioleskan ke bagian yang menderita varises. Cara lainnya, ambil beberapa lembar daun mangga, lalu rebuslah. Minum air rebusan daun mangga ini dengan teratur supaya varises bisa teratasi.

4. Kesuburan

Apabila kamu dan pasangan saat ini tengah mendambakan kehadiran sang buah hati, maka dapat mencoba untuk membuat teh dari daun mangga. Caranya ambil beberapa lembar daun mangga, lalu keringkan daun mangga di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Setelah itu rebus secukupnya saja, air rebusan ini yang bisa diminum secara rutin supaya kesuburan organ reproduksi kamu maupun pasanganmu meningkat dan segera dapat momongan yang didambakan.

Kesuburan sangat penting untuk seorang wantia, karena dengan kesuburan seorang wanita ini akan memberikan keturunan. Maka jangna sia-siakan kesehatan mu dengan hal sia-sia ya.

5. Obat Asam Urat

Daun mangga dapat dikeringkan dan dijadikan teh, agar bisa diseduh dan dikonsumsi secara teratur untuk membantu mengobati asam urat dan mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkannya.

Penyakit asam urat tentu menyiksa siapaapun yang menderitanya, bagaimana tidak, rasa asam urat yang ada pada tubuh ini tentu membuat tubuh selalu merasa nyeri sehingga akan menghambat setiap aktivitas yang hendak di lakukan. Agar hal tersebut tidak terjadi, maka segera ambil daun mangga untuk mencegahnya.

Ternyata banyak manfaat dari daun mangga yang bisa kita peroleh ya. Mulai sekarang jangan sia-siakan daun mangga di halaman rumahmu, karena ternyata daun mangga bukanlah sekedar sampah, akan tetapi memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Selamat mencoba!