3 Obat Herbal Gegar Otak Dan Cara Penggunaannya

Gegar otak merupakan salah satu keadaan dimana terjadi goncangan pada otak ketika kepala atau tubuh kita terbentur sesuatu. Benturan ini bisa disebabkan oleh kecelakaan atau hal lain yang tidak disengaja. Gegar otak ini biasanya akan mempengaruhi sedikit fungsi otak, tetapi pada dasarnya kerusakan tersebut tidak bersifat secara permanen. Gegar otak sendiri terbagi menjadi 3 jenis, yakni gegar otak ringan, gegar otak sedang, serta gegar otak berat.

Gegar otak sendiri sebenarnya disebabkan oleh benturan otak ke tulang tengkorak yang membungkus kepala. Hal ini terjadi karena otak sebenarnya adalah organ yang mengambang di cairan cerebrospinal. Ketika terjadi benturan, maka otak akan bergerak dan bergeser. Gerakan otak ini bisa berbenturan dengan tulang tengkorak hingga akhirnya muncul beberapa gejala gegar otak.

Berikut ini adalah beberapa gejala gegar otak:

  • Berasa mual dan muntah.
  • Sakit kepala.
  • Penglihatan kabur serta terasa bingung.
  • Sensitif terhadap cahaya atau suara.
  • Sulit untuk melihat dan berkonsentrasi.
  • Telinga terasa berdenging.
  • Keseimbangan tubuh terganggu.

Bila anda terkena gegar otak dan memeriksakan ke dokter, dokter tentu akan melakukan pengecekan awal serta meminta anda untuk melakukan CT Scan. Dengan CT Scan bisa diketahui secara langsung bagaimana kondisi otak anda dan dokter tentu akan memberikan pengobatan yang tepat. Tetapi bila  anda ingin mencoba obat tradisional. Anda bisa menggunakan obat herbal gegar otak untuk menyembuhkan gejala serta gegar otak itu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa obat herbal gegar otak yang bisa anda manfaatkan.

  1. Binahong, Sirih, dan Temulawak

Binahong merupakan salah satu obat herbal yang memiliki banyak sekali manfaat dalam kesehatan. Salah satu manfaat dari binahong ini adalah bisa membantu mengatasi gegar otak dan mempercepat proses penyembuhan gegar otak.

Sedangkan sirih dan temulawak merupakan salah satu tumbuhan herbal yang memang banyak sekali manfaatnya. Sirih bisa digunakan untuk mengatasi mimisan dan juga menyehatkan organ kewanitaan. Dan temulawak memang merupakan tumbuhan obat yang biasa dimanfaatkan untuk meningkatkan nafsu makan serta kekebalan tubuh.

Cara pemanfaatan binahong, sirih, dan temulawak untuk gegar otak adalah sebagai berikut:

  • Siapkan umbi binahong, daun sirih, serta rimpang temulawak
  • Cuci ketiga bahan herbal tersebut hingga bersih
  • Rebus ketiga bahan tersebut pada kuali yang terbuat dari tanah
  • Setelah mendidih, biarkan hingga dingin kemudian saring dan ambil airnya
  • Minum air rebusan tersebut secara rutin 2 kali sehari
  1. Ekstrak Daun Sirsak dan Ekstrak Kulit Manggis

Saat ini sudah ada banyak sekali produk herbal yang berbahan dasar ekstrak daun sirsak dan kulit manggis. Hal ini dikarenakan kedua bahan tersebut merupakan bahan herbal yang sangat berkhasiat untuk mengobati banyak penyakit, salah satunya adalah gegar otak.

Ekstrak sirsak dan manggis memang mengandung antioksidan yang tinggi sehingga bisa mempercepat proses pemulihan penyakit serta mempercepat proses regenerasi sel di dalam tubuh. Dengan kemampuan tersebut, ekstrak ini memang bisa sangat membantu dalam pengobatan gegar otak ringan, sedang maupun berat.

Cara pembuatan ekstraknya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan daun sirsak dan kulit manggis secukupnya
  • Rebus kedua bahan herbal tersebut pada kuali yang terbuat dari tanah
  • Setelah mendidih, biarkan hingga dingin, saring lalu ambil airnya
  • Minum secara rutin 1 gelas ramuan tersebut 3 kali sehari
  1. Jelly Gamat (Teripang Laut)

Gamat adalah salah satu teripang laut yang memiliki banyak manfaat. Dengan kandungan asam lemak tak jenuh serta glucosamine yang tinggi. Teripang laut bisa membantu untuk mengobati penyakit gegar otak. Anda tiidak perlu membuat ramuan herbal ini, karena produk herbalnya sudah ada banyak di pasaran. Anda cukup minum 2×1 sendok makan ekstrak gamat emas ini.

Demikian artikel mengenai 3 obat herbal gegar otak yang bisa anda gunakan untuk membantu pengobatan gegar otak. Semoga bermanfaat.

, ,