Ini 5 Khasiat Tanaman Putri Malu Lho

645

Tanaman ini sekarang sudah mulai langka, mungkin saat kita masih kecil, kita akan sering bermain ke kebun atau ke semak-semak sehingga bukan tidak mungkin akan menemukan tanaman putri malu ini. Tanaman putri malu adalah tanaman yang ketika disentuh mengatup daunnya. Pada dasarnya hal tersebut digunakan untuk melindungi dirinya.

Tanaman putri malu ternyata memiliki manfaat yang cukup dahsayat yang harus kita ketahui, separti tanaman ini dapat digunakan untuk mengatasi luka akibat diabetes sampai pada untuk mengatasi penyakit gigi. Untuk lebih jelasnya dapat kita simak manfaat yang akan diberikan tanaman putri malu yang langka berikut ini :

1. Mengatasi luka penderita diabetes

Tidak dapat dipungkiri, seorang yang mengalami penyakit diabetes biasanya akan kesulitan saat mengatasi luka yang ada pada dirinya. Pasalnya orang yang menderita diabetes diusahakan untuk tidak terkena luka baik luka tusuk, luka pisau dan luka yang berhubungan dengan kulit/daging pada tubuh kita secara langsung.

Luka yang terjadi pada penderita diabetes akan sulit diatasi karena kondisi penderita diabetes akan kesulitan dalam memulihkan luka tersebut, hal ini dikarenakan proses metabolisme tubuh pada penderita diabetes sangat sulit.

2. Mengatasi batuk

Penyakit batuk dapat terjadi karena alergi yang menyerang pada tubuh kita, maka gunakan tanaman putri malu ini untuk mengatasi batuk yang disertai dahak cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi batuk berdahak ini sangat mudah ikuti langkah berikut ini :

  • Ambilah daun putri malu kurang lebih 15 gram
  • Rebuslah selama 10 sampai 15 menit usahakan hingga air mendidih
  • Diamkan air sampai tidak panas lagi
  • Konsumsilah air rebusan tersebut sebagai obat batuk

Selain untuk mengatasi batuk, ternyata tanaman putri malu ini pun efektif digunakan untuk mengatasi penyakit sesak nafas penyakit pilek dan berbagai penyakit lainnya.

3. Mengatasi keracunan

Keracunan juga dapat diatasi dengan menggunakan daun putri malu, kandungan ekstrak putri malu ini dapat membantu menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Sehingga racun dapat langsung keluar.

4. Mengatasi penyakit insomia

Insomia dapat terjadi karena penderitanya stress atau dapat pula karena penyabab lainnya. Untuk itu kamu dapat mengatasi insomia ini dengan merebus 50 gram daun putri malu dan kamu dapat mengonsumsinya saat malam hari ketika kamu hendak tidur.

Penyakit insomia dapat menyebabkan penyakit yang berkepanjangan jika tidak diatasi dengan baik, apalagi dengan penyakit insomia ini dapat membuat tubuh kelelahan dan mudah letih. Hal ini disebabkan karena tubuh membutuhkan waktu istirahat yang cukup sehingga tubuh yang tidak diistirahatkan dapat membuat tubuh menjadi rusak.

5. Mengatasi kesehatan gigi dan gusi

Gigi dan gusi yang sehat adalah gigi dan gusi yang memiliki cukup kalsium sehingga gigi akan kuat dan sehat. Selain itu gigi yang sehat dan kuat ini akan membantu untuk mengatasi bau mulut. Apalagi dengan menggunakan daun putri malu ini, dengan menggunakn daun putri malu kesehatan gigi mu dapat terjaga dengan baik. Kesehatan gigi menjadi sangat penting apalagi ketika kamu merupakan orang yang harus bertemu dengan orang banyak.

Itulah Manfaat Tanaman Putri yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang telah tertera di atas. Penyakit-penyakit tersebut dapat diatasi dengan cara merebus tanaman putri malu dan merebusnya sesuai dengan apa yang telah diulas di atas.