Home Featured Tetap Sehat Dan Bugar Saat Puasa, Ini Cara Olahraga di Bulan Ramadhan

Tetap Sehat Dan Bugar Saat Puasa, Ini Cara Olahraga di Bulan Ramadhan

by Tri Astuti

Menjaga kesehatan tubuh dengan olahraga memang hal yang harus dilakukan semua orang. Olahraga akan membuat jantung tetap sehat sehingga terhindar dari jenis jenis penyakit jantung. Selain itu olahraga juga penting untuk menjaga kesehatan organ tubuh yang lain. Karena itu saat sudah masuk bulan Ramadhan seperti ini maka seharusnya kita juga tetap berolahraga. Tapi bagaimana caranya agar puasa juga tidak batal dan tubuh tidak lemah? Berikut ini cara olahraga di bulan Ramadhan yang bisa Anda coba sendiri.

  1. Lari Jarak Pendek Setelah Berbuka

Waktu yang tepat untuk olahraga saat puasa adalah setelah berbuka. Caranya adalah berbuka dengan cukup cairan dan makanan yang penuh kalori seperti pisang atau buah yang lain. Kemudian ibadah sholat magrib dan dilanjutkan dengan berlari jarak pendek sebelum masuk waktu ibadah sholat Isya’ dan taraweh. Kebiasaan ini sangat baik untuk membantu tubuh tetap bergerak ringan selama bulan puasa.

  1. Olahraga Ringan Saja

Ketika Anda sedang berpuasa maka semua tubuh mengalami perubahan termasuk sel-sel tubuh. Namun ketika Anda meninggalkan olahraga selama satu bulan penuh maka dampaknya bisa sangat buruk untuk tubuh. Karena itu cobalah untuk olahraga ringan setelah berbuka puasa. Anda bisa berjalan kaki atau senam ringan. Hilangkan semua jenis olahraga yang termasuk kardio.

  1. Jalan Kaki ke Masjid

Saat bulan Ramadhan maka diharapkan umat muslim bisa memperbanyak ibadah di masjid. Inilah kesempatan untuk tetap membuat tubuh sehat dan juga olahraga yang ringan. Anda bisa berjalan kaki setiap kali berangkat dan pulang dari masjid. Tidak terasa kebiasaan ini baik untuk menjaga kesehatan jantung dan otot tubuh.

  1. Olahraga Sebelum Sahur

Cara yang lain adalah mencoba untuk olahraga sebelum sahur. Tentu saja untuk bisa olahraga sebelum sahur maka Anda harus bangun lebih cepat dibandingkan waktu normal. Kemudian lakukan olahraga ringan seperti lompat tali, jalan kaki atau lari mengelilingi komplek rumah. Setelah itu minum air yang cukup dan lanjutkan dengan makan sahur.

  1. Jalan Kaki Sebelum Berbuka

Anda juga  bisa mencoba untuk berjalan kaki sebelum berbuka puasa. Anda bisa berkumpul dengan teman-teman kemudian mencari menu berbuka dengan berjalan kaki. Berjalan kaki selama 30 sampai 40 menit sehari sudah cukup untuk mengelola kesehatan tubuh. Selain itu Anda bisa menghabiskan waktu yang tersisa sehingga lebih semangat berpuasa.

Itulah beberapa cara olahraga di bulan Ramadhan yang bisa membuat tubuh sehat dan bugar. Beberapa kebiasaan ini bahkan dirasakan sebagai kebiasaan puasa dan bukan olahraga. Namun ternyata efeknya sangat baik untuk tubuh.

You may also like