Home Featured Haruskah Berolahraga Saat Sedang Menstruasi ?

Haruskah Berolahraga Saat Sedang Menstruasi ?

by Syara

Beberapa perempuan mengalami gejala seperti sakit perut, kembung, kelelahan dan sakit kepala selama periode menstruasi. Aktivitas fisik mampu membantu mengurangi gejala – gejala tersebut dan gejala lainnya.

Olahraga juga memberikan beragam manfaat lainnya untuk kesehatan. Para perempuan sebaiknya memulai untuk menjadikan olahraga sebagai kegiatan rutinnya dan bukan hanya saat sedang menstruasi.

Artikel kali ini seperti dilansir dari Medical News Today akan membahas mengenai manfaat apa saja yang diperoleh dari olahraga selama menstruasi berikut hal – hal yang harus dihindari atau coba dilakukan.

Manfaat Olahraga

Berikut ini merupakan manfaat olahraga bagi seseorang yang sedang menstruasi.

Memperbaiki Mood

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, olahraga dapat membantu mengurangi perasaan depresi. Sehingga olahraga mampu meningkatkan mood seseorang yang sedang dilanda kesedihan, perasaan terganggu, atau kemarahan selama masa menstruasi.

Menghilangkan Kelelahan

Perubahan hormone pada tubuh dapat meningkatkan sensasi kelelahan pada seseorang yang tengah dalam masa menstruasi. Menurut Office on Women’s Health (OWH) aktivitas fisik dapat memacu kadar energi seseorang saat tengah menstruasi.

Mengurangi Rasa Sakit Saat Menstruasi

Sebuah studi pada Journal of Education and Health Promotion menemukan fakta perempuan yang berolahraga tiga hari dalam seminggu setidaknya 30 menit dalam 8 minggu tidak terlalu mengalami nyeri haid dibandingkan mereka yang tidak berolahraga.

Tim tersebut menyimpulkan bahwa berolahraga selama dan sebelum masa menstruasi dapat mengurangi gejalanya.

Kegiatan fisik tersebut tidak harus berlebihan untuk waktu yang lama. Bahkan berjalan selama 30 menit sehari pun dapat memberikan manfaat. Berolahraga merupakan pilihan yang tepat saat seseorang sedang dalam masa menstruasi ataupun tidak.

Tips Berolahraga Saat Menstruasi

Berikut ini beberapa tips yang sebaiknya dilakukan saat berolahraga bagi perempuan yang tengah menstruasi.

Lakukan Peregangan

Olahraga peregangan yang tidak berlebihan seperti yoga, Tai Chi dan Pilates dapat membantu otot yang terasa tegang saat seseorang tengah menstruasi. Beberapa mungkin memilih berenang untuk menghilangkan nyeri haid.

Usahakan Tetap Terhidrasi

Dehidrasi memberikan rasa tidak nyaman bagi seseorang termasuk didalamnya kembung dan konstipasi selama masa menstruasi. Usahakan selalu tersedia air minum di sekitar Anda dan minumlah tiap 15 menit selama sesi olahraga.

Gunakan Pereda Nyeri Yang Dijual Bebas

Sakit punggung dan kram dapat menghambat seseorang untuk berolahraga saat sedang menstruasi. Pereda nyeri yang dijual di apotek seperti ibuprofen dan acetaminophen dapat membantu meredakan kram sebelum sesi olahraga dimulai. Mengaplikasikan es batu atau koyo setelah olahraga juga dapat membantu.

Selalu Sediakan Pembalut Tambahan

Olahraga kadang kala memicu aliran darah ke uterus lebih cepat. Penting untuk menyediakan pembalut tambahan untuk jaga – jaga.

Yang Harus Dihindari

Menurut Office on Women’s Health tidak ada batasan tertentu yang harus dihindari saat berolahraga dalam keadaan menstruasi. Namun begitu penting untuk mengenali tubuh Anda sendiri. Jika terlalu lelah jangan paksakan untuk berolahraga dengan intensitas tinggi.

You may also like