Cara Mengolah Kolang Kaling Untuk Diet Yang Mudah Dilakukan

Cara mengolah kolang kaling untuk diet adalah teknik menjadikan kolang kaling agar bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Kolang kaling awalnya berasal dari buah pohon aren yang memiliki karakteristik berbentuk lonjong,  Putih transparan dan berstruktur padat tetapi kenyal dimana manfaat terbesarnya dalah dapat meningkatkan stamina tubuh serta menurunkan berat badan.

Kolang kaling terbukti mampu menjadi makanan sehat untuk diet menurunkan berat badan karena dapat mengenyangkan sekaligus  membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh lebih cepat jika dikonsumsi secara teratur dan konsisten.  Hal tersebut dikarenakan  kolang kaling mengandung senyawa gelatin (low GI)  yang mampu menekan rasa lapar lebih lama dan baik untuk dijadikan makanan sehat untuk diet menurunkan berat badan tanpa harus khawatir lambung akan bermasalah. Cara mengolahnya sebagai berikut:

1.Rendam dalam madu

Kolang kaling bisa direndam dalam air bekas cucian beras (lebih baik beras merah) dan biarkan selama 2 jam. Setelah itu bisa direbus hingga matang dan lunak. Tiriskan untuk kemudian maasukan pada wadah yang berisi madu asli dalam takaran sesuai dengan keinginan anda.

Kolang kaling dalam keadaan masih panas/hangat dapat mudah menyerap nutrisi yang ada pada cairan madu. Konsumsilah setiap hari sebagai pengganti nasi atau makanan lain yang mengandung karbohidrat seperti roti. Makan beberapa buah Kolang kaling setiap hari  dapat nenurunkan berat badan karena kolang kaling bersifat mengenyangkan dan mempermudah pembakaran lemak sehingga cocok untuk program  diet.

2.Direbus dengan gula aren

Kolang kaling dapat direndam didalam air yang sebelumnya telah ditambahkan air kapur dan diamkan beberapa hari agar getahnya yang beracun dapat hilang. Setelah itu bisa direbus dimana airnya telah dicampurkan dengan gula aren yang telah dihaluskan. Tunggulah airnya hingga mendidih dan menyisakan air dalam jumlah sedikit. Lalu angkatlah dan tunggulah hingga dingin untuk kemudian siap untuk disantap.

3. Es campur sehat

Rendamlah kolang kaling didalam air kelapa dan biarkan 2 hingga 3 jam untuk kemudian bersihkan dengan air mineral lalu campurkan bersama es batu yang telah diserut (dihaluskan) lalu  tambahkan beberapa tetes susu rendah kalori, Air kelapa hijau dan beberapa potongan buah buahan yang cocok untuk berdiet misalnya nanas, Mangga, Jeruk, Apel, Kurma dan lain lain yang dibuat menjadi es campur buah yang sehat.

4. Kolak sehat

Buatlah kolak seperti membuat kolak pada umumnya tetapi menggunakan gula aren dan bukan gula pasir. Tidak ada tambahan santan tetapi dapat digantikan dengan susu rendah kalori dan tambahan beberapa potong pisang atau ubi jalar sebagai pendukung keberhasilan program diet.  Tak heran jika kolang kaling adalah salah satu makanan berbuka puasa  untuk orang diet bikin badan langsing  dimana makanan ini sering dijadikan sebagai kolak dibulan ramadhan.