10 Daftar Makanan yang Bagus Untuk Kecerdasan Otak dan Bagi Kesehatan Menyeluruh

1133

Kesehatan otak tergantung dari makanan / minuman yang anda konsumsi setiap hari, memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan otak agar dalam kondisi stabil dan sehat.

Dikenal ada beberapa jenis makanan tertentu yang kerap dimanfaatkan untuk diet ternyata ampuh buat menjaga fungsi otak tetap optimal. Juga makanan ini bagus buat mencegah organ tubuh yang lainnya dari terkena penyakit dimana makanan yang sering dimanfaatkan untuk diet sangat banyak mengandung nutrisi yang ampuh buat membantu menjaga otak tetap mampu berpikir jernih dan sehat.

Kami rangkum dari berbagai sumber berita menjelaskan bahwa beberapa jenis makanan tersebut di bawah ini bermanfaat besar untuk kecerdasan otak manusia dan mempertahankan kesehatan otak secara keseluruhan

  1. Ikan laut berminyak. Jenis ikan ini adalah ikan tuna, makarel, hering dan salmon banyak mengandung zat asam lemak omega 3 yang memiliki multi fungsi yaitu terpenting adalah ampuh buat mengatur fungsi otak. Selain itu zat asam lemak dalam daging ikan laut ampuh untuk menghubungkan antara sel otak yang satu dengan lainnya agar mudah terjalin komunikasi diantara mereka sehingga pada akhirnya mampu menjaga kesehatan otak menjadi lebih baik.
  2. Rempah cabe. Rempah yang satu ini banyak mengandung vitamin C yaitu porsi 100 gram mengandung sekitar 144 mg vitamin C, dimana lebih tinggi dibandingkan dengan sebutir buah jeruk Bali. Vitamin ini memiliki fungsi membantu otak agar bekerja dengan benar dan sehat, sifat vitamin C dengan antioksidan di dalamnya ampuh buat mencegah otak menjadi lumpuh / sakit karena radikal bebas di udara yang kotor.
  3. Sayur tomat. Sayur yang satu ini banyak mengandung zat antioksidan jenis lycopene yang memiliki manfaat besar untuk menangkal radikal bebas sekaligus melenyapkannya dari dalam tubuh manusia. Sebutir buah tomat berkhasiat mencegah terjadinya kerusakan otak karena si penderita terserang stres yang bersifat oksidatif. Dengan anda menyukai makan sebutir buah tomat segar setiap hari maka ampuh buat menjaga kesehatan otak sekaligus mencegah anda terserang Alzheimer atau penyakit kehilangan memori yang berpengaruh buruk terhadap kesehatan otak secara keseluruhan. 
  4. Makanan / minuman berbahan dasar dari cokelat. Makanan / minuman yang terbuat dari bahan dasar berupa cokelat memiliki kandungan kakao / dark chocolate sekitar 60 % yang diketahui sebagai sumber gizi bermanfaat besar untuk menjaga kesehatan otak manusia. Diketahui bahwa kakao adalah bahan makanan yang banyak mengandung zat flavanol berpotensi besar untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan otak. Reset yang dilakukan di seluruh dunia menjelaskan bahwa biji – biji cokelat yang sudah tua ternyata ampuh buat mencegah terjadinya penurunan kognitif dan demensia.
  5. Sayuran hijau brokoli. Sayur ini adalah salah satu sayuran yang banyak mengandung vitamin C dan K serta zat kolin merupakan makanan bernutrisi tinggi untuk menjaga kesehatan otak. Zat kolin ampuh buat menjaga kesehatan neurotransmitter pada otak sehingga daya ingat menjadi tajam khususnya pada anak – anak, sedangkan vitamin K ampuh buat menjaga dan meningkatkan daya kognitif otak sehingga dapat menunda demensia karena pengaruh usia.
  6. Sayur dari kacang – kacangan. Sayuran ini diketahui banyak mengandung zat asam lemak omega 3, omega 6, folat, vitamin B6 dan vitamin E. Kacang yang terkenal dan rasanya enak adalah kacang kenari, almond, kacang tanah, dan hazelnut, banyak mengandung lemak baik yang ampuh buat menjaga keawetan otak tetap sehat dan tajam dalam berpikir. Vitamin E dalam sebutir kacang bermanfaat untuk menunda memori anda melemah karena faktor usia. Zat asam lemak esensial dalam sebutir kacang berkhasiat untuk menjaga sirkulasi darah tetap mengalir lancar untuk menjaga kondisi otak tetap sehat.
  7. Sebutir telur ayam setiap hari. Telur ayam diketahui banyak memiliki nutrisi penting untuk menjaga kesehatan otak. Dikenal bagus untuk diet harian dimana telur dapat membantu anda guna mendapatkan zat kolin dan kolesterol baik yang sangat diperlukan oleh otak anda untuk menjaga neuron di dalamnya tetap stabil. DHA pada sebutir telur ayam bermanfaat untuk kestabilan neuron di dalam otak agar mampu melakukan komunikasi dengan benar dan sehat. Telur ayam disarankan untuk dikonsumis oleh ibu – ibu hamil karena bagus buat menjaga otak janin berkembang sehat.
  8. Suka mengkonsumsi buah blueberry. Buah ini rasanya ada yang manis dan ada yang asam – asam manis, memiliki bentuk menarik yaitu bulat tak beraturan pada bagian kulitnya berbentuk kecil – kecil dan mempunyai warna biru kehitam – hitaman. Meskipun terlihat sebagai buah meja biasa namun sebutir buah blueberry mengandung sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh contohnya adalah diperkaya oleh vitamin dan zat antioksidan yang bagus buat mengasah ketajaman otak pada balita, anak – anak bahkan orang dewasa pun akan memiliki daya ingat otak yang bagus. Maka dari itu apabila sedang musim buah ini, usahakan mengkonsumsinya setiap hari agar manfaat dari buah ini benar – benar terasa yaitu salah satunya adalah ampuh buat meningkatkan ketajaman otak dalam berpikir dan mampu menunda memori bergerak lamban karena faktor usia.

Riset yang dilakukan selama ini menjelaskan bahwa buah blueberry dan sejenisnya seperti stroberi atau yang lainnya adalah buah yang terbanyak mengandung zat antioksidan yang berkhasiat untuk melenyapkan radikal bebas di udara terutama di luar rumah, serta ampuh untuk menurunkan tingkat stres oksidatif yang jika dibiarkan begitu saja maka akan berpengaruh buruk terhadap kesehatan otak. 

  1. Suka makan biji rami dan olahannya. Seperti diketahui bahwa biji rami adalah salah satu jenis makanan yang banyak mengandung zat asam lemak omega 3 – ALA yang ampuh buat membantu fungsi otak pada manusia dalam memproduksi dan melindungi neuron sehingga anda dapat berpikir releks. Kandungan nutrisi lain pada biji rami adalah AA dan GLA yaitu sejenis omega 6 dimana kedua zat kimia baik ini ampuh buat membantu anda dalam mengembangkan neuron sekaligus mengatur fungsi otak agar berjalan sehat dan seimbang. Porsi makan setiap hari yang tepat adalah 1 s/d 2 sdt biji rami dalam olahan makanan sudah mampu menjaga dan meningkatkan ketajaman berpikir otak secara keseluruhan.
  2. Suka mengkonsumsi biji labu kuning dan olahannya. Biji labu kuning dan olahannya diketahui banyak menagndung zat seng yaitu sejenis mineral yang membantu otak manusia mampu meningkatkan kekuatan memorinya. Usahakan mengkonsumsi kwaci biji labu setiap hari guna menjaga kesehatan otak anda agar berjalan sesuai dengan fungsi yang seimbang.

Semoga bermanfaat !