Sponsors Link
     Sponsors Link

25 Akibat Dehidrasi Berat dan Ringan

ads

Akibat Dehidrasi merupakan efek buruk yang terjadi karena didalam tubuh kehilangan atau kekurangan cairan yang menimbulkan berbagai macam keluhan kesehatan.vDehidrasi dapat menimpa siapa saja jika seseorang tidak membiasakan diri untuk minum setidaknya 2 liter atau 8 gelas perharinya. Kondisi tersebut berlaku bagi siapa saja yang sedang atau tidak beraktivitas berat.

Ciri ciri

Tanda tanda seseorang sedang terserang dehidrasi :

  • Merasa kehausan
  • Air kencing berwarna kekuningan dan keruh
  • Jarang buang air kecil
  • Mudah mengantuk
  • Ulu hati tidak nyaman
  • Ingin muntah
  • Merasa bingung
  • Keringat berlebih
  • Detak jantung cepat
  • Tubuh mudah lelah dan lemas

Akibat yang ditimbulkan dari dehidrasi yang dapat merugikan kesehatan tubuh :

1. Fungsi ginjal terganggu
Akibat dehidrasi karena kurangnya cairan dalam tubuh secara berlebihan dapat menyebabkan keseimbangan tubuh menjadi kacau dan memicu gangguan pada ginjal yaitu dimana fungsi ginjal menjadi menurun. Ginjal kehilangan kemampuannya untuk mengontrol cairan tubuh dalam darah secara normal. Kondisi ini dapat menyebabkan tubuh mengalami keracunan hasil dari makanan yang telah dikonsumsi.

2. Rentan terserang penyakit kulit
Akibat dehidrasi karena kehilangan dan kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan kelembaban kulit alami menjadi hilang dan cenderung kering. Akibatnya sel yang ada pada permukaan kulit kehilangan kemampuannya untuk menolak dan menetralkan jamur atau bakteri yang melekat bersama keringat yang juga bisa disebabkan karena udara dan radikal bebas.

3. Radang sendi
Akibat dehidrasi yang berlebihan dapat menyebabkan cairan pelumas sendi menjadi berkurang dan peredaran darah disekitar sendi menjadi tidak lancar sehingga sendi mengalami nyeri dan radang.
Baca juga : Penyebab radang sendi

4. Mempercepat keriput dan merusak sel kolagen
Kekurangan cairan tubuh dapat mengganggu sel kolagen yang terdapat dibawah jaringan kulit sehingga tidak mampu lagi mengatur keseimbangan minyak alami dan air sehingga menyebabkan jaringan kulit kering dan menyusut. Akibat dehidrasi ini jika terus menerus terjadi maka akan mempercepat penuaan berupa munculnya keriput halus disekitar wajah dan leher.

5. Metabolisme tubuh melambat
Kekurangan cairan akibat kurang minum air putih dapat mengacaukan sistem metabolisme tubuh , Akibatnya seseorang akan cepat mengalami peningkatan bobot tubuh yang signifikan. Ketika tubuh dalam keadaan kurang cairan maka nafsu makan akan meningkat dan ingin minum yang manis manis.

Sponsors Link

6. Imunitas tubuh menurun
Akibat dehidrasi yang paling sering terjadi adalah mudahnya seseorang terserang flu, Demam dan menggigil. Kondisi tersebut disebabkan karena imunitas seseorang dalam keadaan tidak stabil atau menurun sehingga tubuh tidak mampu mengatur dan menghalau segala bentuk virus, Bakteri atau kuman yang ada di udara.

7. Penumpukan racun dalam tubuh
Ketika seseorang terserang dehidrasi akibat kurang minum dapat menyebabkan organ hati kehilangan kemampuannya dalam menyaring racun dalam tubuh sehingga racun yang seharusnya dikeluarkan melalui urin dan keringat gagal terjadi. Akibat dehidrasi tersebut dapat mengakibatkan penumpukan racun dalam tubuh yang tidak dapat dihindari. Akibatnya tubuh akan mengalami keracunan.

8. Gangguan pencernaan
Akibat dehidrasi yang sering menimpa anak, Remaja , Orang dewasa bahkan lansia adalah gangguan pencernaan, Yaitu jaringan usus akan kering dan mudah teritasi serta mengalami infeksi yang parah ketika seseorang megkonsumsi jenis minuman yang mengandung kafein dan alkohol.
Baca juga : gangguan pencernaan

9. Saluran kandung kemih terganggu
Ketika tubuh dalam kondisi kurang cairan dapat mengakibatkan dinding kandung kemih rentan terjadi infeksi dan peradangan yang nantinya akan menghambat kelancaran seseorang untuk buang air kecil.

10. Sering Kram otot
Otot dalam tubuh akan mengalami kekeringan, Penyusutan, penegangan dan melambatkan aliran atau sirkulasi darah sekitar otot secara berkesinambungan. Jika tubuh kekurangan cairan secara berlebihan. Otot akan sering kram dan menyebabkan seseorang sulit untuk melakukan aktivitas sehari hari.

11. Tubuh mudah lelah
Akibat dehidrasi yang paling mudah menyerang tubuh adalah dalam bentuk munculnya kelelahan yang luar biasa dan bahkan tubuh mudah limbung dan jatuh.

12. Sakit kepala
Kekurangan cairan dalaam tubuh menyebabkan aliran darah ke otak menjadi terhambat dan memicu pelebarkan arteri sehingga seseorang akan merasakan sakit kepala yang timbul tenggelam.

13. Mulut bau tak sedap
Akibat dehidrasi yang mudah dijumpai adalah seseorang akan megalami bau mulut yang tak sedap. Ketika tubuh kekurangan cairan maka bakteri yang ada didalam tubuh tidak mampu dikeluarkan melalui keringat, urin dan feses dengan cepat. Akibatnya penguraian bakteri tanpa cairan yang cukup dapat menimbulkan sekitar mulut kering dan mengeluarkan uap racun yang berbau tak sedap keluar melalui rongga mulut.

14. Menyebabkan sembelit
Kekurangan cairan tubuh secara berlebihan dapat menimbulkan mengeringkan feses dan sulit dikeluarkan melalui saluran pembuangan. Tanpa cairan tubuh yang memadai maka saluran pembuangan juga ikut kering serta menyusut sehingga dapat memicu timbulnya sembelit.

15. Sulit berkonsentrasi
Seseorang yang mengalami dehidrasi selama berjam jam akibat aktivitas sehari hari dapat mengalami gangguan konsentrasi. Otak tidak mampu berfikir dengan jernih dan spontan karena area otak kekeringan dan butuh pasokan air yang cukup guna melancarkan darah untuk disebarkan ke seluruh jaringan kepala.

sponsored links

16. Tak sadarkan diri
Akibat dehidrasi yang berkepanjangan dapat menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran secara mendadak jika ternyata sedang melakukan aktivitas yang terlalu berat dan tidak sesuai dengan pasokan cairan yang ada didalam tubuh.

17. Enzim tubuh terganggu
Enzim enzim dalam pencernaan dapat menjadi kehilangan fungsinya ketika cairan tubuh dalam kondisi kurang. Enzim akan lancar dan normal ketika pasokan cairan dalam tubuh memadai. Hal ini berhubungan dengan cara kerja enzim yang sangat ketergantungan dengan adanya pasokan air yang cukup didalam tubuh.

18. Kolesterol meningkat
Akibat dehidrasi pada orang orang yang terserang obesitas dan menyukai junkfood adalah berupa peningkatan kolesterol didalam tubuh. Kondisi itu dipicu karena makanan yang mengandung lemak jenuh dapat mempercepat penyumbatan aliran darah dan mengendapkan kolesterol dalam tubuh menjadi semakin banyak.
Baca juga : Gejala kolesterol

19. Tekanan darah rendah
Seseorang yang mengalami dehidrasi dapat mengalami tekanan darah rendah secara signifikan jika ternyata didalam tubuhnya memiliki kadar gula yang sangat rendah, Kondisi ini dapat memicu seseorang memiliki tubuh yang lemas dan mudah limbung.

20.Tekanan darah tinggi
Seseorang yang menyukai makanan jenis daging, santan dan gemar minum minuman yang mengandung alkohol maka ketika tubuhnya dalam kondisi dehidrasi maka akan menyebabkan peningkatan tekanan darah yang memicu timbulnya serangan stroke ringan.
Baca juga : Cara mencegah tekanan darah tinggi

21. Stamina berkurang
Akibat dehidrasi pada orang orang yang memiliki aktivitas yang membutuhkan energi lebih. Maka akan mengalami penurunan stamina yang nantinya dapat menyebabkan seseorang menjadi mudah capek,Letih dan lesu.

22. Gangguan emosional
Ketika tubuh dalam kondisi dehidrasi maka tubuh akan merasa tidak nyaman yang nantinya dapat memicu seseorang mudah menjadi marah dan depresi. Kondisi ini disebabkan otak dan organ internal tubuh kekurangan cairan dan tidak dapat bekerja dengan baik.

23. Gangguan daya ingat
Seseorang yang dehidrasi dalam jangka panjang dan tidak segera minum air putih maka akan mengalami kemunduran dalam mengingat sesuatu. Jaringan otak yang tidak mendapat pasokan air yang memadai akan menyebabkan saraf dan arteri di seputar otak menjadi tidak lancar.

24. Suhu tubuh meningkat (Demam)
Akibat dehidrasi yang sering muncul menyerang anak anak adalah berupa peningkatan suhu tubuh, Terserang demam dan menggigil. Jika tidak segera ditangani dengan minum air putih yang cukup dan berkala. Maka demam yang sedang dialami akan memicu keluhan penyakit lain muncul misalnya kehilangan kesadaran dan kesulitan untuk tidur.

25. Dada sakit
Seseorang yang kehilangan banyak cairan tubuh akibat aktivitas berat atau sedang dalam keadaan sakit adalah berupa nyerinya bagian dada. kondisi ini akibat jaringan jantung atau dada kekurangan cairan sehingga jantung tidak mampu memompa darah dengan lancar, Akibatnya dada terasa sakit.

Penanganan

Solusi terbaik agar tubuh senantiasa terhindar dari dehidrasi :

  • Membiasakan diri untuk selalu minum air putih setidaknya 8 liter perhari atau lebih dan mengurangi konsumsi minuman yang mengandung soda, Gula dan kafein.
  • Kondisi terbaik untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang adalah minum air putih tetapi tidak harus menunggu haus, minumlah secara berkala agar organ internal tubuh terhindar dari kekeringan dan stamina tetap terjaga.
  • Minum air putih sebanyak mungkin dan kurangi makanan yang mengandung lemak jenuh serta diimbangi dengan rajin mengkonsumsi buahan buahan dan sayuran agar tubuh benar benar tidak sempat mengalami dehidrasi walaupun sedang dalam aktivitas yang membutuhkan banyak energi.
  • Hindari minuman yang mengandung alkohol , Karena alkohol dapat mempercepat tubuh kehilangan cairan dan memicu terserang dehidrasi ringan yang dapat menjadi kondisi berat jika tidak segera minum air putih yang diimbangi dengan makan buah buahan.
Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 18th, August 2016 / 04:21 Oleh :
Kategori : Gejala Penyakit