Sponsors Link

35 Makanan Penambah Berat Badan Cepat dan Sehat

Sponsors Link

makanan penambah berat badanMakanan penambah berat badan dengan cepat dan sehat adalah suatu keharusan agar mendapatkan tubuh ideal. Banyak orang yang menginginkan bentuk tubuh yang ideal.

ads

Ada yang melakukan diet dengan konsumsi makanan penurun berat badan, ada juga yang sengaja memakan banyak makanan untuk menambah berat badan.

Memang lebih banyak yang memberi daftar makanan untuk mereka yang sedang diet, tetapi tentu bagi mereka ataupun anda yang sedang ingin menambah berat badan, daftar makanan penambah merat badan tentu perlu juga.

Daging Penambah Berat Badan

Daging merah menjadi salah satu sumber makanan yang dapat menambah berat badan dengan cepat. Baik belum maupun sesudah diolah. Selain tinggi akan kalori dan lemak, daging merah jga tinggi akan protein bila cara memasaknya yang benar. Selain itu daging merah juga kaya akan zat besi juga tinggi akan kolesterol. Anda bisa memakan daging merah yang sudah diolah dengan perhitungan kalori sebagai berikut:


1. Daging merah (± 220 Kalori / 100 Gr)

Daging merah yang dimaksud adalah sapi, kambing, dan sebagainya, jika diolah lagi maka kandungan kalori akan semakin besar

  • Daging Panggang: Setiap  70 gram daging merah yang sudah diolah menjadi daging panggang mengandung 150 kalori.


2. Rendang ( ± 370.5 Kalori / 100 Gr)

Daging merah yang telah diolah menjadi rendang mengandung kurang lebih 285,5 kalori dan sangat ampuh dalam menambah berat badan..


3. Daging Ayam (± 192-488 Kalori / 100 Gr)

Selain daging merah, ada daging ayam yang juga menjadi sumber protein namun memiliki lemak yang tinggi. Khususnya bagi menu – menu yang merupakan olahan dari ayam kalorinya menjadi jauh naik.

Kandungan Kalori daging ayam per 100 gr:

  • Kulit ayam : 349 Kalori/ 100 gr
  • Dada Ayam : 192 Kalori/ 100 gr

Selain itu daging ayam juga akan meningkatkan kalori dalam jumlah yang besar jika telah diolah.

  • Sate Ayam: Dalam setiap satu porsi sate ayam (100 gram) mengandung 466 kalori.
  • Ayam Panggang: Dalam setiap 100 gram ayam panggang mengandung 482 kalori.


4. Ikan Salmon (± 146 Kalori / 100 Gr)

Rasanya yang nikmat dan kandungan Omega 3 yang tinggi membuat ikan salmon menjadi ikan yang istimewa dan memiliki harga yang lumayan mahal. Namun dibalik itu ikan salmon juga dapat menambah berat badan kita karena makanan sumber lemak yang kaya akan protein. Setiap 100 Gr Salmon terdapat sekitar 146 Kalori.

5. Babi (± 541 Kalori / 100 Gr)

Bagi yang beragama islam, ini mungkin menjadi pantangan dan tidak boleh dikonsumsi. Namun daging babi yang telah diolah menjadi babi panggang, goreng, atau olahan lain dapat memberikan efek bertambahnya berat badan lebih dari 500 kalori.

6. Lemak dan Jeroan Daging (± 1.541 Kalori / 100 Gr)

Memang ada berbagai jenis jeroan daging yang dapat dikonsumsi, namun secara garis besar semua jeroan daging dapat mempercepat badan agar gemuk yang sangat ampuh. Contoh nya adalah jeroan sapi, jeroan ayam, jeroan kambing. Konsumsi jeroan ini akan memberikan efek bagi pertumbuhan berat badan.

Buah Penambah Berat Badan


1. Pisang (± 100 Kalori / 100 Gr)

Pisang mengandung lemak tak jenuh dan kayak akan kalsium. Begitupun kalori yang terkandung di dalamnya. Dan masing – masing jenis pisang memiliki kandungan kalori berbeda – beda.

  • Pisang Ambon: Dalam 100 gram Pisang Ambon memiliki kandungn 74,2 kalori.
  • Pisang Raja: Dalam 100 gram Pisang Raja memiliki kandungan 84 kalori.


2. Pepaya (± 46Kalori / 100 Gr)

Menjadi buah khas daerah tropis, Pepaya memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi karena kandungan gula alami di dalamnya dan dapat menjadi satu makanan yang membantu untuk menambah berat badan. Setiap 100 gram pepaya terdapat 46 kalori.


3. Mangga (± 72 Kalori / 100 Gr)

Sama seperti pepaya, mangga juga merupakan buah khas daerah tropis di mana mengandung kalori cukup tinggi karena kandungan gulanya yang banyak. Setiap 100 gram mangga mengandung 72 kalori.


4. Alpukat (± 85 Kalori / 100 Gr)

Buah alpukat juga dapat menambah berat badan kita bila memakannya secara rutin. Selain memiliki kalori tinggi, buah alpukat juga mengandung potasium, asam folat, Vitamin B, dan Viramin E. Setiap 100 gram alpukat mengandung 85 kalori.

5. Kurma

Kurma merupakan jenis buah yang dapat menambah berat badan secara ampuh, kandungan gula dan kalori dalam kurma dipercaya mampu membuat berat badan kembali naik.

Makanan Penambah Berat Badan Lainnya

ads

1. Susu Sapi

Susu sapi juga menjadi salah atau makanan yang dapat membantu menambah berat badan. Susu sapi memiliki dua jenis dimana sudah diseterilisasikan dan masih berupa susu murni. Susu murni jauh lebih memiliki lemak dan kandungan Vitamin A dan Vitamin D dengan jumlah yang tinggi. Untuk susu sapi biasa dengan jumlah 15 gram yang diseduh memiliki jumlah 54 kalori. Belum termasuk bila ditambah dengan gula.


2. Selai Kacang (± 1,228 Kalori / 100 Gr)

Makanan penambah berat badan lainnya adalah selai kacang. Selai kacang yang sudah tercaampur dengan gula mengandung protein dan lemak yang tinggi. Selain itu juga mengandung folat, magnesium, Vitamin E, dan Vitamin B3. Pada umumnya dalam satu sendok makan selai kacang terdapat 100 kalori.

  • Roti dengan selai kacang : Satu tangkap roti tawar memiliki 128 kalori. Jika ditambahkan dengan satu sendok makan selai kacang menu ini memiliki jumlah 228 kalori.


3. Roti Gandum (± 149 Kalori / 1 tangkup)

Roti gandum tinggi akan serat karena kandungan gandum yang lebih banyak. Selain menghasilkan rasa kenyang yang lebih dari pada roti tawar, roti gandum juga menjadi salah satu sumber energi. Kandungan kalori dalam roti gandum lebih besar daripada roti tawar yaitu 149 kalori dalam setiap satu tangkup roti.


4. Mentega (Lemak sangat tinggi)

Ingin menambah berat badan? Gantilah minyak dengan mentega bila ingin menggoreng apapun. Mentega memiliki kandungan kalori yang tinggi dan lemak. Namun lemak dalam mentega bukanlah lemak jenuh melainkan sebaliknya. Mentega juga dapat dikonsumsi bersamaan dengan roti.


5. Kacang – Kacangan

Mengkonsumsi kacang – kacangan seperti kacang almond, kacang mete, kacang hijau, dan lainnya juga dapat menambah berat badan kita. Kacang – kacangan dapat menjadi makanan ringan dan disantap di kala sore hari.

6. Keju

Sebagai makanan yang merupakan makanan olahan hasil dari fermentasi susu. Kalori dalam keju lebih besar dibandingkan dengan kalori dalam susu. Keju dapat dicampurkan dengan berbagai makanan lainnya. Rasanya juga sangat nikmat.

7. Kentang

Makanan lainnya yang merupakan penambah berat badan adalah kentang. Kentang memang membuat kenyang karena kandungan kalorinya yang banyak. Selain itu kentang juga mengandung serat, protein, Vitamin C. Protein dalam kentang bisa didapatkan secara maksimal apabila mengkonsumsinya dengan kulitnya. Kentang yang sudah diolah pun memiliki kandungan kalori berbeda – beda.

  • Kentang Rebus: Dalam 100 gram kentang rebus mengandung 83 kalori.
  • Kentang Goreng: Dalam 100 gram kentang goreng mengandung 140,7 kalori.
  • Perkedel kentang: Dalam 100 gram perkedel kentang mengandung 246 kalori.

8. Sereal

Sama – sama terbuat dari gandum dengan jumlah yang banyak, sereaal juga mengandung kalori yang tinggi dan juga memberi efek mengenyangkan yang lama. Dalam semangkuk sereal terdapat 229 kalori.

9. Sayur-Sayuran

Meski rendah kalori, sayur juga diburuhkan untuk membantu menambah berat badan loh. Peranan sayur dalam tubuh adalah sebagai pengolah nutrisi dalam tubuh hingga tubuh tumbuh sehat. Sayuran juga memang sebagian besar diolah dan kalori dalam sayuran – sayuran yang telah diolah tersebut jugua memiliki kadar kalori yang berbeda – beda.

  • Sayur Acar Kuning: Dalam 75 gram sayur acar kuning terdapat 53 kalori.
  • Sayur Bayam: Dalam 50 gram sayur bayam terdapat 18 kalori.

10. Es Krim

Cemilan yang sering dijadikan hidangan pencuci mulut es krim sudah banyak yang tahu bagaimana efek bila rutin memakannya. Es krim memang dapat menambah berat badan karena kandungan susu, krim, dan gulanya yang melimpah.

11. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji atau fast food dengan jelas dapat menambah berat badan karena pengolahannya. Rata – rata makanan cepat saji memang memiliki kadar lemak yang tinggi. Dari mulai nasinya yang berbeda hingga ayam gorengnya.

  • Nasi Milik Resto Cepat Saji: Dalam setiap 225 gram nasi milik resto cepat saji terdapat 349 kalori.
  • Ayam Tepung Bagian Paha: Dalam 150 gram ayam tepung bagian paha terdapat 194,5 kalori.
  • Ayam Tepung Bagian Sayap: Dalam 50 gram ayam tepung bagian sayap terdapat 63,6 kalori.

Namun hati – hati yah, bahaya makanan cepat saji juga tidak sedikit loh.

12. Telur Ayam

Telur yang juga merupakan sumber protein dapat menjadi makanan yang membantu untuk menambahkan berat badan. Sebagian besar mereka yang ingin membentuk badan agar terlihat besar seperti para binaraga, mengkonsumsi puluhan telur setiap hari agar badan mereka tetap besar dan berbobot. Begitupun anda bila ingin menambah berat badan. Kalori dalam setiap olahan telur berebda – beda.

  • Telur Rebus: Dalam 60 gram telur rebus mengandung 97 kalori.
  • Telur Ceplok: Dalam 60 gram telur ceplok mengandung 40 kalori.

13. Telur Puyuh

Nah Ini sangat populer untuk menambah berat badan secara drastis, mengapa ? karena kandungan lemak dan protein telur puyuh menjadi yang paling besar dibandingkan jenis makanan lainnya setelah udang dan kepiting.

14. Mayonise

Mayonise yang berbahan dasar telur memiliki kalori yang cukup tinggi sebagai bahan campuran atau bahas saus. Maka dari itu bagi mereka yang diet disarankan untuk menghindari makanan ini. Namun bagi anda yang sedang berusaha menaikan berat badan, boleh mencampurkan bahan ini dengan makanan anda.

15. Nasi

Nasi yang merupakan sumber karbihidrat bagi sebagian orang di dunia memang memberi energi yang cukup untuk menjalani aktivitas. Hal ini dikarenakan kandungan kalorinya yang cukup banyak. Dalam setiap nasi biasa yang kita buat sendiri di rumah dengan jumlah 100 gram terdapat 175 kalori. Berbeda lagi bila diolah menjadi nasi goreng ataupun menu nasi lainnya.

  • Nasi Uduk: Dalam setiap 200 gramn nasi uduk mengandung 506 kalori ( belum dengan lauk pauk).
  • Nasi Tim: Dalam setiap 200 gram nasi tim mengandung 176 kalori.
  • Nasi Goreng: Dalam setiap 200 gram nasi goreng mengandung 534 kalori.

17. Cokelat

Cokelat juga dapat menambah berat badan kta bila dikonsumsi dengan rutin. Cokelat mengandung banyak kalori apa lagi cokelaat yang telah diolah dan ditambahkan bahan lain seperti susu ataupun gula.

18. Minyak Zaitun

Menambahkan beberapa tetes minyak zaitun dalam makanan juga dapat menambah berat badan karena minyak zaitun juga memiliki peran yang sama dengan sayur di mana dapat membantu mengolah nutris yang masuk dalam tubuh.

19. Wine Merah

Bagi anda yang dapat meminum red wine, cobalah meminumnya ketika memakan daging merah. Sebab minuman beralkohol satu ini dapat membantu tubuh agar mudah mencerna daging juga bawang – bawangan seperti bawang bombay dan bawang putih.

20. Nasi Padang

Nahhh loooo… enak bener jenis makanan penambah berat badan ini, ya. Makanan padang sangat efektif menambah berat badan dalam jumlah yang signifikan. Sudah banyak pengalaman seseorang yang berat badannya tambah bongsor karena makan nasi padang. Santan dan minyak pada lauk pauk nasi padang sangat ampuh menambahkan berat badan manusia.

Sponsors Link

Ingatlah bahwa kita tidak hanya memakan satu jenis makan setiap harinya namun lebih dari satu bahkan bisa dibilang lebih dari lima makanan. Sehingga bisa saja dijumlahkan dengan menggabungkan semua jumlah kalori pada makanan tersebut. Kebutuhan kalori setiap orang juga berbeda – beda. Tergantung dengan usia, aktivitas, dan kondisi tubuh orang itu sendiri.

Kebutuhan Kalori Manusia

  • Rata – rata bagi wanita yang berusia sekitar 19 hingga 30 tahun dan memilii kegiatan yang cukup aktive kebutuhan kalorinya berkisar 2.000 hingga 2.200 kalori setiap hari. Dan wanita dengan usia tersebut namun memiliki aktivitas yang sangat aktif membutuhkan kalori sebesar 2.400 kalori setiap hari.
  • Sedangkan untuk pria yang berusia sekitar 19 hingga 30 tahun dengan kegiatan yang cukup aktif membutuhkan kalori berkisar 2.600 hingga 2.800 kalori setiap hari. Dan untuk pria dengan usia tersebut dengan aktivitas yang sangat aktif membutuhkan kalori sebesar 3.000 kalori setiap harinya.

Tips Konsumsi Makanan Penambah Berat Badan

Walaupun anda sudah tau jenis makanan penambah berat badan yang efektif, namun sebaiknya anda mencermati beberapa tips di bawah ini.

  • Konsumsi makanan tersebut di pagi dan siang hari, jangan dimalam hari karena dapat berdampak buruk.
  • Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan tersebut, ingat kebutuhan kalori orang dewasa hanya 2000-3000 kalori.
  • Ganti cemilan anda dengan kacang-kacangan
  • Minum susu secara rutin dapat menambah berat badan.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 24th, February 2015 / 13:45 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat