Bahaya Menelpon Sambil Charge

Belakangan ini memang sangat sulit untuk jauh dari yang namanya handphone, sudah menjadi tren atau bahkan sudah menjadi kebutuhan pokok untuk anak remaja yang saat ini mengadopsi handphone. Banyak sekali saat ini anak remaja bahkan sejak anak kecil sudah memiliki handphone. Tak hanya memilikinya, bahkan sampai dengan mengoprasikannya. Bayangkan saja, anak yang masih kecil sudah mampu dan mahir dalam memainkan handphone, bila disalah gunakan bisa sangat berbahaya untuk generasi kedepannya. Untuk itu para orang tua saat ini harus benar-benar was-was dan benar-benar dengan benar mengawasi anaknya saat ini, kemajuan teknologi memang membawa banyak sekali keuntungan dan dampak positif, tetapi bukan berarti tidak mengakibatkan dampak yang negative.

Remaja ini, hampir semua tak mampu lepas dari handphone, bahkan meskipun baterai handphone telah limited, tetap saja digunakan. Tentu saja menggunakannya sambil mengcharge baterai tersebut. Bisa dengan power bank, ataupun di charge langsung ke stop kontak. Sangat mudah memang, tetapi ternyata semua itu juga tidak baik untuk pribadi kita. Terutama pada handphone yang digunakan ketika sedang di charge menggunakan arus listrik secara langsung. Baik digunakan untuk sms, chattingan, internetan, mendengarkan lagu dan lagi bertelepon. Bertelepon sambil handphone dalam kondisi di charge tidak baik untuk keselamatan anda. Bisa kita simak pada uraian dibawah ini

Baca juga:

Seperlu-perlunya menggunakan handphone, setidaknya tetap harus memperhatikan keselamatan pengguna handphone. Bertelepon sembari mengcharge dapat mengakibatkan berbagai hal sebagai berikut:

Tersetrum aliran listrik dari handphone

Ketika sedang menggunakan charge, atau mengecharge handphone secara otomatis aliran listrik dari stop kontak juga akan mengalir pada handphone, bahkan tak jarang bukan hanya mengalir pada komponen untuk charge handphonenya saja, tetapi juga pada tubuh handphonenya. Apalagi jika handphone yang sedang dicharge, digunakan untuk menelphon. Bahkan ini lebih berbahaya karena terjadi arus masuk dan langsung arus keluar pada saat itu. Arus masuk dan arus keluar yang bersamaan itu menuntut handphone untuk bekerja lebih keras.

Dengan begitu kesiapan handphone untuk mnerima arus listrik juga akan berkurang, sehingga sistem penjagaannya kurang. Dan itulah yang bisa menyebabkan arus listrik kebagian lain, tak hanya pada kompenen charge saja.

Baca juga Efek kestrum listrik ringan

Merusak telingga


Menelpon cenderung meletakan handphone pada telinga kita. Sedangkan ketika handphone sedang dicharge, keadaan handphone akan menjadi panas. Dan panas pada handphone itu tidak baik untuk kesehatan telingga terutama pada daun telingga anda. Karena daun telingga anda bisa merasakan sakit akibat terkena panas itu. Oleh karena itu, lebih baik membiarkannya penuh terlebih dahulu baru setelah itu digunakan untuk bertelephon, atau kalau memang telephon itu penting. Gunakanlah untuk telepon, jangan sekali-kali menelpon sambil mencharge, karena itu sagat berbahaya.

Baca juga:

Meledak

Seperti yang telah dijelaskan pada point pertama tadi. Bahwa hp yang digunakan saat dicharge akan menjadi panas. Karena ada arus listrik yang keluar dan masuk secara bersamaan. Dengan demikian, jagan pernah melakukan hal itu. Selain akan kesetrum seperti point nomor 1, akibat dari keluar masuknya arus secara bersamaan akan menyebabkan ketahanan baterai pada handphone melemah, dan bahkan bisa membuat baterai menjadi meledak. Akibatnya bila hp meledak pada saat menelpon maka telingga anda kemungkinan juga akan terkena ledakan itu.

Merusak handphone

Memang, hal ini akan merusak handphone, bagaimana tidak. Handphone anda akan bekerja lebih keras dari biasanya. Padahal waktu charge hp itu sebenarnya adalah waktu untuk istirahat hp anda. Ibarat seseorang bila waktu istirahatnya disita terus menerus ketahanan tubuhnya akan berkurang dan dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh. Begitu pula dengan hp.

Baca juga Bahaya kecanduan HP

Daya baterai melemah

Selain hape yang rusak, baterai juga akan rusak. Karena baterai pada saat itu adalah kompenen yang bekerja sangat kuat. Sebenarnya sudah dihimbau pada buku saku pengguna handphone bahwa tidak boleh mengecas hp sembari menggunakannya atau menelpon, karena itu akan memperlemah daya baterai. Hingga baterai bisa menjadi baterai yang kerap dibilang ngedropan.


Menganggu pendengaran

Sudah kita ketahui bersama bahwa pada handphone mengandung radiasi. Sedangkan Radiasi pada hape memang sudah tidak baik, apalagi pada hape yang sedang dicas, bukan hanya radiasi yang kita terima, tetapi rasa panas akibat strum yang masuk ke hp juga tidak baik. Sehingga radiasi yang bercampr panas itu akan mengganggu dan merusak sel saraf pendengaran kita, sehingga pendengaran akan menjadi terganggu.

Baca juga Telinga berdenging terus menerus

Sudah banyak kejadian-kejadian yang berbahaya seperti itu di dunia ini, mulai dari handphone yang meledak sampai dengan meledak pada telinga, justru ini sangat berbahaya dan mengerikan sekali.

Jadi, gunakanlah hape anda sesuai dengan prosedur. Matikan hp bila sedang dicas, jagalah keselamatan anda, jangan hanya mementingkan kepentingan anda sehingga membiarkan hp bekerja dengan keras. Karena akibat dari semua itu juga akan terkena pada anda. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih sudah membaca.

, ,
Post Date: Saturday 09th, April 2016 / 14:47 Oleh :
Kategori : Kebiasaan Buruk