Home Featured Intip 5 Dampak bagi Kesehatan Kalau Pas Libur Malas-malasan

Intip 5 Dampak bagi Kesehatan Kalau Pas Libur Malas-malasan

by Erlita

Akhir pekan telah tiba itu artinya hari libur bisa dihabiskan dengan cara melakukan apa saja yang disukai, itulah yang banyak orang pikirkan bukan? Namun, kebanyakan orang menganggap bahwa malas-malasan adalah hal yang paling diinginkan saat libur akhir pekan datang. Jika ini salah satu kegiatan Anda juga, hati-hati lho dampak kesehatan berikut bisa saja terjadi.

  1. Pusing

Hari libur memilih bermalasan di rumah dengan banyak tidur mungkin memang sudah jadi kebiasaan, namun hal ini bagi beberapa orang malah bisa menyebabkan sakit kepala. Tidur terlalu lama dan berlebihan mampu memicu rasa pusing lho, jadi kalau sudah terasa pusing jangan lanjut tidur lagi biar tak tambah pusing.

  1. Pegal-pegal

Hari libur memang waktunya tidak melakukan apapun, mungkin itu yang ada di pikiran sebagian orang. Malas-malasan dan mengisi waktu dengan tidur atau berada di depan layar komputer menonton film saja seharian bisa-bisa malah bikin badan pegal gara-gara posisi dan postur tubuh yang kelamaan duduk atau berbaring.

  1. Maag Kambuh

Malas beraktivitas apakah juga termasuk malas makan? Ada beberapa orang yang lebih senang berada di “singgasana”nya berlama-lama, entah itu di tempat tidur atau meja pribadi untuk tidur, bermain game, atau menonton film. Hal ini mampu menjadi sebab malas makan juga.

Melewatkan jam makan bisa berbahaya bagi yang memiliki riwayat gangguan pencernaan pada lambung lho. Kalau punya penyakit maag atau asam lambung, jangan biarkan hari libur membuat kita jadi malas untuk makan ya. Tetaplah makan tepat waktu dan mengonsumsi asupan yang bergizi supaya pencernaan tetap terjaga kesehatannya.

  1. Gampang Sakit

Biasanya, akhir pekan digunakan untuk bersih-bersih rumah karena hari biasa padat dengan aktivitas. Namun saat waktu libur tiba, yang ada pasti rasa malas lebih menang sehingga akhirnya melewatkan waktu bersih-bersih. Akumulasi kuman dapat terjadi karena malas membersihkan rumah lho, hal ini bisa memicu gampang sakit karena kuman dan bakteri patogen ada di mana-mana.

  1. Berat Badan Naik

Jangan kaget kalau libur-libur kemudian berat badan naik dan menjadi lebih gemuk hanya dalam 1-2 hari saja. Ada sebagian orang yang menggunakan waktu libur hanya untuk makan banyak atau ngemil apa saja yang tak sempat dikonsumsi pada hari biasa. Alhasil, makanan cepat saji pun enggan ditolak dan kalori dalam tubuh pun bisa bertambah sehingga memicu kenaikan berat badan.

Itulah beberapa dampak bagi kesehatan yang bisa terjadi di hari libur kalau bermalas-malasan. Agar tubuh tetap bugar, waktu libur di akhir pekan bisa digunakan untuk berjalan-jalan, berolahraga, maupun membersihkan rumah agar tidak membuat kuman menumpuk. Tetap pula jaga asupan makan agar tak berlebihan supaya tidak kaget berat badan naik.

You may also like