Home Featured Punya Kantung Mata ? Ini Dia Tips Untuk Mencegah Dan Menghilangkannya

Punya Kantung Mata ? Ini Dia Tips Untuk Mencegah Dan Menghilangkannya

by Syara

Kantung mata atau mata panda pada umumnya bukan masalah medis yang serius, namun bagi kebanyakan orang terutama wanita yang memang peduli pada penampilan dan kecantikan, hal ini akan sangat mengganggu.

Beberapa hal dapat menyebabkan munculnya kantung mata diantaranya adalah hidung tersumbat, anemia, stres, paparan sinar matahari, alergi, konsumsi kafein dan retensi cairan. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan menghilangkannya tanpa perlu penanganan spesifik seperti dikutip dari Webmd.

Perhatikan Asupan Garam

Salah satu sifat air dalam tubuh adalah mencari bagian tubuh yang banyak mengandung sodium. Area di bagian bawah mata adalah contoh utamanya. Jangan heran jika makan malam yang Anda nikmati mengandung banyak garam keesokan harinya Anda akan bangun dengan kondisi mata sembap atau berkantung mata.

Perhatikan Alergi Anda

Biasanya ada saat – saat tertentu alergi kambuh karena suatu hal. Alergi dan mata sembap serta bengkak seperti satu kesatuan yang tak terlepaskan. Untuk hal ini jangan khawatir, Anda dapat menemukan obat di apotek untuk mengatasi alergi tersebut yang juga membantu menghilangkan mata sembap Anda.

Ubah Posisi Tidur Anda

Tahukah Anda jika gaya gravitasi berpengaruh saat Anda tidur ? Gaya gravitasi akan menyebabkan cairan berkumpul di bagian bawah mata Anda yang menyebabkan timbulnya kantung mata. Tidurlah dengan posisi telentang dan tambahkan bantal tambahan sebagai penopang kepala. Hal ini akan membantu menumpuknya cairan di sekitar mata saat tidur.

Hapus Makeup Sebelum Tidur

Jangan sekali – kali tidur dengan makeup Anda masih melekat di wajah. Hal ini akan membuat mata Anda berair dan menyebabkan mata bengkak di pagi hari.

Lindungi Mata Anda Dari Sinar UV

Selain tubuh, bagian wajah juga tidak kalah pentingnya  diberikan sunscreen atau sunblock. Matahari akan membuat kulit di sekitar mata keriput dan kendor. Jika keluar rumah aplikasikan sunscreen atau pakai kacamata dan topi untuk melindungi wajah Anda dari sinar UV yang berbahaya.

Jangan Merokok

Kebiasaan merokok akan membuat kulit di wajah Anda kering dan melemah. Jika tidak ingin kulit di sekitar mata keriput dan berkantung, katakan tidak pada rokok.

Kompres Mata

Mata bengkak dan sembap ? Cukup kompres dengan sendok yang telah didinginkan, irisan mentimun atau kantung teh. Pastikan suhunya dingin atau sejuk. Lakukan selama beberapa menit sambil sedikit ditekan pada mata Anda.

Gunakan Krim Mata

Mulailah berinvestasi pada krim mata. Hindari krim mata yang berupa hemorrhoid cream, sebaliknya krim mata yang mengandung retinol, chamomile, mentimun atau arnica baik untuk mengurangi peradanga serta mengencangkan kulit di sekitar mata Anda.

You may also like